Mendesain Rumah dengan Desain Interior ala Asia

Desain interior bergaya Asia merupakan salah satu desain rumah yang tidak akan lekang oleh waktu. Meskipun telah digunakan selama bertahun-tahun, desain ini tetap saja terlihat cantik, unik dan menarik. Ketika anda memilih desain interior dengan gaya Asia untuk rumah anda, anda memiliki banyak pilihan desain yang bisa anda gunakan. Mulai dari desain interior bergaya Jepang, Cina klasik, Cina kontemporer dan masih banyak yang lainnya. Di bawah ini adalah sedikit ulasannya untuk anda.

Elemen yang Harus Ada Di Dalam Rumah Bergaya Asia

Rumah bergaya Asia memiliki beberapa elemen penting yang harus ada pada desain interiornya. Elemen yang pertama adalah pintu geser kaca ataupun kaca-kaca besar yang bisa memberikan pemandangan langsung pada taman. Desain interior bergaya Asia memang menonjolkan sisi harmonis dan keselarasan antara bangunan rumah dengan alam yang ditunjukkan melalui akses yang terbuka menuju halaman luar.

Jika anda ingin mendesain rumah anda dengan gaya arsitektur Asia, anda harus mengganti peran tembok sebagai penyekat antara rumah dan taman yang ada di bagian belakang rumah dengan pintu geser kaca, kaca besar ataupun jendela yang besar sehingga anda bisa menikmati pemandangan yang menyegarkan langsung dari dalam rumah. Selain untuk membangun suasana yang segar dan rileks, akses langsung menuju taman belakang ini juga berguna untuk memperlancar aliran udara yang ada di rumah anda.

Elemen yang kedua adalah penggunaan warna-warna yang natural. Desain interior bergaya Asia menekankan penggunaan warna-warna natural yang akan menghasilkan suasana yang rileks dan nyaman, seperti coklat muda, hijau, coklat tua, krem, oranye dan putih gading. Pada desain interior khas negeri Cina, warna-warna natural ini kemudian dipadukan dengan warna-warna cerah seperti merah dan emas, yang melambangkan semangat dan kemakmuran.

Elemen yang ketiga adalah dekorasi khas negeri-negeri di Asia. Jika anda memilih desain interior ala negeri sakura, Jepang, anda bisa menggunakan “Shoji screen” sebagai penyekat ruangan. Anda juga bisa mendekorasi ruangan di rumah anda dengan lukisan kaligrafi huruf-huruf Jepang untuk menambah kesan tradisional dan artistik pada ruangan tersebut.

Sedangkan jika anda menggunakan desain interior bergaya Cina, anda bisa memilih dekorasi khas Cina seperti guci keramik, patung prajurit Cina, hiasan naga atau lambang Yin dan Yang untuk mempermanis tampilan ruangan.

Pemilihan Furnitur untuk Rumah Bergaya Asia

Untuk pemilihan furnitur, sebaiknya anda memilih furnitur yang memiliki banyak tempat penyimpanan agar rumah anda terlihat lebih rapi. Misalnya seperti tempat tidur yang dilengkapi dengan laci-laci di bagian bawah atau meja rias dan meja tamu yang juga memiliki beberapa laci di bagian bawah meja. Hal ini disebabkan karena furnitur khas Asia yang memiliki banyak detail ukiran akan memiliki kesan berantakan jika anda terlalu banyak meletakkan barang diatas atau di sekitar furnitur tersebut.

Untuk material dari furnitur itu sendiri, pilihlah furnitur yang terbuat dari kayu untuk semakin menonjolkan kesan natural dari desain interior bergaya Asia. Jika anda membutuhkan inspirasi untuk mendesain rumah anda dengan gaya arsitektur Asia, anda bisa membaca beberapa buku desain interior khas Asia yang ada di toko buku atau mencari beberapa artikel di internet yang bisa anda jadikan sebagai pedoman.

Anda juga bisa menghubungi desainer interior profesional yang ada di kota anda untuk membantu anda membuat konsep desain interior khas Asia yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s