Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah

Bahasa Inggris menjadi salah satu pelajaran yang wajib dipelajari tidak hanya oleh para siswa yang sedang bersekolah, akan tetapi semua orang. Seperti yang kita tahu, dunia saat ini semakin terbuka dengan adanya internet, yang membuat kita mudah untuk berinteraksi dengan orang dari luar negeri. Dan, bahasa Inggris sebagai bahasa internasional akan memudahkan kita untuk melakukan hal tersebut.

Mungkin beberapa dari kita mengalami atau berpikir bahwa bahasa Inggris terlalu sulit, dengan banyaknya jenis dan susunan kalimat dan grammar yang rumit, seperti past tense, past perfect tense dan lain sebagainya. Akan tetapi, bila kita mau dan mempunyai determinasi untuk belajar bahasa Inggris, maka dengan sendirinya kita akan lebih mudah untuk belajar bahasa Inggris.

Cara Belajar Bahasa Inggris

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk berlatih bahasa Inggris. Hal yang paling mudah adalah melalui lagu yang berbahasa Inggris. Kita tidak harus mengerti arti dari lirik lagu tersebut atau mengetahui apakah lirik tersebut menggunakan past tense dan bentuk grammar lainnya. Yang perlu kita lakukan adalah berusaha menyanyikan lagu tersebut dengan ucapan bahasa Inggris yang benar. Hal ini akan membuat lidah kita yang biasa berbicara “lu” dan “gue” kenal dan nyaman dengan “you” dan “ “I”. Tapi yang perlu diingat disini adalah memilih lagu yang anda sukai. Dengan memilih lagu berbahasa Inggris yang anda sukai, maka anda akan lebih mudah untuk menghafalkan lirik lagu tersebut kata per kata.

Hal berikutnya yang perlu anda lakukan adalah mengartikan lirik lagu tersebut. Ada banyak program yang bisa anda gunakan untuk menerjemahkan bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Anda bisa mendapatkan applikasi yang bisa anda gunakan melalui handphone anda untuk menerjemahkan lirik lagu bahasa Inggris. Atau, anda juga bisa menggunakan fasilitas translate gratis yang tersedia di internet. Mungkin, program dan fasilitas ini tidak akan bisa menerjemahkan lirik lagu bahasa Inggris tersebut dengan sempurna. Akan tetapi, setidaknya, kita bisa mengetahui arti dari tiap kata yang ada didalam lirik yang mana akan sangat bagus untuk koleksi kata-kata bahasa Inggris dalam vocabulary kita. Dengan lagu berbahasa Inggris yang kita sukai, kita bisa dengan mudah mendengarkan lagu ini sesering mungkin tanpa merasa bosan. Hal tersebut juga akan membantu kita untuk meningkatkan daya tangkap otak kita terhadap kata-kata atau ucapan berbahasa Inggris. Dengan begitu, kita bisa mengerti bila kita berkomunikasi dengan orang yang menggunakan bahasa Inggris.

Selain dengan lagu, kita juga bisa menggunakan video game untuk berlatih berbahasa Inggris. Akan tetapi, tidak semua game bisa kita gunakan untuk berlatih bahasa Inggris. Anda perlu memilih jenis game yang banyak menggunakan kata-kata bahasa Inggris. Dalam hal ini, jenis game yang paling baik adalah jenis game RPG atau strategi. Game RPG berbentuk seperti novel dengan animasi. Anda perlu mengerti arti dari ucapan setiap tokoh di dalam game RPG tersebut, agar anda tahu cerita yang terjadi dalam game tersebut, hal yang diperlukan untuk melanjutkan ke level berikutnya dalam game dan tips-tips yang bisa anda gunakan untuk mengalahkan musuh. Ada juga misi rahasia yang hanya bisa anda temukan dari memahami perkataan tokoh di dalam game RPG tersebut. Hal ini adalah cara yang menyenangkan, lebih-lebih bila anda menyukai game dengan jenis ini. Anda bisa belajar dan mengerti bahasa Inggris, sekaligus merilekskan pikiran anda dengan bermain game. Untuk menemukan game-game semacam ini, anda tidak perlu membeli. Saat ini banyak game RPG yang tersedia gratis di internet. Anda bisa menggunakan game-game tersebut untuk berlatih bahasa Inggris.

