6 Tips Waspada Serangan Spam dan Cyber Crime

Akhir ini trend email spam kembali banyak muncul
Berikut tips mengantisipasi serangan spam,
1. Pertama ketahui bahwa modus yang sering digunakan biasanya berupa links lowongan, iklan, tawaran, hadiah, yang mudah sekali membuat user, computer ataupun jaringan pribadi terekspos serangan cyber crime. Cyber crime yang menyerang dapat hanya berupa pengambil alihan akun untuk bulking-messages, remote akses terhadap PC, hingga pencurian data.
2. Waspadai Email yang tidak memiliki subject tertentu atau biasanya tertulis sebagai (no subject). Bot email (program) yang melakukan hack terhadap akun orang lain dan melakukan pengiriman massal secara otomatis biasanya akan beradaptasi untuk melewati spam-filter di beberapa penyedia layanan email dengan cara tidak memberi judul.
Langkah preventif yaitu hapus segera email tersebut dari inbox.:D
3. Waspadai Email yang berisi pertanyaan tentang indentitas pribadi atau meminta saudara mengisi formulir dengan iming-iming klaim hadiah suatu event. Karena bisa jadi hal tersebut adalah modus dari pencurian identitas. Tandai email tersebut sebagai junk, lalu hapus isi folder junk.
4. Aktifkan fasilitas spam-filter yang disediakan oleh penyedia layanan email saudara. Apabila saudara membuka email melalui browser PC/Mac biasanya akan muncul pertayaan verifikasi apakah email yang didalamnya terkandung links aman? Dikenali?
Beberapa penyedia layanan juga melengkapi fasilitas auto-scan file lampiran yang hendak diunduh atau dibuka.
Bagi yang mengakses email dari layanan jaringan seluler dapat menginstal software spam filter atau bagi pengguna blackberry dapat menggunakan fungsi manual filter di email settings.
5. Apabila akun email saudara mengirim pesan tanpa sepengetahuan saudara, segeralah reset password akun anda tersebut. Gunakan password baru atau kode verifikasi lain yang lebih kuat.
Jika akun tersebut diakses melalui komputer umum jangan terima tawaran mengingat password dan hapus history dan cache setelah selesai sesi demi keamanan.
6. Dengan bertindak lebih waspada dan proaktif menyortir email saudara, maka secara tidak langsung akan ikut mengembangkan sistem keamanan dari penyedia layanan email dan juga menyelamatkan kontak/alamat email relasi dan rekan-rekan saudara dari serangan Spam dan Cyber-Crime lainnya.
Selamat ber email ria …:)

UPDATE

  1. Sekarang layanan email google dan yahoo sudah support verifikasi 2 langkah. Dengan menggunakan layanan ini, email kita akan menjadi lebih aman dari serangan hacker yang ingin mengambil alih email kita. Sistem kerjanya adalah, setelah kita melewati login ke akun email pada tahap satu, maka kita akan ditanya nomor verifikasi. Nomor verifikasi ini kita dapatkan dari SMS yang dikirimkan oleh penyedia email sesaat setelah kita lulus verifikasi login tahap 1 (verifikasi tahap 1 yaitu memasukkan username dan password). Lebih aman karena hanya kita yang mendapatkan SMS kode verifikasi tersebut, kan tidak mungkin orang lain yang memegang HP kita.
  2. Jangan instal plugin browser sembarangan
  3. Uninstal program JAVA dari komputer dan non aktifkan plugin java dari browser, akhir tahun 2012 ditemukan hole dalam semua versi Java. Banyak jatuh korban sejak saat itu, karena hole ini digunakan oleh para hacker untuk merangsek masuk kedalam komputer kita dan memasang beberapa malware berbahaya yang ada serta mengambil semua password dan dan data-data penting.
  4. Hindari menggunakan Wifi atau Hot-Spot terutama ditempat-tempat ramai seperti bandara (banyak para pengintai dan mata-mata disana).
  5. Bila ingin login ke dalam akun apapun, perhatikan alamat URL sudah benar, contoh: alamat URL salah satu situs media sosial adalah: https://twitter.com dan bukan http://Twiitter.com
  6. Instal dan update anti virus

Sumber:
http://disablejava.com/

Beberapa istilah internet security atau virus

Adware

Ini adalah sebuah virus yang menyebabkan munculnya banner iklan, tulisan-tulisan iklan, pop-up window (munculnya sebuah jendela baru) ketika kita sedang melakukan browsing di internet. Biasanya iklan ini tidak bisa dihilangkan saat kita mengklik exit di iklannya. Jadi jangan heran kalau tiba-tiba ada iklan “aneh” yang tidak berhubungan dengan situs internet yang kita buka, kemungkinan besar itu adalah virus.

