Past Tense: Jenis dan Penggunaanya

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yangs sering digunakan di berbagai forum internasional. Bahasa Inggris cukup dikenal luas oleh masyarakat dunia karena memang Inggris mempunyai negara jajahan yang kini menjadi negara persemakmuran yang cukup luas. Ada pula negara yang pernah dijajah oleh Inggris yang kini tidak menjadi bagian dari negara persemakmuran. Mungkin banyak dari kita yang bertanya-tanya mengenai pentingnya bahasa Inggris toh kita tidak akan pergi keluar dari Indonesia sehingga cukup lah kita menguasai bahasa lokal dan bahasa Indonesia. Menguasai bahasa Indonesia sudah cukup untuk kehidupan kita sehari-hari. Namun, kemampuan bahasa Inggris sebenarnya akan memberikan keuntungan lebih. Bayangkan saja saat ini banyak tawaran pekerjaan yang mencantumkan kemampuan bahasa Inggris sebagai syarat untuk melamar. Di samping itu, bahasa Inggris jelas akan memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan orang dari berbagai negara termasuk orang asing yang datang mengunjungi Indonesia. Dengan kenyataan ini, tidak ada alasan lagi untuk bermalas-malasan dan enggan belajar bahasa Inggris dengan lebih baik untuk lebih menyempurnakan kemampuan bahasa Inggris kita.

Namun, mungkin banyak dari kita yang kemudian mengeluhkan mengenai sulitnya tata bahasa Inggris yang penuh dengan tense dan kata kerja yang mengalami perubahan padahal perubahan tersebut ada yang beraturan dan ada pula yang tidak beraturan. Untuk menyatakan kejadian yang sudah lampau saja tidak cukup hanya dengan menambahkan kata keterangan waktu lamapu layaknya yang biasa kita lakukan dalam bahasa Indonesia, kita perlu mengubah kata kerja ke dalam bentuk lampau yang rupanya tidak hanya satu.

Kepala serasa mau pecah saat memikirkan berbagai jenis rumusan kalimat dalam tata bahasa Inggris terutama kalimat past tense. Tentu tanpa mempelajari lebih lanjut, kita akan mengalami kesulitan ini tidak akan pernah diatasi. Sebagai langkah awal, kita perlu mengetahui lebih dalam mengenai tipe kalimat past tense itu sendiri beserta rumusnya agar kita tidak mengalami kesulitan untuk membuat kalimat dalam bentuk ini. Setelah itu, kita perlu juga memahami penggunaan masing-masing tipe past tense agar tidak kehilangan makna dan kelogisan yang kita harapakan dalam kalimat tersebut.

Jenis Past Tense

Past tense sederhananya merupakan bentuk kalimat dalam bahasa Inggris yang menunjukkan kejadian atau keadaan di masa lampau. Namun demikian, kalimat dalam bentuk past tense rupanya juga digunakan untuk menyatakan hipotesis yang mana hipotesis tersebut lebih pada pemikiran daripada kenyataan. Selain itu, kalimat past tense juga digunakan untuk menunjukkan kesopanan. Sebelum kita mempelajari lebih jauh mengenai penggunaan kalimat past tense, kita perlu memahami terlebih dahulu mengenai bentuk past tense dalam bahasa Inggris yang terbagi ke dalam empat jenis. Jenis kalimat past tense yang pertama adalah simple past tense yang mempunyai rumus sebagai berikut.

Subjek + Verba bentuk dua + (Objek) + (Modifier)

Contoh kalimat dalam bentuk simple past tense sebagai berikut.

I slept.

Jenis kalimat past tense yang kedua adalah past continuous tense dengan rumus sebagai berikut.

Subjek + to be bentuk dua + verba bentuk –ing + (Objek)

Contoh kalimat dalam bentuk past continuous tense sebagai berikut.

I was sleeping.

Jenis kalimat past tense yang ketiga adalah past perfect tense dengan rumus sebagai berikut.

Subjek + had + verba bentuk tiga + (Objek)

Contoh kalimat dalam bentuk past perfect tense sebagai berikut.

I had slept.

Jenis kalimat past tense yang keempat adalah past perfect continuous tense dengan rumus sebagai berikut.

