8 Langkah menulis surat untuk meminta informasi

Surat membutuhkan informasi digunakan untuk mencari tahu tentang posisi pekerjaan yang ditawarkan, mengetahui informasi tentang suatu produk, servis, maupun hubungan keluarga. berikut adalah beberapa tips untuk menulis surat membutuhkan informasi.

  1. Masukkan surat anda dalam amplop dimana surat tersebut pasti dibaca. Jika mengirimkan untuk perusahaan, pastikan surat tersebut dialamatkan untuk orang yang tepat untuk menghindari salah diterimanya surat tersebut.
  2. Ambil perhatian pembaca pada bagian awal surat.
  3. Tentukan maksud kita melalui surat tersebut dengan menuliskan kalimat yang sederhana tetapi bermakna. Jika anda menuliskan surat tentang lamaran pekerjaan, Sebutkan keahlian anda yang dibutuhkan oleh perusahaan.
  4. Pastikan anda tidak seperti berusaha menjual sesuatu kepada mereka.
  5. Berikan informasi yang jujur. Jika anda mencari hubungan keturunan dalam keluarga berikan nama jelas dan tanggal. Jika anda mencari info tentang sesuatu produk, jelaskan mengapa. Jika anda mencari lowongan pekerjaan, jujurlah akan prestasi yang pernah anda lakukan.
  6. Sertakan alamat anda dan berikan perangko untuk mereka membalas surat anda.
  7. Pastikan surat anda mengandung informasi pribadi dan no kontak, sehingga penerima surat mudah untuk menghubungi anda tanpa harus mencari info tentang anda melalui internet ataupun sumber lainnya yang tidak akurat
  8. Berikan tindak lanjut apabila anda tidak mendapatkan balasan langsung.

Selamat menulis surat untuk meminta informasi…:)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s