Berkenalan Lebih Dekat dengan Past Tense

Belajar Bahasa Inggris tak dipungkiri menjadi semacam momok yang mengerikan bagi sebagian orang. Jikalau pelajaran Bahasa Inggris hanya terdiri dari singing alias menyanyi dan watching movie atau menonton film berbahasa Inggris, mungkin Bahasa Inggris akan menjadi mata pelajaran favorit semua anak. Mempelajari Bahasa Inggris memang tidak mudah, namun juga tidak sulit. Pasalnya, Bahasa Inggris mudah ditemui dimana-mana. Wajarlah karena Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang banyak digunakan dalam hampir semua bidang seperti pendidikan, ekonomi, bisnis, hukum, psikologi, kesehatan, dan sebagainya. Pada umumnya, belajar Bahasa Inggris terdiri dari empat skills  utama yakni reading, writing, speaking dan listening. Empat macam ketrampilan utama ini semuanya telah dirumuskan baik indicator maupun materi di sekolah-sekolah berbagai jenjang mulai dari SD, SMP, SMA yang dinamakan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SK KD). Di dalam SK KD tersebut, banyak materi fungsional yang mengangkat topik-topik keseharian. Perihal grammar atau tata baku aturan kalimat dalam Bahasa Inggris kini mulai ditinggalkan oleh para perumus materi Bahasa Inggris di sekolah karena mempelajari hal ini tidaklah efektif dan semakin mempersulit anak.

Pentingnya Mengetahui dan Memahami Past Tense

Walaupun grammar kini mulai ditinggalkan oleh para praktisi maupun penysun materi Bahasa Inggris di sekolah-sekolah berbagai jenjang, namun pengetahuan dasar mengenai grammar tetaplah dibutuhkan. Pasalnya, dalam Bahasa Inggris, saat seseorang ingin mengutarakan atau menuliskan suatu pikiran dalam sebuah kalimat, tentu saja struktur dari kalimat tersebut haruslah benar. Hal ini tentu saja dikarenakan apabila struktur dari kalimat tersebut berbeda dengan makna yang ingin disampaikan, maka pembaca atau pendengar pun bisa jadi akan salah persepsi dan salah menangkap maknanya. Contoh yang paling gampang adalah kasus yang diilustrasikan sebagai berikut :

I was a student.

Kalimat di atas adalah salah satu jenis kalimat past tense. Past tense merupakan salah satu bagian dari aturan grammar dalam Bahasa Inggris yang bermakna mengisyaratkan kegiatan yang telah selesai dilakukan pada masa lampau, entah itu beberapa detik yang lalu, beberapa menit yang lalu, bahkan ribuan tahun yang lalu. Past tense sering sekali digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain tentang apa-apa yang telah dilakukan. Untuk kasus ini, I was a student mengisyaratkan makna yang lain dari I am a student. Jikalau si penulis atau pembicara mengatakan I was a student namun makna yang dimaksud adalah Saya adalah seorang siswa, maka bisa dipastikan si pendengar akan salah menangkap maknanya. I was a student jika diartikan dalam Bahasa Indonesia adalah Saya dulunya seorang siswa. Hal ini tentunya tidak tepat dengan makna yang ingin disampaikan, padahal si pembicara saat itu berstatus seorang siswa.

Inilah mengapa para pembelajar Bahasa Inggris harus mengerti dan paham mengenai grammar terutama tata aturan kalimat dalam Bahasa Inggris, seperti past tense misalnya. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat memacu pembelajar Bahasa Inggris untuk lebih memahami past tense :

1. Setiap hari, kebanyakan orang akan mengatakan apa yang sudah dilakukannya dari pada apa yang akan dilakukannya. Ini berarti, teori dan praktek tata aturan past tense haruslah dikuasai. Hal ini tentu saja penting, apalagi bagi mereka yang ingin meneruskan sekolah atau tinggal di lingkungan masyarakat yang berbicara Bahasa Inggris.

