Meningkat Rumah Tanpa Tambahan Fondasi

Ketika anda memerlukan ruangan lebih di dalam rumah anda, dan anda menyadari jika rumah anda itu kecil dan tidak memungkinkan untuk membangun 1 ruangan tambahan lagi, maka apa yang akan anda lakukan? Anda boleh saja beranggapan jika anda sudah tidak bisa melakukan apa-apa lagi, namun jangan salah, anda tetap bisa menambah satu ruangan lagi, bahkan lebih. Bagaimana caranya? Caranya yaitu dengan memanfaatkan celah rumah anda yakni dibawah atap rumah anda. Anda bisa membangun ruangan tambahan di bawah atap rumah anda, dan uniknya anda tidak perlu menambah fondasi rumah anda yang notabene merupakan dasar kekuatan rumah anda. Nah, untuk mensiasatinya anda memerlukan beberapa trik agar rumah anda tetap aman dan kuat, namun anda mendapatkan ruangan lebih.

Gunakan Material yang Ringan

Untuk menambah ruangan di rumah anda dengan memanfaatkan celah di bawah atap rumah anda, anda harus memikirkan bahan material yang sekiranya tidak terlalu membebani fondasi rumah anda yang tidak di rancang untuk bangunan bertingkat. Caranya yaitu dengan menggunakan papan kayu sebagai lantainya. Dengan menggunakan papan kayu sebagai bahan dasar lantai, maka beban yang ditopang oleh fondasi rumah anda tidaklah terlalu berat. Dengan begitu rumah anda tidak akan roboh dikarenakan tambahan muatan di bawah atap rumah anda.

Meskipun hanya ruangan tambahan, anda juga harus mempertimbangkan kualitas dari papan kayu yang anda gunakan untuk dijadikan lantai. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa ruangan tambahan anda yang letaknya berada di bawah atap rumah anda layak huni dan tentunya bisa bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama. Untuk itu anda harus memilih kayu yang benar-benar berkualitas, kayu yang keras dan tidak mudah lapuk. Kayu yang keras dan tidak mudah lapuk biasanya harus direndam di dalam air selama beberapa lama hingga warnanya berubah kecoklatan, itu akan berguna untuk menghindari pelapukan kayu karena hama. Anda bisa menggunakan papan kayu jati yang sudah dipercaya memang berkualitas dan tidak mudah lapuk. Jika anda menggunakan kayu yang biasa saja, maka akan membahayakan anggota keluarga yang menempati ruangan tersebut. Material kayu jati yang dipilih juga tidak terlalu berat sehingga aman untuk anda gunakan sebagai lantai. Untuk dindingnya anda cukup menggunakan triplek, seperti yang anda tahu jika meterial triplek sangat ringan sehingga cocok untuk anda jadikan dinding ruang tambahan anda. Lagipula triplek juga bisa menggantikan dinding tembok anda, bedanya hanya tidak berat.

Biaya Renovasi yang Murah

Dengan menambah ruangan di bawah atap rumah anda, anda tidak akan mengeluarkan biaya yang mahal seperti ketika anda melakukan renovasi seperti biasanya. Papan kayu yang digunakan juga tidak terlalu mahal dan pastinya bisa anda jangkau. Sementara itu dinding yang terbuat dari triplek juga lebih murah dibandingkan dinding tembok, harganya yang murah namun memberikan manfaat yang sama terhadap kepentingan anda. Nah, sekarang anda sudah tahu bukan bagaimana caranya menambah ruangan di rumah anda yang kecil tanpa mengubah fondasi rumah awal. Cukup dengan memanfaatkan space di bawah atap rumah anda, amak anda akan mendapatkan ruangan tambahan yang bisa lebih dari satu ruangan. Dengan begitu, keluarga anda akan semakin nyaman, dan anda tidak harus mengeluarkan banyak uang. Ini sangat cocok anda lakukan bagi anda yang tinggal dipemukiman padat penduduk, intinya menghemat tempat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s