Belajar Past Tense

Bahasa Inggris bisa dikatakan sebagai bahasa kedua yang kita gunakan saat ini, selain bahasa Indonesia dan bahasa daerah dari mana kita berasal. Hal ini sedikit banyak disebabkan karena perkembangan internet yang membuat dunia kita menjadi semakin kecil. Kita dengan mudah memperoleh informasi dari negara lain dan melihat apa yang terjadi di negara lain, dan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional menjadi pengantar informasi tersebut, yang membuat kita sering berinteraksi dengan bahasa ini. Selain itu, banyak produk-produk dari luar negeri yang menggunakan petunjuk atau keterangan fungsi alat tersebut dalam bahasa Inggris juga menjadi penyebab menjamurnya pemakaian bahasa ini di hampir semua kalangan di masyarakat kita.

Meskipun pemerintah mewajibkan produk-produk dari luar negeri ini menyertakan panduan dalam bahasa Indonesia, akan tetapi, keterangan pada produk, seperti keterangan tombol, contohnya tombol “ auto”, “on”, “off” semuanya masih menggunakan bahasa Inggris. Dan juga, adanya anggapan bahwa menguasai atau bisa berbicara dengan bahasa Inggris dianggap sangat keren menyebabkan banyak anak muda berusaha menguasai bahasa ini. Akan tetapi, menguasai bahasa Inggris tidak semudah mengungkapkan fakta bahwa bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa yang sering kita gunakan. Ada banyak bagian dalam bahasa Inggris yang bisa membuat kita kesulitan dalam menguasai bahasa Inggris. Salah satunya adalah bentuk tenses. Salah satu bentuk tenses yang paling sulit untuk dikuasai adalah bentuk past tense.

Tentang Past Tense

Tidak seperti bahasa Indonesia yang bentuk kalimat dan katanya sama untuk mendeskripsikan sesuatu berdasarkan waktu terjadinya, di bahasa Inggris hal ini membutuhkan bentuk khusus yang berbeda satu sama lain. Untuk past tense, bentuk ini digunakan untuk mendeskripsikan sesuatu yang terjadi di masa lampau. Bila dalam bahasa Indonesia kita harus menggunakan keterangan waktu untuk mendeskripsikan sesuatu yang terjadi pada masa lalu, maka pada past tense kita bisa menggunakan keterangan waktu dan tidak. Hanya dengan melihat bentuk kata kerjanya, kita bisa tahu kalau hal tersebut terjadi di masa lalu. Ya, ada banyak bentuk kata kerja yang digunakan dalam bahasa Inggris. Untuk past tense, kata kerja yang digunakan adalah kata kerja bentuk ke 2 atau 3 dari kata kerja tersebut, contohnya bila kita menggunakan kata “go” pada kalimat yang menggunakan present tense, maka pada past tense kita menggunakan bentuk selanjutnya dari kata tersebut yaitu “went”. Hal inilah yang menyebabkan bahasa Inggris menjadi agak rumit untuk dipelajari. Akan tetapi, bila kita sudah mengetahui bentuk dan susunan kalimat dalam past tense, maka kita akan lebih mudah untuk menyusunnya. Ya, kita harus menghafal bentuk lain selain bentuk dasar dari kata kerja dalam bahasa Inggris, tapi hal tersebut akan menjadi lebih mudah saat kita sering mempraktekan menggunakan bahasa Inggris dengan menggunakan past tense, terutama dengan cara yang menyenangkan seperti menulis cerita, puisi atau berbicara dengan teman mengenai hal-hal yang kita sukai atau hobi kita.

Jenis-Jenis Past Tense

Bentuk past tense dalam bahasa Inggris dibedakan menjadi 9 macam past tense. Pertama adalah bentuk “Simple Past Tense”. Bentuk ini digunakan untuk menyatakan sesuatu hal yang terjadi di masa lalu. Contohnya adalah “we agreed with you”, “we did not agree with you” dan untuk kalimat tanya, “did we agreed with you?”. Bila kita cermati, hal yang paling mencolok di kalimat tersebut adalah kata kerjanya, yaitu “agree”. Kata ini menggunakan akhiran “ed” pada kalimat pertama dan tidak pada kalimat kedua karena sudah ada “to be” “did” disitu. Hal ini adalah bentuk dasar dari past tense.

