Tips Berhura Hemat di Kota-Kota Eropa

Siapa yang tidak suka jalan-jalan? Sekedar menikmati angin sore di pinggir sawah atau hanya iseng-iseng nongkrong di alun-alun saja bisa membuat kita hepi dan santai. Bagaimana jika kita ganti tempat jalan- jalan dan nongkrong dari hanya sekedar sawah dan alun-alun menjadi kota-kota di Eropa nan eksotis seperti Paris, London, Berlin, Wina, Praha atau Roma? Wah tentunya bisa menghirup udara di Eropa menjadi impian tersendiri bagi kita semua. Eropa yang merupakan benua beriklim sub tropis memiliki empat musim yang tentunya sangat berbeda dengan negara kita yang hanya memiliki dua musim yakni panas dan dingin. Selain itu, bangsa yang sebagian besar berkulit putih dan memiliki kebudayaan dan peradaban yang maju menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Asia terutama Indonesia untuk sekedar merasakan beberapa hari tinggal di benua itu. Terlebih lagi dengan bangunan-bangunan kuno nan ajaib seperti Eiffel Tower, Pisa, Louvre Museum dan Westminster Abbey menghipnotis pengunjung bak hidup di negeri dongeng.

Ya, berwisata ke kota-kota di Eropa memang terdengar sangat menarik. Tak ayal banyak sekali artis yang diliput oleh infotainment menikmati berwisata ke negara-negara Eropa. Namun demikian, mengingat negara kita dan negara-negara di Eropa berada di belahan bumi yang berbeda yakni di barat dan timur serta terpisahkan oleh luasnya samudera, mengunjungi Eropa bisa jadi impian mahal bagi sebagian besar orang. Jika anda berencana mengunjungi Eropa dalam waktu dekat ini namun tidak ingin menguras habis tabungan anda, alias berwisata hemat namun tetap berkesan beberapa cara bisa anda lakukan.

Ya, kurang ilmu dan pengalaman bisa jadi bumerang yang ampuh, termasuk berkelana di negeri orang. Jika kita tidak cermat memanfaatkan kesempatan emas dan menyiasati beberapa hal yang seharusnya bisa kita atur, sudah pasti berkelana di Eropa akan menguras habis tabungan anda. Berikut ini beberapa tips sebelum anda berangkat ke salah satu kota-kota di Eropa :

1. Perkaya diri anda dengan berbagai informasi penting mengenai hal-hal detail kota yang akan anda kunjungi seperti tarif sarana transportasi, biaya menginap, tiket masuk beberapa tempat wisata, dan harga makanan yang tersedia. Perhatikan pula aspek alam seperti musim yang sedang terjadi, suhu, dan event yang sedang terjadi. Peak seasons seperti natal, tahun baru, olimpiade, paskah dan sebagainya mengindikasikan bahwa kota terrsebut akan ramai dikunjungi banyak orang. Sebaiknya anda jangan kesana saat musim peak seasons karena selain kota tersebut penuh, harga-harga penginapan dan makanan pun akan naik.

2. Cepatlah tanggap terhadap promo-promo spesial yang ditawarkan maskapai penerbangan kita. Jangan terlebih dahulu menolak penerbangan ke kota yang bukan menjadi impian kita. Pasalnya di Eropa terutama Eropa Barat terdapat tiket kereta api sinkronisasi berbagai negara-negara di Eropa barat yakni Eurail Pass. Hal ini tentu saja akan semakin memudahkan kita untuk mengunjungi berbagai neggara sekaligus dengan menggunakan satu tiket kereta api. Jadi tidak masalah kita akan landing dimana karena dengan kereta api Eurail Pass kita tetap bisa ke kota-kota di Eropa lainnya.

3. Belajarlah untuk hidup mandiri seperti menyuci baju sendiri selama di kota tujuan karena hal ini akan menghemat biaya laundry. Kita pun dapat membawa sabun cuci dari rumah. Selain itu bawalah berbagai makanan yang bisa kita santap di sana seperti mie instan, abon sapi, sarden, dan lain sebagainya. Selain irit, kita pun bisa melampiaskan rasa rindu kita terhadap makanan nusantara.

Selamat Berlibur!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s