Manfaat Tanah Bagi Lingkungan dan Pentingnya Menjaga Kesehatan Tanah

Tanah, tak diragukan lagi merupakan salah satu sumber daya yang paling penting dalam kehidupan kita selain air dan udara dan oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban kita untuk selalu menjaga kesehatan tanah. Banyak sekali manfaat yang bisa diberikan oleh tanah untuk lingkungan kita dan tercemarnya tanah bisa berujung pada tercemarnya seluruh bagian yang ada di lingkungan kita.

Banyaknya manfaat yang tanah bisa berikan untuk lingkungan kita, yang secara langsung merupakan manfaat untuk kita juga tentu menjadi alasan kenapa kita harus melindungi tanah dari pencemaran lingkungan. Berikut adalah berbagai manfaat tanah serta berbagai alasan bagi kita manusia untuk menjaga kesehatan tanah di lingkungan kita.

Berbagai Manfaat Tanah Untuk Lingkungan

Terdapat banyak sekali manfaat yang ditawarkan oleh tanah kepada lingkungan kita dan salah satunya adalah penyediaan unsur yang dikenal luas dengan nama unsur hara pada tumbuh-tumbuhan. Untuk menjaga suatu lingkungan dari pencemaran, keberadaan tumbuhan sangatlah penting dan tumbuhan yang sehat akan mampu tumbuh dengan subur di tanah yang sehat pula.

Selain menyediakan unsur hara untuk tumbuh-tumbuhan yang tumbuh diatasnya, manfaat lain yang mampu diberikan oleh tanah yaitu menguraikan sisa-sisa organisme yang telah mati untuk kemudian akan diberikan kepada tanaman dan organisme-organisme lain yang berperan dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Manfaat lain yang mampu ditawarkan oleh tanah yaitu nilai ekologi dimana tanah mampu memberikan berbagai macam kemampuan yang bermanfaat bagi kelangsungan hidup hampir semua makhluk yang ada di lingkungan.

Berbagai kemampuan tersebut meliputi kemampuan menyerap serta menyimpan air yang secara langsung akan melindungi tata air dan memberikan supplai air yang memadai pada manusia serta makhluk lainnya ketika air yang ada di permukaan tanah habis. Kemampuan lainnya yaitu kemampuan menekan erosi, serta menjaga kesuburan lingkungan sehingga tumbuhan bisa hidup diatasnya. Ada banyak sekali manfaat yang mampu diberikan oleh tanah untuk lingkungan kita.

Pentingnya Menjaga Kesehatan dan Kesuburan Tanah

Melihat begitu banyaknya manfaat yang dapat diberikan oleh tanah untuk lingkungan kita, yang secara langsung juga merupakan manfaat untuk kita para umat manusia, tentu sudah menjadi kewajiban kita untuk senantiasa menjaga kesehatan serta kesuburan tanah.

Alasan pertama kenapa kita harus menjaga kesehatan tanah yaitu karena sebagai manusia, kita butuh air dan tanah merupakan penyedia air paling utama bagi kita mengingat tanah menyimpan air yang bisa kita gunakan ketika kita membutuhkan. Alasan lain kenapa kita wajib menjaga kesehatan dan kesuburan tanah yaitu karena tanah merupakan tempat tumbuhan hidup. Sebagai manusia, kita membutuhkan tumbuhan untuk dikonsumsi maupun sebagai penyejuk lingkungan dan tumbuhan yang sehat hanya akan tumbuh di tanah yang sehat pula.

Pentingnya tanah untuk lingkungan dan manusia juga bisa dilihat dari kemampuan tanah menguraikan makhluk hidup yang sudah mati. Jika saja tanah tidak menguraikan organisme yang telah mati, maka bangkai organisme tersebut akan mencemari lingkungan dan menimbulkan banyak penyakit bagi siapa saja, baik manusia maupun makhluk hidup lain yang tinggal di lingkungan tersebut.

Selain itu, tanah juga bisa digunakan untuk membuat berbagai macam perabotan ramah lingkungan seperti alat-alat rumah tangga, bahan bangunan, dan masih banyak lagi. Banyak sekali manfaat yang ditawarkan oleh tanah kepada lingkungan dan manusia dan sebagai makhluk yang hidup diatas tanah dan memanfaatkan tanah, sudah sepantasnya lah kita selalu menjaga tanah yang ada di lingkungan kita supaya tetap subur dan sehat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s