Past tense, present tense, future tense, bahasa Inggris bagaimana cara belajar yang efektif?

Kenapa sih kita harus belajar Bahasa Inggris? Sering kita jumpai dalam sebuah iklan lowongan pekerjaan yang menawarkan posisi dan jenis pekerjaan yang berbeda-beda namun ada sebuah persyaratan bahwa calon pekerja harus mampu berbahasa inggris dengan baik. Kenapa sih bahasa yang asing justru menjadi prioritas dalam negara yang tidak menggunakan bahasa inggris untuk percakapan sehari-harinya? Bukankan kita tinggal di tempat yang tidak menggunakan bahasa inggris?

Bahasa Inggris memang telah menjadi alat komunikasi yang mendominasi segala bidang, mulai dari teknologi, politik, ekonomi, sosial, pendidikan dan sebagainya. Kalau kita membeli peralatan elektronik, pasti manual book nya berbahasa inggris kan? Meskipun ada juga yang versi bahasa Indonesianya. Bahkan beberapa negara di Asia seperti Filipina, Singapura, dan Malaysia memakai bahasa Inggris sebagai bahasa kedua negara tersebut.

Jadi, memang penting banget ya bahasa Inggris? Penting. Sayangnya masih banyak orang yang malas belajar bahasa Inggris. Beberapa merasa sudah terlalu tua untuk belajar karena dulu di jaman mudanya bahasa Inggris belum terlalu menjadi tuntutan hidup. Tua atau muda, bukankah tidak ada kata terlambat untuk belajar?

Beberapa beralasan malas belajar karena banyak sekali aturan dalam bahasa Inggris. Mereka malas membayangkan past tense, future dan present tense yang njelimet. Belum lagi soal grammarnya. Untuk bisa menguasai bahasa Inggris dengan baik tentunya kita perlu memperbanyak kosakata bahasa Inggris yang penting dan modal utama dalam mempelajari bahasa ini. Padahal belajar kosakata bukan hal yang sulit. Siapa saja bisa cepat hafal kosakata asalkan setelah menghafal harus segera digunakan / dipraktikkan dalam keseharian. Belajar tenses memang lebih rumit. Memang sebaiknya bahasa diperkenalkan pada usia dini. Tapi dalam belajar tidak mengenal usia. Asal rajin dan tekun, pasti bisa.

Jadi belajar past tense, future atau present tense dalam bahasa Inggris yang katanya njelimet tadi, jelas ada banyak alasan dan manfaatnya. Bahasa Inggris baik pasif maupun aktif menjadi syarat mutlak seseorang ketika memasuki dunia kerja. Anak sekolah bahkan banyak yang menggunakan Bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari. Apalagi kalau kita menguasai tenses; simple present tense, present continuous tense, present perfect tense, present perfect continuous tense, past tense, past continuous tense, past perfect tense, past perfect continuous, future tense, future continuous tense, future perfect tense, future perfect continuous tense, past future tense, past future continuous tense, past future perfect tense dan past future perfect (seperti future tense but in the past). Wah banyak banget ya ternyata tenses dalam Bahasa Inggris? Belum belajar saja sudah pusing melihat tenses yang begitu banyak. Tapi apa iya semua tenses itu akan dipakai untuk percakapan sehari-hari dalam pekerjaan atau pergaulan? Kalau ingin bisa, ya kita harus pelajari semuanya.

Past Tense, future dan present tense adalah pengetahuan dasar

Selain kosakata seperti yang sudah disebut diatas, tenses adalah hal yang paling dihindari dalam belajar bahasa Inggris. Padahal kalau sudah mengerti prinsip dasarnya, mudah kok. Di Indonesia dikenal 16 tenses bahasa inggris meski secara umum hanya 12 tenses. Sebelum membahas lebih lanjut, tenses itu apa sih sebenarnya? Tenses english secara sederhana bisa diartikan sebagai sebuah pola kalimat yang berubah menurut waktu. Merujuk pada waktu masa lalu atau lampau (past), merujuk pada waktu sekarang (present), dan masa depan (future).

