Rumus dan Penggunaan Simple Past Tense

Belajar bahasa Inggris saat ini sudah bukan lagi menjadi kewajiban melainkan kebutuhan yang harus dipenuhi mengingat globalisasi kini sudah menjadi tantangan bagi seluruh rakyat Indonesia di berbagai bidang kehidupan. Tanpa kemampuan berbahasa Inggris yang baik, tidak bisa dipungkiri bahwa rakyat Indonesia pada akhirnya akan mengalami kesulitan untuk memenangkan persaingan di dunia nyata. Pelajaran Bahasa Inggris mulai diajarkan semenjak sekolah menengah dan bahkan mulai dari sekolah dasar. Akan tetapi, ada banyak orang yang kemudian tidak mempunyai pemahaman memadai mengenai pelajaran Bahasa Inggris tersebut.

Mempelajari bahasa asing bukan hal mudah dan setiap bahasa pasti mempunyai perbedaan satu sama lain yang membuat orang yang mempelajarinya mengalami kesulitan. Ada banyak kasus yang kita temukan saat kita mempelajari Bahasa Inggris sementara bahasa ibu kita tidak lain dan tidak bukan adalah Bahasa Indonesia atau bahkan bahasa daerah masing-masing sesuai dengan tempat kita dilahirkan dan dibesarkan.

Banyak orang yang belajar bahasa asing dengan masih mempertahankan pemahaman dan logika bahasa asli, tetapi hal ini justru membuat mereka semakin bingung dan menyerah untuk mempelajarai bahasa tersebut lebih lanjut. Salah satu masalah pelik yang dihadapi oleh orang Indonesia yang mempelajari bahasa Inggris adalah tenses yang tidak ditemukana dalam tata bahasa Indonesia. Tenses dalam bahasa Inggris mengacu pada perubahan kata kerja berdasarkan waktu sementara kata kerja dalam tata bahasa Indonesia sama sekali tidak mengalami perubahan berdasarkan waktu.

Kalimat past tense boleh dikatakan asing dalam tata bahasa Indonesia karena kita hanya perlu menggunakan kata-kata keterangan yang menunjukkan suatu kejadian terjadi pada masa lampau tanpa perlu mengubah kata kerja misalnya. Jangan menyerah dulu dengan bahasa Inggris karena sebenarnya kalimat past tense bisa dipelajari dengan mudah. Tentu pertama-tama kita harus memahami pola kalimat serta rumus yang harus digunakan saat menggunakan kalimat dalam past tense kemudian kita perlu pula memahami penggunaan kalimat dalam bentuk past tense tersebut secara makna dan kelogisan penggunaannya.

Rumus Simple Past Tense

Bahasa Inggris tidak akan lepas dari berbagai rumus terutama rumus-rumus tenses yang akan menunjukkan keberlangsungan suatu kegiatan atau keadaan. Pada umumnya tenses tersebut dibagi menjadi tiga kelompok besar, yaitu tenses yang menunjukkan kejadian atau keadaan pada masa sekarang, masa mendatang, dan masa lampau. Untuk menunjukkan kejadian atau keadaan yang telah lampau, ada beberapa bentuk kalimat yang bisa kita gunakan tetapi bentuk simple past tense merupakan bentuk yang paling sederhana dan paling dasar. Dikatakan paling sederhana karena rumus yang digunakan pun sangat sederhana. Selain simple past tense, masih ada jenis kalimat lampau lain dengan bentuk yang sedikit lebih rumit dengan pemakaian yang agak berlainan pula. Sebelum kita beranjak pada jenis kalimat lampau dalam bahasa Inggris yang lebih rumit, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu jenis kalimat bahasa Inggris dalam bentuk simple past tense. Untuk itu kita perlu memahami rumusnya. Rumusnya sangat sederhana sebagai berikut.

