Mendekorasi Ulang Rumah dengan Budget yang Terbatas

Setelah tinggal di sebuah rumah dalam waktu yang cukup lama, anda mungkin merasa bosan dan ingin mendapatkan suasana yang baru di dalam rumah. Beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan suasana baru di dalam rumah adalah dengan merenovasi atau mendekor ulang rumah.

Pilihan untuk merenovasi rumah tentu akan menghabiskan biaya yang besar serta membutuhkan waktu pengerjaan yang cukup lama. Maka dari itu, renovasi rumah sebaiknya dilakukan hanya jika anda telah memiliki budget yang berlebih dan ketika berada dalam keadaan yang mendesak.

Keadaan mendesak yang dimaksud disini adalah beberapa ruangan harus segera direnovasi karena bocor, tembok mulai retak atau alasan mendesak lainnya. Maka satu-satunya pilihan yang lebih ekonomis yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan suasana baru di dalam rumah adalah dengan mendekor ulang desain interior rumah. Berikut ini adalah beberapa ide dekorasi untuk budget terbatas yang mungkin akan sesuai dengan kebutuhan anda saat ini.

Ide-ide Dekorasi Ulang untuk Budget yang Terbatas

Mendekorasi ulang rumah tidak selalu membutuhkan biaya yang besar. Anda hanya perlu tahu beberapa tips dan triknya supaya anda bisa mendapatkan suasana yang baru di dalam rumah meskipun anda hanya memiliki budget yang terbatas. Ide dekorasi untuk budget terbatas yang pertama adalah menata ulang furnitur serta dekorasi rumah yang ada.

Terkadang, memindahkan dan menata ulang furnitur beserta dengan dekorasinya sudah cukup untuk menghasilkan suasana baru di dalam rumah. Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun karena yang anda lakukan hanyalah menata ulang apa yang sudah ada. Misalnya, anda bisa memindahkan pigura-pigura foto yang ada di atas meja ke dinding. Anda bisa menggantung pigura-pigura tersebut dengan gaya yang artistik agar suasana di dalam ruangan terlihat berbeda.

Ide yang kedua adalah mengecat ulang ruangan tersebut. Ketika anda merasa bosan dengan kamar tidur anda, anda bisa mengganti cat kamar tidur anda untuk mendapatkan suasana yang baru dengan instan. Usahakan anda memilih cat tembok yang masih selaras dengan desain interior rumah secara keseluruhan agar rumah anda tetap terlihat harmonis.

Ide dekorasi untuk budget terbatas yang ketiga adalah membuat proyek seni untuk dekorasi rumah anda. Inilah saatnya untuk anda bisa mengekspresikan kreatifitas anda melalui sebuah karya seni atau daur ulang yang tentunya akan membuat tampilan ruangan anda menjadi lebih artistik. Misalnya anda bisa mengecat kaleng bekas susu dan melukisnya dengan warna-warna yang cerah untuk digunakan sebagai tempat menyimpan aksesoris.

Hal-hal yang Perlu Anda Perhatikan

Sebelum anda melakukan ide dekorasi untuk budget terbatas seperti yang telah disebutkan diatas, ada baiknya jika anda memperhatikan beberapa hal berikut ini. Pertama, buatlah rancangan dekorasi ulang sebelum memulainya. Dengan begini, anda bisa bekerja secara lebih terarah dan tidak akan melewatkan hal-hal penting selama proses pengerjaan.

Kedua, buatlah daftar barang-barang yang dibutuhkan dan lakukan survei harga untuk mendapatkan penawaran terbaik. Jangan ragu untuk melakukan survei harga dengan mendatangi satu toko ke toko yang lain agar anda bisa memanfaatkan budget yang terbatas semaksimal mungkin.

Ketiga, minta bantuan dari suami, pacar, kakak atau teman, jika anda tidak bisa mengangkat benda-benda yang berat di dalam ruangan. Yang terakhir, kerjakan dekorasi ulang ini ketika anda benar-benar sedang bebas seharian karena jika waktu anda terbatas, waktu pengerjaannya bisa tertunda dan terkadang malah menjadi terbengkalai.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s