Ciptakan lingkungan yang nyaman

Semua yang disekitar kita, baik benda mati maupun makhluk hidup disebut lingkungan. Untuk menciptakan lingkungan yang nyaman kita tempati, kita harus mengupayakannya terbebas dari segala bentuk pencemaran lingkungan. Kenali tanda dan bahaya pencemaran, lalu lakukan tindakan antisipasi.

Mengenali potensi pencemaran.

Tinggal di sebuah lingkungan yang nyaman tentunya menjadi dambaan semua orang. Berada di sebuah tempat yang memberi kenyamanan bisa memunculkan banyak energi positif. Selain tubuh menjadi sehat, pikiran dan jiwa juga menjadi tenang. Manusia dengan sifatnya yang selalu dinamis, selalu berupaya melakukan perubahan-perubahan dan memiliki sifat yang tidak pernah puas. Kadang hal itu bisa membawa dampak yang kurang baik untuk lingkungan sekitar, tanpa disadari. Pencemaran lingkungan lebih sering terjadi karena hal yang tidak disengaja atau karena ketidak tahuan. Tetapi tidak bisa dipungkiri, dalam setiap perubahan ada dampak positif dan negatif yang menyertainya.

Dampak negatif yang muncul dalam upaya melakukan perubahan, bisa ditekan dengan catatan kita telah mengenali tanda-tandanya. Seperti halnya pencemaran lingkungan, perubahan lingkungan biasanya tidak terjadi secara tiba-tiba, ada sebuah proses dimana pencemaran menjadi semakin parah dan tidak bisa diperbaiki lagi. Sebelum itu terjadi, penting untuk diketahui apa saja yang bisa menyebabkan lingkungan berubah.

Ada dua hal yang menyebabkan perubahan lingkungan yaitu hal yang tidak dilakukan manusia, atau karena bencana alam seperti kebakaran hutan, banjir bandang, gempa, tsunami, gunung meletus, kemarau yang berkepanjangan, dan sebagainya. Pencemaran lingkungan karena alam tidak bisa dihindari, akan tetapi bisa ditekan dengan cara atau sikap antisipatif, misalnya membuat penampung air untuk menampung cadangan air kalau-kalau akan terjadi kemarau panjang. Atau membuat peresapan air, bendungan air atau waduk untuk mengantisipasi banjir dan sebagainya. Penyebab yang kedua adalah karena perbuatan manusia, artinya pencemaran terjadi karena disengaja, seperti menebang kayu tanpa aturan, membuang limbah langsung ke laut atau sungai, dan lain-lain.

Melakukan upaya pencegahan dan perbaikan.

Untuk menciptakan lingkungan yang nyaman, kita harus melakukannya bersama-sama dengan masyarakat sekitar, tentunya sebelum mulai dalam sebuah kelompok, ada baiknya dimulai dari diri kita sendiri. Pada dasarnya langkah-langkah atau upaya untuk mencegah pencemaran lingkungan adalah dengan mengurangi hal-hal yang memunculkan potensinya.

1. Supaya mengurangi potensi pencemaran air, maka yang harus dilakukan adalah tidak menggunakan deterjen yang berbahaya, atau gunakan sabun yang ramah lingkungan, yang sekarang mulai banyak dipasaran. Tidak menangkap ikan dengan memakai racun, hanya menanam tanaman organik (bebas zat kimia dan pestisida), dan dalam kasus yang lebih besar lagi sebaiknya pabrik-pabrik yang membuang limbah ke sungai melengkapi pembuangan limbah dengan pipa terapung dan menggunakan zat yang mengurai limbah. Jadi limbah yang dibuang ke sungai atau laut sudah tidak mengandung zat yang membahayakan makhluk hidup dan ekosistem air.

2. Supaya mengurangi potensi pencemaran udara, mulai mengurangi penggunaan AC, mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, berhenti merokok, dan sebagainya.

3. Supaya mengurangi potensi pencemaran tanah, bisa dimulai dengan mengelola sampah, mendaur ulang sampah, dan memperbanyak menanam pohon.

Dalam rumah tangga banyak sekali alat-alat rumah tangga modern yang memicu terjadinya pencemaran lingkungan apabila dilakukan dalam skala atau jumlah yang besar. Untuk itu mulailah memikirkan dan melakukan hal-hal yang kecil untuk perubahan besar, seperti mengurangi penggunaan AC, Kulkas, mobil dan motor, dan menggantinya dengan membuat rumah yang ramah lingkungan, tidak ber AC dan lebih banyak pohon, membuat jadwal pemakaian kendaraan bermotor misalnya setiap sabtu dan minggu berpergian dengan menggunakan sepeda saja atau berjalan kaki, dan masih banyak hal kecil lainnya yang kalau kita lakukan dengan kesadaran bersama-sama akan membawa perubahan yang besar demi terwujudnya lingkungan yang ramah dan nyaman.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s