2. Di dalam teori pelajaran di sekolah seperti narrative, recount, news, spoof dan lain sebagainya, seluruh kalimat menggunakan kalimat past tense.Narrative misalnya, merupakan cerita dongeng, fiksi atau fable yang identic dengan kalimat-kalimat past tense karena cerita-cerita ini dianggap sudah terjadi di masa lampau. Recount merupakan jenis teks yang berisi cerita pengalaman masa lalu seseorang. Bukan alasan mengapa recount dimasukkan dalam materi pelajaran sekolah, karena menceritakan pengalaman adalah skill yang harus dikuasai para siswa. Teks ini pun tak beda dengan narrative yang harus dituliskan dan diucapkan dengan menggunakan past tense atau kalimat masa lampau. Untuk teks news atau berita, tentunya akan ditulis dan diucapkan dengan menggunakan past tense karena news merupakan pemberitaan kejadian yang telah terjadi. Sedangkan untuk spoof atau yang dikenal dengan cerita humor pengalaman seseorang, tentunya juga harus diutarakan dan dituliskan dalam bentuk past tense.

3. Past tense memiliki bentuk kalimat khusus dimana modifikasi kalimat terletak pada kata kerja (verb) nya. Sedangkan kata kerja (verb) terdiri dari dua macam yakni regular verb (kata kerja beraturan) dan irregular verb (kata kerja tak beraturan). Regular verb atau kata kerja beraturan adalah kelompok kata kerja yang cukup diberi akhiran –ed dalam penggunaan past tense nya. Ilustrasinya adalah sebagai berikut ini :

study English – (Present Tense), bermakna ‘Saya belajar Bahasa Inggris’.

studied English – (Past Tense), bermakna ‘Saya dulu belajar Bahasa Inggris’.

Sedangkan untuk irregular verb atau kata kerja tak beraturan, verb (kata kerja) tidak bisa diberi akhiran –ed untuk menggunakannya dalam kalimat past tense. Dibutuhkan pengetahuan dan banyak latihan untuk mengenali karakteristik kata kerja tak beraturan ini. Untuk lebih jelasnya bisa disimak dari ilustrasi berikut ini :

She goes to school – (Present Tense), bermakna ‘Dia (perempuan) pergi ke sekolah’.

She went to school – (Past Tense), bermakna ‘Dia sudah pergi ke sekolah’.

Untuk lebih jelasnya mengenai berbagai karakteristik perubahan berbagai macam kata kerja tak beraturan ini (irregular verbs) dapat dilihat di berbagai kamus Bahasa Inggris.

Hal-hal yang Perlu Diingat dalam Mempelajari Past Tense

Ada beberapa hal yang perlu diingat saat mempelajari past tense yakni :

1. Ingatlah selalu bahwa past tense merupakan jenis kalimat yang paling sering digunakan oleh para native speaker (orang yang sejak lahir berbicara Bahasa Inggris). Seperti yang telah disebutkan di atas, orang cenderung akan membicarakan hal-hal yang telah dilakukannya dari pada membicarakan hal-hal yang sedang atau akan dilakukannya. Untuk itu, penting untuk mengenal dan memahami past tense ini.

2. Beda struktur kalimat, beda maknanya. Itulah peraturan dalam Bahasa Inggris. Berbeda dengan bahasa kita yang fleksibel dan tidak terikat dengan aturan waktu. Dalam bahasa Inggris, waktu sangatlah penting, sehingga kalimat yang digunakan untuk menyatakan tindakan sekarang, besok, yang telah lalu, yang sedang terjadi tentunya akan berbeda.

3. Dalam past tense, permasalahan utama yang harus diperhatikan hanyalah masalah perubahan verb (kata kerja) apakah cukup tinggal diberi akhiran –ed, ataukah harus diubah menjadi kata lain seperti pada kasus kata go di atas. Untuk masalah subjek atau pelaku entah itu , I, she, he, they, we atau it, semuanya dianggap sama. Cukup simple sebenarnya bukan?

4. Dalam menghapal irregular verbs, jangan ‘wayangan’ alias menghapal dalam semalam, karena dijamin setelah beberapa hari ingatan tersebut akan hilang. Cara yang paling efektif adalah dengan sering mengucapkan atau menuliskannya dan sering membaca tulisan Bahasa Inggris yang pastinya akan banyak memunculkan berbagai kata tersebut.

Nah, kini tak ada lagi kerumitan dalam mempelajari past tense, bukan? Selamat belajar!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s