Paris, Kota Mode dan Terkaya di Perancis

Paris dikatakan sebagai kota mode dunia. Memang benar, kita bisa melihatnya dari cara berpakaian kebanyakan orang yang tinggal dikota ini. Fashionable mungkin kata yang tepat untuk menggambarkan pakaian sehari-hari mereka. Selain pakaian dan gaya fashion orang orang Paris yang terkenal, salah satu hal yang paling menarik yang banyak dijumpai di Paris adalah restoran yang menyediakan tempat di luar ruangan. Bahkan, fasilitas ini menjadi tempat favorit bagi penduduk Paris untuk bersantai dan melepaskan lelah. Banyaknya fasilitas ini sangat dipengaruhi iklim kota Paris yang cenderung nyaman untuk aktivitas di luar ruangan. Iklim Paris sama seperti negara yang terletak di zona sub tropis, yaitu iklim dengan 4 musim. Akan tetapi, sangat jarang turun salju di Paris. Bahkan, pada musim dingin dimana suhu mencapati titik terendah, suhu yang terukur hanya 6 derajat Celcius. Pada musim panas, cuaca cukup hangat, sehingga pada musim ini menjadi waktu yang tepat untuk bersantai diluar ruangan.

Sejarah kota Paris bisa dibilang sangat lama. Asal kota Paris dimulai dari koloni kecil orang-orang Gallo Celtic di daerah Ile de la Cite. Mereka menamakan koloni ini Lutetia. Akan tetapi, orang Romawi yang menguasai daerah ini menyebut mereka sebagai orang Parisii. Dan dari sinilah nama Paris itu berasal. Kota Paris tidak hanya terkenal sebagai kota fashion. Kota Paris mempunyai keadaan ekonomi yang baik. Penduduk yang tinggal di kota ini bisa dibilang mempunyai rata-rata penghasilan yang tinggi. Dan bila dibandingkan dengan penduduk kota lain, penduduk kota Paris bisa dibilang lebih kaya. Penghasilan penduduk kota Paris rata-rata per tahun adalah € 25,000. Paris juga termasuk kota dengan pendapatan perkapita tertinggi didunia setelah Tokyo, New York dan Los Angeles. Untuk transportasi di Paris, Paris mempunyai transportasi standar seperti kota-kota besar lainnya di Eropa, seperti bis, taksi, mobil dan lain sebagainya. Akan tetapi, ada satu transportasi unik yang bisa kita temukan di Paris, yaitu sepeda. Sudah dua tahun ini pemerintah kota Paris membuat fasilitas penyewaan sepeda di Paris. Dan, hal ini menjadi sangat sukses. Terbukti, saat ini banyak orang yang menggunakan fasilitas ini. Jadi, bila kita berkunjung ke Paris, maka akan ada banyak pengguna sepeda ini berlalu lalang. Penyewaan sepeda ini juga sangat mudah. Kita hanya perlu membayarnya pada mesin digital yang tersedia di tempat penyewaan sepeda, dan kita bisa menggunakan sepeda tersebut. Ada banyak stasiun penyewaan sepeda ini disegala penjuru Paris, dan bila kita selesai menggunakannya, kita harus mengembalikannya di stasiun penyewaan sepeda yang paling dekat dengan tujuan kita. Program ini bertujuan untuk membuat Paris lebih ramah lingkungan.

Selain itu, Paris juga terkenal sebagai kota wisata. Selain menara Eiffel, Paris juga mempunyai banyak tempat wisata yang bisa kita kunjungi. Seperti The Louvre, museum dimana kita bisa melihat karya seni terbaik yang dibuat oleh seniman besar dunia, dimana salah satunya adalah lukisan Mona Lisa. Ada juga Catacomb, jalur bawah tanah yang pada jaman dahulu dipakai sebagai tempat pengasingan pasien-pasien yang terkena wabah penyakit menular. Dan mereka juga dikuburkan di tempat ini. Kita bisa melihat sisa-sisa tulang manusia yang mati di tempat ini tertata rapi di dinding Catacomb. Bagian Catacomb yang bisa kita lihat hanya 5% dari keseluruhan. Hal ini dikarenakan banyak bagian Catacomb yang dianggap bahaya oleh pemerintah Paris.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s