Selain game, anda juga bisa menggunakan film. Yang perlu anda lakukan sangatlah mudah. Anda hanya perlu mendapatkan film yang anda sukai, yang tentunya film berbahasa Inggris, dan saat anda menontonya, anda matikan subtitlenya. Mungkin hal ini akan terasa tidak nyaman saat anda melakukan hal ini untuk pertama kalinya. Anda harus berkonsentrasi lebih untuk mengetahui apa yang terjadi di film tersebut dan perkataan tokoh pemeran yang bermain di film tersebut. Akan tetapi, bila anda melakukan hal ini dengan rutin, maka anda akan terbiasa mendengar perkataan berbahasa Inggris dengan cara yang anda sukai yaitu menonton film.

Anda juga bisa menulis cerita pendek atau tulisan apapun dengan menggunakan bahasa Inggris untuk melatih kemampuan berbahasa Inggris anda. Caranya, pertama anda menulis 2 atau 3 paragraf cerita atau tulisan apapun dengan menggunakan bahasa Indonesia. Lalu anda terjemahkan ke bahasa Inggris. Anda bisa menulis dengan menggunakan software untuk mengetik di komputer yang mempunyai fasilitas untuk mengkoreksi kesalahan penulisan dan grammar dalam bahasa Inggris. Akan tetapi, saat anda pertama kali menuliskan cerita atau tulisan anda dalam bahasa Inggris, matikan fungsi ini. Setelah anda selesai, aktifkan fungsi ini dan anda akan dapat melihat kesalahan yang anda buat. Software penulisan ini juga biasanya menyertakan penjelasan mengapa kalimat atau kata yang anda gunakan salah. Anda bisa mempelajari grammar dan vocabulary dari hal itu. Dan, hal ini akan membantu anda lebih mengerti dan tanggap terhadap kata-kata berbahasa Inggris.

Dan cara yang terakhir adalah mengikuti bimbingan bahasa Inggris. Mungkin cara ini adalah cara yang paling mudah yang bisa anda gunakan untuk melatih kemampuan berbahasa Inggris anda. Dan ada banyak tempat yang menawarkan kursus semacam ini yang bisa anda jumpai dengan mudah di setiap kota di Indonesia. Yang perlu anda ketahui adalah cara ini tidak gratis. Bila dibandingkan dengan beberapa cara yang disebutkan diatas, kursus bahasa Inggris adalah cara belajar bahasa Inggris yang membutuhkan biaya. Sedangkan cara yang lain diatas bisa anda dapatkan dan lakukan secara gratis.

Yang Perlu Anda Ingat Saat Belajar Bahasa Inggris

Cara yang disebutkan diatas akan membantu anda untuk memperkaya vocabulary, mengerti past tense, present tense dan grammar anda. Akan tetapi, hal yang paling penting disini adalah praktek, khususnya praktek berbicara dan berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Bila anda mempunyai teman yang juga ingin belajar berbahasa Inggris, anda bisa mengajaknya untuk berlatih berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Hal ini akan dapat membuat anda lebih paham dan meningkatkan kemampuan anda dan teman anda dalam berbahasa Inggris. Selain itu, anda juga perlu melakukan hal ini secara rutin. Bahkan akan lebih baik bila dalam kegiatan sehari-hari anda, anda menyelipkan beberapa waktu untuk berkomunikasi dalam berbahasa Inggris dan juga berlatih berbahasa Inggris dengan menggunakan cara-cara yang disebutkan diatas. Dengan melakukan latihan ini secara rutin, mungkin dalam beberapa bulan anda akan kaget dengan dampak yang anda dapatkan, bila dibandingkan saat anda baru pertama kali belajar berbahasa Inggris menggunakan cara-cara yang disebutkan diatas. Dan, mungkin anda siap untuk pergi ke luar negeri dan tidak mengalami kesulitan berkomunikasi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s