Bentuk lainnya merupakan pengembangan dari bentuk ini. Bentuk yang kedua adalah “Past Progressive atau Past Continuous Tense”. Bentuk ini digunakan untuk mendeskripsikan hal yang mulai terjadi pada masa lalu dan berlangsung sampai akhirnya berhenti. Contoh kalimat untuk bentuk ini adalah “I was playing football back then”. Bentuk selanjutnya adalah “Past Perfect Tense”. Bentuk ini menjelaskan kejadian yang telah terjadi di masa lampau. Contohnya, “ I had agreed with you”.

“Past Perfect Progressive atau Past Perfect Continuous Tense” adalah bentuk Past Tense selanjutnya. Bentuk ini menjelaskan sesuatu yang telah terjadi dan berlangsung di masa lalu akan tetapi berhenti dan tidak berlanjut sampai masa sekarang. Contoh kalimat dari bentuk ini adalah “I had been playing with you”.

Bentuk Past Tense berikutnya adalah “Past Habitual”. Bentuk ini menjelaskan tentang kebiasaan yang terjadi atau kita lakukan yang terjadi secara berulang-ulang di masa lalu. Contohnya adalah “I used to playing with them”. Bentuk ini juga mempunyai modifikasi yang menghasilkan bentuk lain dari Past Tense yaitu “Time-Specific Past Habitual”. Bentuk Past Tense ini menyertakan keterangan waktu untuk memperkuat bentuk Past Habitual. Contohnya adalah “Before, they used to fight with us”.

Bentuk selanjutnya adalah bentuk “Past Intensive Tense”. Bentuk ini adalah bentuk yang menjelaskan atau menegaskan sesuatu yang terjadi di masa lalu. Contohnya, “You did agree with them”.

Selain untuk menggambarkan kejadian yang terjadi di masa lalu, Past Tense juga digunakan mendeskripsikan suatu kejadian yang akan terjadi di masa lalu. Contohnya, “We were going to fight you that time”. Kalimat ini mengartikan bahwa subjek akan melakukan sesuatu pada objek pada masa lalu. Dan bentuk ini disebut dengan “Future in The Past Tense”. Bentuk yang terakhir adalah “Past-Perfect Subjunctive”. Bentuk ini menjelaskan suatu hal yang diharap untuk terjadi pada masa lampau, akan tetapi yang terjadi adalah kebalikannya atau tidak terjadi sama sekali. Contoh bentuk kalimat dengan menggunakan jenis Past Tense ini adalah “had you fought with them, you would have won over them by now”. Bentuk ini pernah tidak digunakan beberapa tahun yang lalu. Akan tetapi, saat ini sudah banyak orang yang menggunakan bentuk ini.

Selain itu, ada juga bentuk lain dari Past-Perfect Subjunctive yang banyak digunakan oleh orang modern, akan tetapi tidak termasuk dalam golongan Past Tense. Bentuk ini disebut Past Subjunctive. Meskipun menggunakan kata Past di namanya, kenyataannya bentuk ini tidak menggambarkan sesuatu yang terjadi di masa lalu, akan tetapi prediksi atau lebih ke Future Tense. Contoh kalimat untuk bentuk ini adalah “ If you were going to play, you would have lot of fun right now”. Ya, mungkin setelah anda membanca bentuk-bentuk Past Tense yang disebutkan diatas, anda merasa bahwa bentuk ini terlalu rumit. Akan tetapi, bila anda sudah terbiasa, anda akan menemukan bahwa susunan kalimat Past Tense sungguh sangat menarik dan menantang untuk dipelajari. Yang paling penting adalah anda perlu untuk selalu tekun belajar bahasa ini dan anda pasti akan dapat menguasai dan berbicara dengan bahasa Inggris dengan lancar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s