Cara Mudah Belajar Past tense

Belajar bahasa inggris sudah menjadi kewajiban. Mengapa banyak orang harus mempelajari bahasa inggris yang baik dan benar? Kini bahasa inggris merupakan bahasa internasional. Banyak sekolah yang sudah mengajarkan anak didiknya berbahasa inggris. Hampir semua Negara menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa yang sering digunakan. Anda tentu tidak boleh ketinggalan juga, anda harus mempelajari bahasa inggris agar anda bisa berkomunikasi dengan baik saat ini. Apa yang harus diketahui ketika kita mempelajari bahasa inggris? Bahasa inggris juga mempunyai pola kalimat yang berbeda dengan bahasa Indonesia. Susunan kalimat bahasa inggris tersebut sering disebut sebagai tense. Ada beberapa jenis atau pola tense yang didasarkan pada waktu. Salah satu bentuk tense atau pola kalimat dalam bahasa inggris adalah pola past tense.

Definisi Past Tense dan Jenisnya

Sebelum anda mengetahui lebih lanjut tentang past tense, anda sebaiknya tahu definisi dari past tense itu terlebih dahulu. Pola kalimat ini adalah kalimat yang digunakan untuk menyatakan sebuah peristiwa yang terjadi di masa lampau. Waktu lampau disini tidak selalu berhubungan dengan waktu yang sangat lama tetapi bisa juga digunakan untuk menyatakan peristiwa yang baru saja terjadi. Pola kalimat ini sendiri dibagi menjadi 4 jenis yaitu:

  • Simple past atau yang sering disebut sebagai past tense
  • Past continous tense.
  • Past Perfect Tense
  • Past Perfect Continuous Tense

Rumus kalimat pola past tense ini sangat mudah diingat. Berikut ini adalah pola kalimat dari simple past atau yang disebut sebagai past tense:

  • Untuk kalimat positif anda hanya perlu S + V2
  • Untuk kalimat negative anda hanya perlu membuat pola S+ did not+V1
  • Untuk kalimat tanya anda membutuhkan Did+S+V1

Bagi anda yang belum mengetahui apa itu V2, anda harus memahami sekarang juga. V2 adalah bentuk kata kerja kedua. Anda bisa membuka kamus dan melihat aturan kata kerja dalam bahasa inggris.

Contoh Penggunaan Kalimat Past Tense

Kalimat past tense merupakan salah satu kalimat yang banyak digunakan oleh orang. Tentu kita sering mengatakan atau menceritakan peristiwa di masa lalu atau dua hari yang lalu. Kita harus menggunakan pola kalimat ini untuk menjelaskan pada orang lain. Banyak orang yang masih bingung dan menganggap bahwa kalimat dengan pola ini sangat rumit. Benarkah kalimat ini sangat sulit untuk dibuat? Jawabannya tentu tidak. Anda bisa mempelajari terlebih dahulu pola kalimat ini agar anda bisa membuat kalimat dengan pola yang benar. Kita bisa belajar dengan mudah jika kita melihat beberapa contoh penggunaan kalimat dibawah ini:

  • I released my first album on July 4th 2010

Dalam kalimat diatas terjemahannya adalah saya meluncurkan album pertama saya pada tanggal 4 juli 2010. Peristiwa ini sudah terjadi di masa lampau oleh karena itu kata kerja yang digunakan adalah kata kerja + ed (V+ed). Kata kerja akan menjadi release +ed = released.

Kata kerja “release” termasuk kategori kata kerja yang beraturan jadi kata kerja bentuk keduanya hanya tinggal ditambah dengan ED. Tidak semua kata kerja bisa ditambahkan dengan –ed. Oleh karena itu anda harus tahu kata kerja yang beraturan dan tidak beraturan. Lalu manakah yang termasuk dalam kata kerja yang tidak beraturan? Kita bisa mengetahui dengan melanjutkan ke penjelasan selanjutnya.