Subjek + had been+ verba bentuk -ing + (Objek)

Contoh kalimat dalam bentuk past perfect continuous tense sebagai berikut.

I had been sleeping.

Demikain rumus-rumus bentuk kalimat past tense dalam setiap jenisnya. Jika dilihat dari rumusnya saja, mungkin banyak dari kita yang beranggapan bahwa jenis kalimat past tense dalam bahasa Inggris tidaklah sulit. Namun, pada kenyataannya banyak orang yang mengalami kebingungan teruatam dalam pengaplikasian bentuk-bentuk kalimat tersebut degan tepat. Tidak mudah memang karena masing-masing jenis kalimat past tense mengandung makna lampau yang berlainan pula. Untuk itu, ada baiknya kita mempelajari penggunaan masing-masing jenis kalimat beserta kata-kata penanda waktu yang mungkin bisa digunakan untuk lebih mempermudah memahami makna dari maing-masing jenis kalimat past tense tersebut.

Penggunaan Kalimat Past Tense

Berhubung kalimat past tense ada beberapa jenis, masing-masing jenis tentunya mempunyai cara penggunaan yang berlainan bahkan dari jenis kalimat past tense yang paling sederhana, yaitu simple past tense. Kalimat dalam bentuk simple past tense biasa digunakan untuk menunjukkan kegiatan atau keadaan yang terjadi di masa lalu dengan waktu yang disebutkan secara jelas. Bentuk ini juga digunakan untuk menanyakan waktu terjadinya suatu kejadian di masa lampau. Kalimat ini dipakai pula untuk menunjukkan kegiatan atau keadaan di masa lampau yang memang sudah jelas terjadi, tetapi waktu kejadiannya tidak dinyatakan secara pasti. Kebiasaan di masa lampau juga bisa dinyatakan dengan kalimat bentuk ini. Kejadian yang terjadi di masa lampau tanpa penyebutan waktu secara jelas, tetapi waktu kejadian tersebut sudah berselang beberapa waktu dari waktu pernyataan tersebut. Kalimat simple past tense biasanya menggunakan kata keterangan waktu seperti ago, yerterday, last, dan bahkan tanggal atau tahun kejadian di masa lampau.

Sementara itu, past continuous tense digunakan untuk menyatakan kegiatan yang tengah dilakukan selama beberapa saat tanpa diketahui waktu berakhirnya atau kegiatan masa lampau dengan keterangan waktu sebanyak dua buah. Hal yang mempunyai makna berangsur-angsur, peristiwa masa lampau dengan waktu yang jelas maupun berurutan, dan kegiatan yang dilakukan bersamaan dengan kegiatan lain bisa pula dinyatakan dengan kalimat bahasa Inggris berbentuk past continuous tense.

Selanjutnya, bentuk kalimat present perfect tense biasanya akan digunakan untuk menunjukkan kegiatan masa lampau dan masih terus berlangsung di masa lampau maupun peristiwa yang sudah selesai di masa lampau. Selain itu, bentuk ini bisa digunakan sebagai pengganti bentuk simple past tense jika mengacu pada peristiwa masa lampau yang terjadi pada masa tertentu. Bentuk ini bisa pula digunakan untuk menyatakan suatu kegiatan yang dilakukan sebelum melakuka aktivitas lain di masa lampau. Kata keterangan yang menunjukkan waktu dalam bentuk ini misalnya adalah when, before, after, until, dan as soon as.

Bentuk past tense terakhir, yaitu past perfect continuous tense bisa digunakan untuk menyatakan suatu kejadian yang sudah berlangsung selama beberapa waktu saat kejadian tersebut terjadi di masa lampau. Bentuk kalimat ini bisa pula digunakan jika kita ingin memberikan penekanan pada jangka waktu yang digunakan untuk menyelesaikan suatu kegiatan di masa lalu sebelum kegiatan lain dilakukan. Selain itu, bentuk kalimat ini juga bisa digunakan sebagai pengganti past perfect tense untuk menyatakan kejadian yang terjadi berulang-ulang. Keterang waktu yang digunakan biasanya berupa perpaduan seperti for … before (diikuti klausa) dan until … when (diikuti klausa).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s