Unit Pengelolaan Lingkungan #Instalasi Pengolahan Lingkungan

Untuk menjaga keselamatan dan kesehatan kerja tenaga kerja dan menjaga kondisi lingkungan sekitar IPS, diperlukan peralatan pengendalian efek lingkungan. Peralatan tersebut biasanya sudah termasuk/terpasang disetiap peralatan conveyor, pemilah, dan size-reduction.

Standar baku mutu lingkungan harus juga diperhatikan dalam pengoperasian alat-alat tersebut diatas. IPS digunakan untuk mengatasi permasalahan sampah kota, maka harus diperhatikan efeknya supaya tidak malah menimbulkan permasalahan lainnya.

1.  Dust Collection System

Proses shredding, granulating, crushing, baling, dan screening pada umumnya menghasilkan debu. Jumlah debu yang dihasilkan dan solusi untuk mengatasi masalah tersebut tergantung dari kerumitan proses dan jumlah material yang masuk. Untuk menjaga kesehatan pekerja, setiap pekerja wajib memakai masker. Peralatan pengendali debu ini bisa ditempatkan/dipasang pada setiap peralatan yang menghasilkan debu, maupun digunkan untuk pengendalian debu secara kolektif untuk seluruh/beberapa peralatan sekaligus. Dust collector ini terdiri dari fan, ducting, cyclone, dan baghouses (Peer Consultants, P.C., 1991).

2.  Noise Suppression Devices

Kebanyakan peralatan yang digunakan di IPS menghasilkan bising dan/atau debu. Seperti permasalahan bising, solusinya tidaklah terlalu rumit. Setiap pekerja memakai perlatan peredam suara/tutup telinga pada saat mengoperasikan dan melewati peralatan tersebut, untuk gedung bisa dipasang isolator/peredam suara (Peer Consultants, P.C., 1991).

3.  Odor Control System

Bau bukan merupakan masalah utama di IPS kecuali sampah yang diolah MSW campuran. Bau bisa bisa diminimalisasi dengan pengurangan masa penyimpanan sampah yang belum diolah, dan dengan pembersihan lantai penampungan secara rutin.

Teknologi pencegahan bau meliputi:

  • Mencegah penyebaran
  • Penutup/pencegah bau, masker
  • Wet scrubbing
  • Carbon adsobrtion
  • Catalytic incineration
  • Thermal incineration

Untuk kondisi bau yang sangat berat, penerapan beberapa jenis teknologi bisa diterapkan (Peer Consultants, P.C., 1991).

4.  Heating, Ventilating, & Air Conditioning (HVAC)

Kondisi geografi, cuaca, lokasi, dan bentuk bangunan IPS mempunyai efek tersendiri terhadap penerapan sistem HVAC. Beberapa peralatan MRF beroperasi lebih baik dengan penerapan sistem HVAC daripada pada ruangan terbuka. Ventilasi yang cukup bisa mengontrol asap yang dihasilkan dari peralatan yang beroperasi, gas/bau yang tiba-tiba dihasilkan oleh beberapa material, asap dari pekerjaan las (Peer Consultants, P.C., 1991).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s