Contoh lainnya yang kita harus cermati adalah pada kalimat dibawah ini:

  • I saw my father standing there
  • My Mother bought this car last two year
  • He went school two minutes ago

Penjelasan dari contoh kalimat diatas adalah sebagai berikut:

Pada kalimat pertama kita melihat bahwa kata kerja yang ada disana “saw”.”saw” adalah bentuk kedua dari kata kerja “see”. “See” merupakan jenis kata kerja yang tidak beraturan. Oleh karena itu anda tidak bisa sesuka hati menambahkan imbuhan –ed di kata kerja tersebut. Lalu bagaimana pola kata kerja “see” ini?

Bentuk pertama atau V1 = See

Bentuk Kedua atau V2 = Saw

Bentuk ketiga atau V3 = Seen

Pada kalimat kedua kita melihat bahwa kata kerjanya “bought”. Apa bentuk pertama dari kata bought? Kata “bought” adalah bentuk kedua dari “buy”. Buy juga merupakan kata kerja tidak beraturan. Kata yang tidak beraturan tidak bisa ditambahkan dengan imbuhan –ed. Pola dari kata kerja ini adalah sebagai berikut:

Bentuk pertama atau V1 = buy

Bentuk kedua atau V2 = bought

Bentuk ketiga atau V3 = bought

Pada kata buy, bentuk V2 dan V3 adalah bought. Ada beberapa kata kerja bentuk kedua dan ketiga yang tidak berubah. Lain halnya dengan kata kerja bentuk kedua dan ketiga pada kata See. Oleh karena itu, anda harus selalu melihat kata kerja di kamus dan anda akan menggunakan kata kerja bentuk kedua yang benar.

Pada kalimat ketiga, kita mengetahui bahwa kata kerja adalah went. “Went” adalah bentuk kedua dari go. Go adalah salah satu kata kerja yang tidak beraturan sehingga kata kerjanya tidak bisa ditambah dengan imbuhan –ed. Berikut ini adalah pola kata kerta go:

Bentuk pertama atau V1 = go

Bentuk kedua atau V2 = went

Bentuk ketiga atau V3 = gone

Pada kata kerja “go” bentuk kata kerja kedua dan ketiga juga berbeda. Kata kerja ini tidak beraturan. Oleh karena itu anda harus melihat kamus bahasa inggris untuk mengetahui daftar kata kerja beraturan dan kata kerja tidak beraturan.

Setelah kita melihat beberapa contoh diatas, anda kini sudah semakin mengerti apa yang dimaksud dengan past tense dan cara untuk menggunakannya.

Banyak penjelasan yang bisa kita baca dan cermati terlebih dahulu. Menggunakan bahasa inggris bukan hal yang sulit. Kita hanya perlu selalu membaca, berlatih dan mempraktekkannya. Pola kalimat bahas inggris hampir sama dengan bahasa Indonesia. Anda harus sering membaca beberapa kata baru dalam bahasa inggris agar kosakata anda semakin kaya. Dalam percakapan bahasa inggris kita tentu sering mengatakan kalimat tentang masa lalu atau waktu yang telah berlalu. Anda harus membedakan kalimat bentuk lampau yang bisa digunakan untuk waktu yang sangat lampau, atau untuk mengatakan kegiatan yang terjadi di masa lalu tetapi masih anda lakukan hingga hari ini. Anda juga bisa membaca pola kalimat past yang digunakan untuk menanyakan hal tertentu tentang masa lalu dan juga membuat kalimat bentuk lampau yang negatif. Jika anda ingin melihat penjelasan tentang past tense secara lebih jelas, anda bisa mencari penjelasannya di internet atau di beberapa buku tentang belajar bahasa inggris. Ada beberapa jenis past tense lainnya yang masih bisa anda kuasai dan pelajari. Anda harus selalu belajar dengan membuat contoh dalam kalimat agar anda semakin lancar menggunakan pola kalimat ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s