Belajar Kombinasi Kalimat Past Tense

Di era modern ini banyak orang yang selalu ingin mengikuti perkembangan jaman. Anda sebaiknya tidak hanya mengikuti trend rambut, wajah, make up, pakaian, sepatu dan gaya hidup lainnya. Anda juga perlu memikirkan tentang diri anda dan masa depan anda. Anda akan perlu berkomunikasi dengan orang lain dimana dan kapan saja. Anda tidak hanya akan tinggal di Indonesia. Kini banyak orang yang mencoba belajar bahasa inggris. Bahasa inggris sudah sangat terkenal dan banyak digunakan di berbagai belahan dunia. Bahkan bahasa inggris menjadi salah satu bahasa yang digunakan di taman kanak-kanak atau taman bermain. Bahasa ini juga menjadi bahasa internasional paling banyak digunakan. Mengapa kita sangat perlu mengetahui bahasa inggris? Berikut ini alasan mengapa kita harus mempelajari bahasa inggris:

Pertama kita perlu mempelajari bahasa inggris karena bahasa inggris merupakan bahasa yang paling banyak digunakan sehingga ketika kita bisa menggunakan bahasa inggris, kita akan dengan mudah berkomunikasi dengan hampir semua orang dari berbagai belahan dunia.

Kedua, mengapa kita perlu berbahasa inggris karena banyak alat-alat elektronik dan instruksi dalam berbagai produk yang menggunakan bahasa inggris. Jika kita tidak mengerti tentang bahasa inggris maka kita tidak bisa menggunakan produk elektronik tersebut atau kita tidak bisa menggunakan dengan cara yang baik.

Ketiga, kegunaan bahasa inggris tentu beragam mulai dari membuat kita bisa membuat cerita dalam bahasa inggris, menceritakan cerita dalam bahasa inggris dan melakukan kegiatan lainnya. Bahasa inggris ini banyak sekali kegunaannya.

Kita tentu harus mengetahui cara menggunakan kalimat bahasa inggris dengan baik dan benar. Past tense merupakan salah satu pola kalimat yang banyak digunakan. Past tense digunakan untuk menyatakan suatu kegiatan yang sudah berlangsung pada waktu yang telah lampau. Ada beberapa jenis past tense yang banyak digunakan. Anda harus tahu beberapa jenis dan kombinasi past tense berikut ini.

Beberapa Jenis Past Tense dan Kombinasinya

Ada beberapa jenis past tense yang banyak digunakan. Kita akan mempelajari jenis-jenis pola kalimat lampau berikut ini:

Simple past. Ini adalah bentuk dasar yang sangat mudah karena polanya sangat sederhana. Anda hanya perlu menggunakan kata kerja bentuk kedua untuk membuat kalimat simple past. Anda tentu bisa memahami tentang kalimat ini dengan baik dengan cara melihat contoh kalimat ini:

“My mother agreed with me”

Kalimat ini artinya ibu saya setuju dengan saya. Dari kalimat diatas, kita bisa melihat pola sebagai berikut: S = My Mother

V2 =Agreed

Pola kalimat Simple Past adalah S+ V2. Kata Agreed adalah bentuk kedua dari kata Agree dan “Agree” merupakan kata kerja beraturan yang kata kerja bentuk keduanya bisa langsung diberi imbuhan –ed.

Past Progressive atau sering disebut sebagai Past Continuous. Kalimat dengan pola ini banyak digunakan untuk menyatakan kejadian yang dimulai pada masa lampau dan dilanjutkan di masa sekarang dan baru selesai saat ini. Contoh kalimat dengan pola ini adalah:

My mother was not agreeing with me

Artinya: ibuku sudah tidak setuju saat ini.

Past perfect adalah jenis past tense yang ketiga. Pola kalimat ketiga ini digunakan untuk menyatakan kejadian yang  dimulai saat lampau dan telah berlangsung lama. Contoh kalimat dengan pola ini adalah

My Mother had agreed with me

Artinya:Ibuku setuju denganku

Past Perfect Progressive adalah bentuk keempat dari past tense. Kalimat dengan pola ini digunakan untuk menyatakan kejadian yang telah terjadi di masa lampau dan dilanjutkan tetapi sekarang sudah tidak terjadi lagi.

My mother had been agreeing with me

Artinya: ibuku pernah setuju denganku.

Past Habitual adalah jenis past tense lainnya. Past habitual ini digunakan untuk menyatakan kegiatan yang selalu terjadi berulang-ulang di masa lampau.

My mother uset to agree with me

Artinya: ibuku selalu setuju denganku

Kalimat Negatif dan Tanya Past Tense

Kita tidak hanya harus bisa membuat kalimat positif past tense tetapi kita juga harus bisa membuat kalimat pola past tense dengan pola negative dan kalimat tanya. Berikut ini ada penjelasan tentang pola kalimat negative dan tanya yang bisa membuat anda semakin ahli dalam menggunakan past tense.

Pola kalimat negative past tense adalah = S+did+not+V1

Contoh kalimatnya = I saw my brother standing there.

Pada kalimat diatas kita melihat bahwa kata kerjanya “saw”, jika kita ingin membuat kalimat negative dari contoh kalimat diatas maka anda harus menerapkan pola atau rumus kalimat negative diatas atau akan menjadi:

I did not see my brother standing there.

Dalam kalimat negative diatas, kita melihat bahwa kata “saw” telah diganti dengan kata “see” yang tidak lain adalah kata kerja bentuk pertama.  Untuk mengetahui bentuk kata kerja pertama atau kedua anda harus mempelajari dan banyak membaca tentang kata kerja di kamus bahasa inggris.

Jika anda ingin tambah pintar dalam menggunakan kalimat past tense negative, anda bisa berlatih dengan dua kalimat dibawah ini:

  • She bought the book two days ago
  • She went to school two minutes ago

Jika anda tidak ingin membuat kalimat negative tetapi anda bisa membuat kalimat tanya. Kalimat tanya past tense juga sangat mudah untuk dibuat. Anda hanya tinggal membalik kata “did” di depan subject. Pola kalimat tanya past tense akan menjadi sebagai berikut:

Did+ S+V1

Contoh kalimat postif = My mother bought the recipe book last day

Contoh kalimat tanya= did  my mother buy the recipe book last day?

Kalimat tanya sangat mudah dibuat dan anda bisa juga menambahkan kata where, why dan when sehingga hasilnya akan seperti ini:

  • When did my mother buy the recipe book?
  • Where did my mother buy the recipe book?
  • Why did my mother buy the recipe book?

Anda bisa membaca keterangan lebih lanjut tentang past tense dengan sangat mudah. Banyak sekali penjelasan di internet atau di beberapa buku. Anda juga bisa melihat lebih banyak contoh kalimat tentang past tense ini. Semakin banyak contoh yang anda baca dan pelajari maka akan semakin banyak kalimat past tense yang bisa anda pahami. Anda juga semakin mahir dalam membedakan beberapa jenis kalimat sesuai dengan polanya. Anda bisa dengan mudah menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari atau menuliskan dalam bentuk kalimat. Anda tidak cukup belajar bahasa inggris dengan balajar past tense saja karena bahasa inggris sangat kaya dengan jenis dan pola kalimat yang lain. Ada banyak jenis pola kalimat lainnya yang harus dipelajari. Sebaiknya anda mulai dari bentuk dasar pola kalimat bahasa inggris sampai dengan yang paling rumit. Anda bisa mencoba menggunakan dalam percakapan sehari-hari dan anda akan semakin lancar berbahasa inggris.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s