Venesia: Kota Romantis Eropa ala Italia

Urat seni memang mendarah daging bagi masyarakat asli Prancis maupun Italia, karena di setiap sudut kota diisi dengan hasil seni dan budaya yang mengagumkan. Tidak hanya di bidang seni dengan segala cabangnya seperti seni lukis, seni musik, seni suara, dan sejenisnya, namun juga dalam hal adibusana bahkan juga arsitektur dan tata kotanya. Tidak ada yang bisa menyangkal bahwa kota-kota di Prancis dan Italia dilekatkan dengan predikat yang terkait cita rasa seni yang menonjolkan sisi melankolisme serta romantisme. Untuk melengkapi pernyataan tersebut, ikon kota romantis di Eropa, dan bahkan di dunia, mungkin akan selalu dipegang oleh Paris. Di bulan Februari terutama dengan perayaan Valentine, kota ini seolah menjelma menjadi ‘kota cinta’ serta dipenuhi oleh pasangan kekasih atau suami istri yang tengah berbunga-bunga dan melontarkan rayuan kepada pasangannya masing-masing. Walau sebenarnya ada kota-kota di Eropa yang juga patut mendapat gelar tersebut seperti halnya di Italia, ada Venesia di bagian utara yang tidak kalah cantiknya dalam hal reputasinya sebagai kota romantis.

Status tersebut tidak jauh dari keberadaan ‘jembatan cinta’ Rialto Bridge dengan tradisi dan legendanya yang mengisahkan bahwa bila pasangan kekasih saling menyatakan rasa cintanya serta berciuman—terutama tepat di saat matahari terbenam—di bawahnya, mereka akan menjadi pasangan yang bertahan selamanya dan abadi hingga maut memisahkan. Rialto Bridge menjadi saksi bisu abadi bagi para pasangan kekasih memanfaatkan momen untuk mengekalkan cerita cinta mereka menjelang dan pengujung senja. Tak ayal banyak pasangan kekasih dan suami istri yang berkunjung demi menjelajahi atmosfer keromantisan Venesia. Pengalaman yang dirasakan dengan sensasi asmara, tidak pelak dapat menghadirkan rasa terkesima itu sekali lagi dan mengingatkan saat seseorang jatuh cinta untuk pertama kalinya kepada pasangannya. Dan bagi mereka yang rasa sayangnya belum memudar, bisa jadi perasaan itu bertambah berlipat ganda hingga mungkin tak terbendung lagi. Ini menjadi pesona yang ‘dijual’ oleh Venesia. Venesia dengan julukan kota apung atau kota air Italia, dan juga dikenal sebagai ‘Kota Gondola’ tidak pernah mengabaikan peranan Grande Canal sebagai jalur transportasi utama. Semenjak dahulu, Venesia dikenal luas sebagai wilayah perdagangan maritim yang kuat sehingga sampai sekarang tidak mengherankan bila daya tarik perairannya tetap memikat wisatawan yang ingin menjajal pengalaman unik untuk bertransportasi menggunakan perahu tradisional khas Italia seperti keseharian para warga Venesia. Gondola memang menjadi simbol istimewa Venesia. Wisata air di atas gondola menelusuri sungai-sungai bersih Venesia diramaikan pula oleh pendayung perahu yang disebut gondolier yang beberapa di antaranya memiliki suara emas dan dengan senang hati menghibur wisatawan sambil menyanyi ala opera diiringi alunan akordion nan merdu, maka lengkaplah sudah predikat sebagai salah satu dari kota-kota di Eropa yang paling romantis.

Italia jelas tersohor dengan kemeriahannya berkat berbagai festival dan karnaval yang nyaris diadakan sepanjang tahun dan hampir di seluruh pelosoknya, begitu pula yang diselenggarakan di Venesia. Karnaval Topeng Venesia merupakan salah satu acara tahunan yang dimulai sejak empat puluh hari sebelum Hari Paskah dan berakhir saat Mardi Gras alias Martedi Grasso atau festival menyambut hari Rabu Abu. Pesta topeng dan kostum yang spektakuler dan gemerlap tersebut menjadi atraksi menarik yang juga melestarikan tradisi masa lalu Venesia. Kota bersejarah dan berperan penting dalam perkembangan musik opera serta simfoni klasik ini juga memiliki Piazza San Marco yang lebih termasyhur dengan nama St. Mark Square sebagai alun-alun utama Kota Venesia nan cantik dengan banyak pengunjung.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s