Belajar Kalimat Past Tense

Bahasa Inggris sudah dipergunakan secara luas didunia dan bahkan diakui sebagai salah satu bahasa yang resmi yang dipergunakan diseluruh badan dunia seperti PBB. Untuk masyarakat Indonesia bahasa Inggris sudah mulai diperkenalkan sejak taman kanak-kanak yaitu dengan pengenalan kosakata Bahasa Inggris yang sederhana seperti nama buah dalam bahasa Inggris. Secara umum, pelajar Indonesia merasa kesulitan dalam belajar Bahasa Inggris karena dalam bahasa Inggris ada pembedaan waktu yang menyebabkan perbedaan tenses atau penggunaan kata kerja yang bentuknya berbeda-beda. Jika dalam bahasa Indonesia kita tidak memerlukan perubahan kata kerja yang sesuai dengan waktu atau masa yang kita butuhkan hanya penanda waktu. Contoh yang paling sederhana ketika kita ingin bilang bahwa kita pergi ke Bali. Jika dipergunakan untuk menyatakan bahwa kita pernah pergi ke Bali di masa lalu maka kalimat yang bisa kita pergunakan adalah “Saya pergi ke Bali dua hari yang lalu”, dimasa depan: “Saya akan pergi ke Bali minggu depan”. Berbeda dengan Bahasa Indonesia, maka dalam Bahasa Inggris penanda waktu yang dipergunakan biasanya adalah perubahan kata kerja, penggunaan will / be+going to, dan kadang disertai penanda keterangan waktu (adverb) sehingga kalimatnya menjadi “I went to Bali two days ago” untuk masa lalu dan “I will go to Bali next week” untuk masa depan. Bagi orang yang tidak terlahir dalam keluarga yang mempergunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa ibu atau bahasa utama, maka sangat sulit belajar bahasa Inggris apalagi dalam bahasa Inggris ada tenses-tenses yang terbukti cukup membuat pusing para pelajar ketika harus menyusun sebuah kalimat yang merujuk kemasa lalu. Salah satu yang cukup membuat pusing setiap orang yang ingin belajar bahasa Inggris adalah Past Tense. Kalimat Past Tense digunakan untuk menyatakan kegiatan atau fakta yang terjadi dimasa lampau. Jangan berpikir masa lampau yang bisa digunakan dalam kalimat ini adalah beberapa puluh tahun yang lalu karena semenit yang lalu saja sudah dianggap lampau dalam Bahasa Inggris. Kalimat Past Tense ada empat jenis yaitu Simple Past atau disebut Part Tense saja, kemudian ada Past Continuous Tense yang menyatakan kegiatan yang sedang berlangsung di masa lampau, Past Perfect Tense yang dipergunakan untuk menyatakan kegiatan yang selesai dimasa lampau dan terakhir adalah Past Perfect Continous Tense. Sekarang kita akan membahas kalimat masa lampau yang paling mudah saja yaitu Simple Past Tense

Apa itu Simple Past Tense dan Apa Kegunaannya

Simple Past Tense adalah sebuah kalimat yang dipergunakan untuk menyatakan kegiatan yang terjadi dimasa lampau. Contoh Simple Past Tense adalah sebagai berikut : 1. I ate applee two minutes ago (saya makan apel dua menit yang lalu), 2. I did my homework last night (saya mengerjakan PR saya tadi malam), 3. I studied biology yesterday (Saya belajar biologi kemarin). Dari beberapa contoh tersebut bisa dianalisis rumus dasar kalimat Simple Past Tense yaitu sebagai berikut:

Subject + V2

Untuk kalimat negative maka rumusnya menjadi:

Subject + did not + V1

Sehingga kalimat negatif dari contoh-contoh diatas menjadi: 1.  I did not eat apple two minutes ago, 2. I did not do my homework last night, 3. I did not study biology yesterday. Sementara itu untuk kalimat tanya maka rumusnya menjadi:

Did + Subject + V1 + ?

