Roma, Kota Indah dengan Sentuhan Klasik

Kota Roma adalah salah satu kota terbesar di Italia yang juga sekaligus sebagai ibukota negara Italia. Tapi, kota ini lebih dikenal sebagai kota dengan banyak arsitektur kuno yang sangat indah. Dan, hal tersebut yang menjadi daya tarik utama kota Roma yang menarik banyak wisatawan baik dari Italia sendiri ataupun dari luar negeri untuk mengunjungi kota ini. Banyaknya bangunan kuno di kota ini dipengaruhi oleh sejarah kota Roma itu sendiri. Kota Roma bisa dibilang berumur sangat tua. Ada bukti arkeologi yang menyatakan bahwa didaerah sekarang kota Roma berdiri, sudah ada peradaban yang berkembang setidaknya pada 14,000 tahun yang lalu.

Akan tetapi, bila kita berbicara mengenai asal muasal kota Roma, maka kita tidak bisa melepaskan dari legenda Remus dan Romulus. Romus dan Romulus adalah anak yang diasuh oleh serigala. Setelah mereka tumbuh besar, mereka berencana untuk mendirikan sebuah pemukiman. Karena ada perbedaan pendapat, mereka berkelahi dan Romulus membunuh saudaranya Remus. Bagi pecinta sepak bola, maka lambang kisah ini bisa ditemukan pada logo klub sepakbola Roma yang juga berasal dari kota Roma, dimana ada seekor serigala yang menyusui dua orang anak kecil. Akan tetapi, kota Roma benar-benar menjadi sebuah kota saat peradaban Romawi berkembang pesat, yaitu sekitar tahun 519 SM.

Selain sejarahnya yang panjang, kota Roma juga mempunyai banyak hal menarik yang bisa kita temui. Salah satunya adalah masa Chiuso per ferie. Masa ini adalah masa dimana sebagian besar toko dan tempat umum di kota Roma tutup. Hal ini terjadi pada bulan Agustus dan lama masa tutup ini adalah selama 2 minggu. Dan, alasan mengapa banyak pemilik toko yang tutup adalah karena mereka sedang berlibur. Hal ini sudah menjadi salah satu bagian budaya dan tradisi masyarakan Roma. Jadi, bila kita berkunjung ke Roma pada waktu ini, maka bisa dipastikan kita tidak akan dapat sebebas waktu lain untuk membeli barang atau souvenir yang kita inginkan dari kota Roma.

Seperti yang disebutkan diatas, kota Roma mempunyai banyak bangunan kuno. Dan, hal ini tidak hanya berlaku pada landmark kota Roma saja, seperti Colosseum. Kebanyakan tempat tinggal penduduk Roma juga menggunakan gaya klasik. Jadi, bila kita berjalan-jalan di kota Roma, maka, kita akan mendapatkan diri kita seperti berada di kota pada abad pertengahan. Meskipun demikian, kota Roma termasuk salah satu kota modern dan mempunyai banyak fasilitas seperti kota-kota metropolitan di Eropa. Jadi, bila anda ingin merasakan fasilitas modern, seperti hotel, klub malam dan lainnya, kota Roma memilikinya.

Penduduk kota Roma semuanya berbahasa Italia, hal itu jelas dan tidak perlu diperdebatkan. Jadi, akan sangat membantu, bila kita bisa berbicara dan mengerti bahasa Italia, bila kita berkunjung ke kota Roma. Akan tetapi, saat ini sudah banyak orang yang bisa dan mengerti bahasa Inggris di kota ini. Sebagian besar dari mereka adalah para generasi muda. Selain itu, petugas kepolisian dan juga agen wisata juga bisa berbahasa Inggris dengan lancar. Jadi, kita tidak perlu khawatir bila berkunjung ke Roma. Penduduk kota Roma bisa dibilang sangat ramah. Akan tetapi, kita harus mengawali keramahan tersebut dengan sikap baik. Bila kita bisa melakukan hal tersebut, maka mereka tidak akan segan untuk membantu kita, bila kita sedang berada dalam kesulitan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s