Boot Viruses

Sebuah program yang mengganggu atau mengganti System Operasi yang kita gunakan dikomputer PC atau laptop kita. Terkadang komputer yang sedang kita gunakan tiba-tiba melakukan restart sendiri sampai tidak bisa dinyalakan lagi.

Polymorph Viruses

Virus ini seperti bunglon, dapat menyamarkan dirinya sendiri. Virus ini pintar, saking pintarnya, dia bisa merubah code programnya sendiri. Dan yang paling resenya lagi, virus ini susah untuk di deteksi.

Spyware

sebuah program yang mengambil alih sebagian dari sistem operasi komputer kita tanpa merusak system yang ada. Spyware ini dibuat dan didesign untuk memata-matai semua hal yang kita lakukan sebagai persiapan untuk penyerangan berikutnya. yang dimata-matai biasanya adalah aktivitas kita saat berinternet, mulai dari situs apa saja yang kita buka sampai mengetahui semua system yang kita punya dan kita pakai.

Zombie

Komputer zombie adalah komputer yang sudak diinfeksi oleh program malware yang menyebabkan hacker dapat mengambil alih semua system operasi komputer kita untuk tujuan kriminal dari jarak jauh. Komputer yang sudah dikontrol oleh hacker ini dapat melakukan semua hal yang diinginkan oleh hacker. Sebagai contoh, komputer yang sudah terinfeksi bisa digunakan untuk menyerang komputer atau situs lain dengan melakukan serangan seperti DoS (denial-of-service), mengirimkan email SPAM dan phishing.

Rootkit

Kumpulan dari tools software yang diinstal setelah sebuah komputer terinfiltrasi atau terserang oleh hacker maupun virus. Tujuannya adalah untuk menyembunyikan data-data penyerang atau hacker, virus yang sedang beroperasi, dan jejak-jejak dari virus yang sedang menyerang. Intinya adalah membuat hacker atau virus tidak terlihat dan tidak terlacak. Biasanya sih dengan mengupdate program spyware yang sudah diinfeksikan dan menginstal ulang spyware yang telah di delette

Macro viruses

Sebuah program kecil yang ditulis menggunakan bahasa program macro seperti WordBasic yang biasanya hanya bisa menyebar diantara document dari aplikasi tertentu. Karena hal inilah, virus ini dinamakan document viruses. Biar virus ini bisa aktif, program dari document tersebut haruslah diaktifkan dahulu. Tidak seperti virus normal lainnya, virus ini tidak menyerang executable files tetapi hanya menyerang salah satu jenis documents dari aplikasi tertentu.

Script Viruses dan Worms

Virus yang mudah sekali dibuat dan disebarkan. Biasanya disebarkan melalui email atau melalui flashdisk.

Dibuat menggunakan bahasa program script seperti javascript dan VBScript.

Bisa beranak-pinak tapi tidak menginfeksi file lainnya, artinya virus ini bisa berdiri sendiri sendiri. Dan umumnya digunakan untuk menginfiltrasi program-program rusak dalam system dengan tingkat keamanan yang rendah.

Trojan horses (short trojans)

Sangat umum sekali dan sering kita jumpai sekarang ini. Virus ini berpura-berpura dan menyamarkan dirinya sebagai file yang umum kita pakai. Contohnya seperti document word tetapi sebenarnya virus yang melakukan fungsi lain saat diklik dan biasanya berbahaya. Yang membuat virus ini berbeda dengan worm atau virus lainnya adalah virus ini tidak menduplikasi dirinya. Biasanya mempunyai nama unik seperti SEX.EXE atau STARTME.EXE. Setelah aktif, virus ini bisa melakukan banyak hal, misalkan memformat hard disk.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s