Sehingga kalimat tanya dari cintoh-contoh diatas menjadi: 1. Did you eat apple two minutes ago?, 2. Did you do your homerwork last night? 3. Did you study biology yesterday?

Bisa dilihat dari contoh-contoh diatas memang perubahan yang terjadi tidak hanya semata perubahan kata kerja naum juga lebih dari itu seperti subjek dari “I” menjadi “you” oleh sebab itu banyak orang yang ingin belajar bahasa Inggris menjadi bingung dan kesulitan. Kesulitan itu semakin manjadi ketika kata kerja yang digunakan adalah kata kerta tidak beraturan atau irregular verb. Jika kata kerja yang dipergunakan kata kerja reguler maka mudah diingat karena cukup ditambahi d/ed saja dibelakangnya seperti work – worked, watch – watched, dsb. Namun kata kerja tidak beraturan seperti “go”, “take”, dan “buy” tidak bisa begitu saja ditambahi d/ed.

V1        V2        V3

go        went     gone

take      took     taken

buy       bought  bought

untuk mempergunakan kata kerja tidak beraturan ini maka satu-satunya cara adalah dengan menghapalkannya. Ada banyak kata kerja tidak beraturan yang ada di dalam Bahasa Inggris dan anda bisa langsung membacanya dari kamus Inggris yang anda punyai karena biasanya dibagian belakang pasti ada daftar kata kerjanya. Memang agak susah untuk menghapal kata kerja yang tidak teratur ini namun dengan sedikit ketekunan maka akan bisa dihapalkan. Cara yang paling cepat untuk menghapal kata kerja tidak beraturan ini serta menghapal rumus kalimat Past Tense maka latihan membuat kalimat adalah yang paling cocok. Dengan semakin banyak berlatih maka kemampuan membuat kalimat bahasa Inggris akan meningkat dan secara otomatis membuat pandai.

Kata Keterangan Yang Biasa Dipakai Dalam Kalimat Simple Past Tense

Ada satu hal lagi yang perlu diperhatikan saat membuat kalimat Simple Past Tense yaitu penggunaan kata keterangan atau adverbs. Sebenarnya tanpa kata keteranganpun sudah bisa ditebak bahwa kegiatan tersebut berlangsung di masa lampau jika mempergunakan kata kerja bentuk lampau V2, namun kadang kata keterangan diperlukan jika tekanan pada keterangan waktu diperlukan seperti “I ate apple two minutes ago” dikalimat ini pembicara menekankan bahwa dia makan apple dua menit yang lalu, bukan kemarin atau tahun yang lalu. Berikut ini daftar kata keterangan yang biasa dipergunakan dalam kalimat Simple Past Tense:

Yesterday         = kemarin

… ago              = …yang lalu

Last Monday     = senin lalu, dll

Last week         = minggu lalu

Last year           = tahun lalu

Dsb…

Penggunaan kata keterangan tersebut bisa ditambahkan atau tidak tergantung dari konteks kalimat. Ada yang suka menambahkan kata keterangan ini karena membuat kalimat mudah dipahami dan dimengerti namun walaupun tidak ditambahi sekalipun, pendengar sudah pasti paham bahwa apa yang diucapkan itu sudah terjadi dimasa lampau dan bukan saat sekarang. jika anda belum bisa paham dengan penjelasan singkat diatas, maka anda bisa buka sekali lagi buku pelajaran SMP anda dan pelajari bagian kalimat Simple Past Tense atau anda bisa mencari contoh-contoh kalimat Simple Past Tense dari internet dan kemudian mencoba untuk menganalisanya berdasarkan rumus-rumus yang ada diatas. Belajar bahasa perlu proses dan anda tidak akan pernah bisa mahir berbahasa Inggris tanpa berlatih yang cukup. Maka sering-seringlah berlatih Bahasa Inggris dengan teman anda agar cepat mahir berbicara Bahasa Inggris khususnya membuat kalimat Simple Past Tense.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s