Nah dengan tenses ini kita bisa menggunakan kalimat sesuai dengan keadaan. Misalnya keadaan yang biasa dilakukan, keadaan yang sedang dilakukan, yang sudah lampau, dan lain sebagainya. Yang membedakan past tense dengan misalnya present atau future tense adalah pemakaian kata kerjanya. Pemakaian kata kerja yang digunakan untuk sebuah keadaan yang merupakan kebiasaan berbeda dengan yang keadaan sedang berlangsung. Begitu juga dengan yang lampau, dan begitu seterusnya. Tapi yang harus kita ingat adalah bahwa yang berbeda hanya bentuknya saja.

Nah kalau kita faham tenses bahasa inggris, kita bisa menyusun kalimat dengan lebih bagus. Untuk lebih mudahnya tenses yang banyak jumlahnya dan tampak rumit pada paragraf sebelumnya kita kelompokkan menjadi empat kelompok ;

  • Present Tense
    • Simple present tense
    • Present continuous tense
    • Present perfect tense
    • Present perfect continuous tense
  • Past Tense
    • Simple past tense
    • Past continuous tense
    • Past perfect tense
    • Past perfect continuous tense
  • Present Future Tense
    • (Present) Simple future tense
    • (Present) Future Continuous tense
    • (Present) Future perfect tense
    • (Present) future perfect continuous tense
  • Conditional/Past Future Tense
    • (Simple) Conditional / Past Future tense
    • Conditional / Past future continuous tense
    • Conditional / Past future perfect tense
    • Conditional / Past future continuous tense

Cara yang efektif

Bagaimana cara yang paling mudah mempelajari Bahasa Inggris sekaligus mempraktikkan kemampuan kita dalam membuat kalimat dengan tenses yang benar? Yang harus kita lakukan adalah:

  1. Kita harus ingat bahwa belajar bahasa tidak bisa instant. Butuh proses yang panjang dan bertahap.
  2. Penting juga untuk kita menemukan dulu motivasi dan tujuan kita belajar. Tanpa motivasi, keinginan kita tidak akan kuat, padahal untuk belajar butuh proses yang lama. Kalau keinginan kita tidak kuat, ditengah jalan pasti akan bosan.
  3. Belajar itu seharusnya menjadi kebiasaan. Kebiasaan mempelajari hal yang baru setiap hari. Belajar sedikit demi sedikit hasilnya jauh lebih baik daripada yang langsung banyak.
  4. Memilih bahan yang bagus. Bahan untuk belajar bisa didapatkan dengan banyak cara; membaca buku, dari internet, koran bahasa inggris, berita berbahasa inggris, mendengarkan lagu bahasa inggris, film, lakukan saja setiap hari sesering mungkin.
  5. Belajar tidak monoton. Kalau bisa buat target-target. Misalnya hari ini akan belajar simple past tense, maka koneksikan dan fokuskan semua pikiran pada simple past tense. Temukan kalimat simple past tense dalam sebuah koran, atau lagu, atau dalam percakapan sebuah film, dan sebagainya. Belajar akan lebih menyenangkan kalau sambil bermain-main.
  6. Mencari teman untuk melatih kemampuan dan sekaligus mengkoreksi dan mengevaluasi pencapaian kita.
  7. Berani berbicara dengan suara yang lantang. Kalau sudah menemukan teman atau komunitas, segera memberanikan diri untuk selalu praktik.
  8. Mencintai pelajaranmu. Ini adalah cara yang sangat efektif. Karena pada dasarnya otak kita hanya mengingat hal-hal yang kita sukai. Kalau kita terus memberi sugesti pada otak kita bahwa kita mencintai pelajaran kita, maka sudah bisa dipastikan, belajar menjadi menyenangkan dan efektif.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s