Istanbul, Jembatan Antara Asia dan Eropa

Kota Istanbul bisa dibilang sebagai kota terbesar di Turki, bila kita melihat dari populasi penduduk yang tinggal di kota ini. Tapi, yang paling unik dari Istanbul adalah letak kota ini. Kota ini terletak dikedua sisi selat Bosphorus. Bisa dikatakan bahwa kota ini dibelah oleh selat Bosphorus. Karena letak geografis yang unik ini, kota Istanbul juga dijuluki sebagai jembatan antara benua Asia dan Eropa. Selain sebagai kota dengan populasi terpadat di Turki, yaitu sekitar 13,9 juta jiwa, dan juga letaknya yang unik, kota ini juga dikenal sebagai pusat kebudayaan dan industri. Sebagai pusat kebudayaan karena kota Istanbul mempunyai perpaduan unik antara dua kebudayaan besar di masa lampau, yaitu saat kota ini dikuasai oleh kaisar Constantine, yaitu penguasa yang berasal dari bangsa Romawi dan saat dikuasai oleh Sultan Mehmed II, yang memulai kekaisaran Ottoman di Turki. Maka bisa kita katakan bahwa kota ini mempunyai unsur kebudayaan yang kuat yang berasal dari bangsa Romawi dan juga kebudayaan Islam dan Timur Tengah. Hal ini bisa kita temukan pada gaya bangunan yang terdapat disini. Sebagian besar bangunan yang berada di Istanbul menggunakan gaya Bizantium dan Ottoman, dengan gaya arsitektur khas Islam dengan banyak menara dan kubah. Akan tetapi, ada juga sentuhan gaya Romawi yang masih bisa kita temukan, seperti batu Obelisk yang terdapat di Sultanahmet Square.

Kota Istanbul mempunyai cuaca yang dipengaruhi oleh letaknya yang berada di selat Bosphorus. Cuaca di kota Istanbul cenderung hangat seperti banyak kota yang terletak dekat dengan lautan, akan tetapi, karena letak Turki di bagian sub tropis bumi, maka kota ini juga mengalami musim dingin. Pada musim dingin cuaca akan menjadi lebih dingin dan basah, dengan banyak hujan. Salju jarang turun, akan tetapi ada beberapa waktu dimana kota ini mengalami musim dingin bersalju. Oleh karena itu, banyak orang yang mengunjungi kota Istanbul tidak perlu khawatir akan baju yang mereka pakai. Cukup dengan jaket untuk musim dingin dan t-shirt untuk musim panas, maka cuaca tidak akan menjadi masalah bagi kita. Seperti yang disebutkan sebelumnya, kota ini adalah kota pusat kebudayaan. Kita bisa melihat berbagai bangunan indah dan juga tempat yang mengagumkan di Istanbul, seperti Hagia Sophia, Topkapı Palace, Sultanahmet Mosque (Blue Mosque) dan Basilica Cistern. Tempat-tempat ini sudah mewakili semua kebudayaan yang ada di Istanbul. Dan yang paling penting, tempat-tempat tersebut sangat indah.

Seperti kebanyakan penduduk Turki yang menganut agama Islam, bagi anda yang beragama Islam, anda tidak akan kesulitan menemukan masjid di kota ini. Bahkan ada banyak masjid yang bisa kita kunjungi, sekaligus sebagai sarana wisata. Selain itu, Istanbul juga dikenal sebagai surga belanja. Di kota ini terdapat banyak tempat belanja yang bisa anda kunjungi. Bahkan ada salah satu tempat belanja bernama Grand Bazaar yang berusia sudah sangat tua. Tempat ini mulai beroperasi sejak tahun 1461. Ada banyak macam barang yang bisa dibeli, mulai dari makanan sampai dengan souvenir khas Istanbul. Kota ini menjadi salah satu kota yang paling banyak dikunjungi didunia. Hal ini terjadi pada tahun 2010, dimana ada 7 juta wisatawan yang mengunjungi kota ini. Hal ini juga didukung dengan fasilitas lengkap yang disediakan oleh pemerintah, sehingga wisatawan dapat merasa nyaman dan aman di Istanbul.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s