Simple Past Tense

Berbeda dengan tata bahasa pada Bahasa Indonesia, dalam Bahasa Inggris, kata kerja yang digunakan pada kalimat saat mengekspresikan sesuatu dibedakan menurut waktu terjadinya kejadian. Contohnya jika kejadian yang akan disampaikan merupakan kejadian sekarang atau kejadian sehari-hari, kita menggunakan present tense pada kalimat tersebut. Sedangkan kita ingin menyampaikan kejadian lampau, kalimat yang digunakan adalah bentuk past tense. Ada banyak bentuk kata kerja dalam Bahasa Inggris. Bentuk past tense and present tense merupakan 2 bentuk dasar yang juga digunakan dalam bentuk lain. Bentuk kata kerja yang lain adalah future tense dan continuous tense. Pada kesempatan ini bentuk past tense yang akan dibahas.

Rumus Simple Past Tense

Pada dasarnya, bentuk kalimat dalam bahasa Inggris terdapat tiga macam, yaitu bentuk positif (positive), bentuk negative (negative), dan bentuk kalimat tanya (interrogative). Masing-masing bentuk kalimat memiliki rumus yang dapat digunakan untuk mempermudah kita dalam berbahasa bahasa Inggris dengan grammar yang baik.

  • Bentuk Positive (+):
    • S+V2; Contoh kalimat: I slept last night. Tom walked to the town square.
    • I, She, He, It + was + Adjective/ V-ing; Contoh kalimat: She was studying math last year.
    • You, They, We +were + Adjective/ V-ing; Contoh kalimat: You were very funny.
  • Bentuk Negative (-):
    • S+ did not+ V1; Contoh kalimat: I did not sleep last night. Tom did not walk to the town square.
    • I, She, He, It + was not + Adjective/ V-ing; Contoh kalimat: She was not studying math last year.
    • You, They, We +were not + Adjective/ V-ing; Contoh kalimat: You were not very funny.
  • Bentuk Interrogative (?):
    • Did +S + V1?; Bentuk kalimat: Did I sleep last night? Did Tom walk to the town square?
    • Was + I, She, He, It + Adjective/ V-ing? Bentuk kalimat: Was she studying math last year?
    • Were + You, They, We + Adjective/ V-ing? Bentuk kalimat: Were you very funny?

Ada beberapa kata keterangan waktu yang dapat digunakan dalam bentuk kalimat past tense, seperti yesterday, last Monday, last September, last night, last week, two days ago, one hour ago, last month, last year, three days after, dan sebagainya. Kata keterangan waktu yang digunakan adalah waktu sesudah sekarang yang menunjukan kejadian yang lalu atau lampau.

Pada contoh-contoh di atas, kita melihat bahwa kata kerja yang digunakan adalah V2 atau Verb bentuk kedua atau kata kerja bentuk kedua. Kata kerja itu merupakan bentuk lampau kedua dari kata kerja bentuk pertama atau kata kerja dasar. Contohnya, kita akan menggunakan kata kerja sleep. Pada bentuk lampau, kita harus mengganti kata sleep dengan bentuk lampau keduanya, yaitu slept. Daftar kata kerja ini bisa dilihat di kamus bahasa inggris atau bisa juga kita cari di internet. Sebenarnya kata kerja dibagi menjadi tiga bentuk, yaitu kata kerja bentuk pertama atau kata kerja bentuk dasar, kata kerja bentuk kedua, dan kata kerja bentuk ketiga. Selain itu, kata kerja bentuk kedua dan ketiga ada 2 jenis, yaitu kata kerja beraturan dan kata kerja tidak beraturan. Kata kerja beraturan merupakan kata kerja yang tidak jauh berbeda dengan kata kerja bentuk pertamanya. Kata kerja bentuk kedua dan ketiga didapatkan dengan menambahkan sufiks –ed pada kata kerja bentuk pertama. Contohnya, study menjadi studied, learn menjadi learned, dan listen menjadi listened. Sedangkan pada kata kerja tak beraturan, berubahan dari kata kerja pertama, kedua dan ketiga tidak beraturan. Contohnya, sleep menjadi slept, go menjadi went kemudian gone untuk kata kerja bentuk ketiganya.

Penggunaan Simple Past Tense

Ada beberapa kriteria yang harus ada ketika kita akan menggunakan past tense. Hal ini berkaitan dengan berbagai fungsi dari past tense. Hal ini juga menentukan bentuk past tense yang harus digunakan.

1. Untuk menceritakan kejadian yang terjadi/ dimulai dan berakhir di masa lalu.

Ini merupakan fungsi dari past tense yang paling umum dan paling sederhana. Contohnya jika kita akan menceritakan liburan kita yang sudah berakhir kepada teman. Tata bahasa yang digunakan adalah bentuk lampau atau past tense. Kata kerja – kata kerja yang digunakan adalah kata kerja bentuk kedua. Selain itu, past tense juga digunakan dalam bentuk teks naratif seperti cerita dongeng.

Contoh kalimat:

  • I went to Bandung last holiday.
  • The crocodiles wanted to eat the mousedeer.
  • I went to the beach with my family and friends.
  • The princess met the frog and kissed him.

2. Untuk menjelaskan kejadian atau kegiatan yang sudah dilakukan.

Past tense dapat digunakan ketika kita harus menjelaskan suatu kejadian atau tindakan yang telah berakhir atau dilakukan pada orang lain.

Contoh kalimat:

  • Thomas arrived at the hospital yesterday.
  • I cooked the fried rice because I was very hungry.
  • She looked very pale so that we took her to the school health center.
  • I put the red glass on the table near the stove.

3. Untuk menceritakan kembali kebiasaan di masa lalu

Past tense bisa digunakan untuk menceritakan kebiasaan kita pada masa lalu yang sekarang sudah tidak menjadi kebiasaan kita lagi. Pada fungsi ini, kita bisa menggunakan kata keterangan waktu always, never, usually, often, yang biasanya digunakan pada present tense. Hal ini untuk menunjukan bahwa hal yang kita sampaikan merupakan kebiasaan, bukan hanya sebuah kejadian atau kegiatan yang terjadi sesekali pada masa lalu.

Contoh kalimat:

  • She always cried when she was a little girl.
  • He never went to the church before dating his girl.
  • They usually walked together to the class.
  • My father did not like to eat fried chicken.

4. Untuk menyatakan fakta yang ada pada masa lampau

Fakta bukan hanya mengenai sesuatu yang selalu terjadi untuk sampai sekarang, tetapi bisa juga merupakan fakta yang terjadi pada masa lalu dan sekarang sudah tidak ada atau terjadi lagi. Pada hal ini, kita harus menggunakan bentuk past tense.

Contoh kalimat:

  • She never liked to go to the beach.
  • My mother always cooked many foods on Sunday.
  • He always walked to the school before he bought his motorcycle.
  • My sister did not drink coffee.

Materi simple past tense di atas merupakan sebagian kecil dari penggunaan kata kerja bentuk lampau atau past tense. Materi ini juga merupakan contoh penggunaan past tense yang paling sederhana dan yang paling sering dipelajari pada bahasa Inggris tingkat dasar. Untuk menguasai penggunaan past tense yang lain seperti past continuous tense, past future tense, dan past perfect tense, kita harus terlebih dahulu menguasai penggunaan past tense tingkat dasar ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s