Kota Hijau Kopenhagen

London, Amsterdam, Paris atau Barcelona mungkin adalah beberapa kota yang paling familiar di telinga kita sebagai kota yang termasuk terbesar di Eropa. Akan tetapi, bila kita berbicara mengenai kota besar di Eropa, tidak hanya kota-kota tersebut yang bisa kita temukan. Salah satu kota terbesar di Eropa adalah Kopenhagen.

Kopenhagen adalah ibukota negara Denmark. Dan bila kita mengatakan bahwa kota ini termasuk salah satu kota terbesar di Eropa, ya, memang benar bila kita melihat dari luas kota ini. Tapi, apabila kita membandingkan kota ini dengan kota besar lainnya di Eropa yang bisa kita sebut dengan metropolis, maka kita akan menemukan banyak perbedaan disini. Salah satu perbedaan yang paling mencolok adalah gaya bangunan yang bisa kita temukan di Kopenhagen. Kebanyakan bangunan yang berada di Kopenhagen adalah bangunan bergaya lama, klasik atau biasa kita kenal sebagai bangunan abad pertengahan. Bahkan, bila kita lihat dengan seksama, pemandangan banyak bangunan di Kopenhagen sangat mirip dengan yang bisa kita jumpai di Amsterdam. Di Kopenhagen juga terdapat beberapa kanal dan sungai dimana kita bisa menggunakan perahu untuk mengarunginya, persis seperti di Amsterdam. Sangat jarang kita menjumpai gedung pecakar langit disini. Akan tetapi, satu hal yang membedakan kota ini dengan Amsterdam adalah banyaknya taman yang bisa kita jumpai di Kopenhagen. Bahkan, kota ini bisa disebut sebagai kota hijau.

Taman-taman yang ada di kota Kopenhagen bukan hanya sekedar taman yang dibuat untuk keperluan penghijauan lahan dan taman untuk membuat lingkungan menjadi lebih sehat. Ada beberapa taman yang mempunyai nilai sejarah yang tinggi, seperti taman King’s Garden yang terletak di Kastil Rosenborg. Taman ini dibangun oleh raja Christian IV pada tahun 1606. Taman ini juga menjadi taman yang paling menarik, sehingga, banyak wisatawan yang mengunjungi taman ini. Bahkan, ada lebih dari 2,5 juta wisatawan yang mengunjungi taman ini setiap tahunnya. Karena banyaknya taman yang bisa ktia jumpai di Kopenhagen, maka udara dan kualitas lingkungan yang bisa kita temukan disini juga sangat baik. Oleh karena itu, banyak orang bisa merasa santai dan rileks, saat mereka menghabiskan waktu di kota ini. Pantai? Ya, di Kopenhagen juga ada pantai. Terletak di distrik Vestegnen, kita bisa menjumpai pantai indah dengan panjang lebih dari 8 km. Kita bisa melakukan banyak aktivitas menarik di pantai ini, seperti beranang, scuba diving dan lain sebagainya.Yang paling unik dari pantai ini adalah, beberapa bagian dari pantai ini merupakan pantai buatan manusia. Pantai buatan ini dibuka pada tahun 2005 dan hal ini sangat disukai oleh penduduk lokal dan wisatawan. Bila kita ingin mengisi perut yang keroncongan, Kopenhagen juga merupakan tempat yang tepat. Menurut survey, Kopenhagen merupakan kota dengan jumlah restoran per kapita terbesar di dunia. Dan jenis-jenis restoran yang bisa kita temui di kota ini bermacam-macam, sehingga, kita tidak akan kesulitan menemukan makanan yang dapat memuaskan selera kita. Kebanyakan makanan yang disediakan di restoran-restoran tersebut adalah makanan khas Denmark.

Kota Kopenhagen termasuk dalam daerah sub-tropis. Oleh karena itu, di kota ini ada 4 musim yang terjadi. Bila kita ingin mengunjungi kota Kopenhagen, sebaiknya mengunjunginya pada saat yang tepat, yaitu pada musim semi atau musim panas. Karena, musim dingin suhu di kota ini bisa mencapai -5 derajat Celcius.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s