Subjek + V2 + (Objek) + (Modifier)

Nah, karena kalimat bahasa Inggris dalam bentuk past tense menggunakan jenis kata kerja atau verba bentuk 2, kita perlu memahami jenis perubahan kata kerja dalam bentuk 2 baik yang regular maupun yang irregular agar tidak mengalami kesulitan saat harus menggunakan kalimat dalam bentuk simple past tense. Kita harus memahami perubahan bentuk kata kerja regular dalam bentuk 2 yang biasanya diakhiri dengan tambahan –ed di belakang kata kerja aslinya sementara untuk kata kerja yang irregular, maut tidak mau kita harus menghapalkannya karena perubahannya tidak beraturan. Untuk lebih jelasnya, kita bisa menggunakan contoh kalimat bahasa Inggirs dalam bentuk simple past tense. Misalnya kita ingin mengubah kalimat ‘Petani di Jogja menanam padi enam bulan yang lalu’. Jika kita sesuaikan dengan rumus di atas dalam bahasa Inggris, karena kalimat ini mengungkapkan kejadian di masa lampau, kita harus menggunakan bentuk kalimat simple past tense dengan hasil sebagai berikut.

Farmers in Jogja grew rice six months ago.

Keterangan waktu ‘six months ago’ sudah mengacu pada kegiatan masa lampau, tetapi keterangan waktu saja tidak cukup untuk membentuk kalimat dalam bentuk lampau sehingga kata ‘grew’ yang merupakan bentuk dua dari ‘grow’ perlu digunakan sesuai dengan rumus di atas.

Lalu mungkin timbul pertanyaan di benak kita saat kita melampaukan kalimat yang hanya memiliki kata sifat maupun kata benda tanpa kata kerja. Hal ini berarti kita tidak bisa mengubah kata kerjanya ke dalam bentuk dua. Akan tetapi, setiap kata sifat dan kata benda dalam kalimat dalam bahasa Inggris harus digabungkan dengan subjek dengan mencantumkan to be. To be yang dicantumkan harus dalam bentuk dua berupa was atau were sehingga rumusnya menjadi seperti berikut.

subjek + (to be – was atau were) + kata sifat atau kata benda

Sebagai contoh, kita coba membuat kalimat simple past tense bahasa Inggris dari kalimat bahasa Indonesia ‘Dia (dulu) cantik’. Hasilnya sebagai berikut.

She was beautiful.

Dalam kalimat ini, kita hanya menggunakan was yang merupakan bentuk dua dari is. Kita tidak menggunakan satu kata keterangan yang menunjukkan waktu yang lampau, tetapi dari kalimat ini terutama dari penggunaan was, kita sudah tahu bahwa dulu dia cantik dan sekarang mungkin dia sudah tidak cantik lagi. Sederhana, kan?

Penggunaan Simple Past Tense

Jika kita sudah memahami rumus sederhana kalimat bahasa Inggris dalam bentuk simple past tense, selanjutnya kita perlu memahami penggunaan kalimat jenis ini sehingga kalimat yang kita buat akan mudah dipahami dan logis. Seperti yang kita ketahui pada umumnya, kalimat simple past tense digunakan untuk menyatakan kejadian maupun keadaan yang sudah berakhir sama sekali dan terkadi pada masa lalu yang spesifik. Dengan demikian, selain mencantumkan kata kerja atau verba dalam bentuk dua, kita juga bisa menggunakan beberapa jenis kata yang menunjukkan keterangan waktu lampau seperti yesterday, ago, maupun last. Simple past tense juga digunakan dalam anak kalimat dalam kalimat majemuk yang menyatakan unreal conditional tipe dua terutama jika faktanya dalam kalimat bentuk simple present tense.

Penggunaan simple past tense selanjutnya adalah untuk membuat kalimat tidak langsung ketika kalimat langsungnya menggunakan bentuk simple present tense. Nah, jika kita ingin membuat kalimat negatif dalam bentuk simple past tense, kita hanya perlu menambahkan did not di depan kata kerja yang kini berubah menjadi kata kerja bentuk satu sementara untuk kalimat dengan to be lampau berupa was atau were, kita hanya perlu menambahkan not di belakangnya. Untuk membuat kalimat tanya berupa yes/no question, kita hanya perlu meletakkan did di depan subject dengan tidak lupa mengubah kata kerja ke dalam bentuk satu. Untuk kalimat tanpa kata kerja, was atau were lah yang perlu dipindahkan ke depan subjek.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s