Wujudkan Rumah Ramah Lingkungan Anda

Setiap orang pasti ingin memiliki rumah impian. Sebuah rumah bukan hanya sebuah bangunan namun juga tempat yang nyaman untuk menghabiskan waktu dan beristirahat. Nah, semakin bertambahnya jumlah manusia, maka bertambah juga rumah yang akan didirikan.

Memang bukan sebuah hal yang mengejutkan, tapi sebenarnya ada sesuatu dibalik pembangunan rumah ataupun bangunan lain yang kini makin marak ada berbagai hal yang tidak begitu baik bagi keadaan bumi kita.

Wah, berbahayakah bagi kelangsungan hidup manusia serta makhluk hidup? Ya! Jawabannya tentu iya karena makin banyak area hijau yang dikorbankan untuk menjadi lahan pemukiman. Ini menjadikan keadaan alam sekitar menjadi tidak seimbang apalagi setiap rumah mengkonsumsi banyak sekali energi dan ketika siang hari, daya serap bumi menjadi semakin berkurang dan menjadikan suhu semakin panas.

Untuk itulah kini sebuah bangunan rumah harus didesain dengan lebih mengacu kepada sebuah bangunan yang ramah lingkungan sehingga konsumsi akan listrik bisa dikurangi. Lalu, bagaimanakah cara membangun rumah yang ramah lingkungan dan seperti apakah rumah yang ramah lingkungan itu?

Sekilas Tentang Rumah Ramah Lingkungan

Definisi dari sebuah rumah yang ramah lingkungan adalah rumah yang menggunakan energi listrik dengan daya yang jauh lebih sedikit. Tentu ini tidak semudah yang anda bayangkan beberapa tahun lalu. Tapi kini dengan perkembangan teknologi, anda bisa membangun rumah impian anda yang tentunya ramah lingkungan.

Rumah dengan desain yang memiliki konsep ramah lingkungan dan pastinya bisa memberikan anda kesempatan untuk menggunakan berbagai referensi untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan anda. Setelah anda selesai dengan desain, anda bisa segera mencari segala kebutuhan yang memang anda butuhkan untuk membangun rumah anda. Seperti yang kita tahu, mengganti atap dengan sebagian panel surya yang besarnya sesuai dengan kebutuhan energi yang anda butuhkan.

Dengan adanya panel surya ini, anda bisa memiliki suplai yang mencukupi untuk kebutuhan rumah anda pada malam harinya. Jadi, kita bisa dengan mudah mendapatkan energi tanpa harus menggunakan listrik dari pemerintah. Pada saat ada matahari, saat itulah dimana energi panas matahari akan diserap dan diserap oleh panel surya. Kebutuhan energi setiap rumah memang berbeda, dan inilah mengapa anda bisa menyesuaikan besar kecilnya panel tersebut.

Dengan memiliki suplai energi sendiri maka anda bisa memenuhi kebutuhan listrik anda sendiri tanpa harus membayar setiap bulannya. Bukankah ini ide yang sangat cemerlang? Mungkin memang berat awalnya, namun keuntungan yang bisa anda dapatkan dimasa depan pasti akan membuat anda bangga.

Maksimalkan Energi dari Alam

Bukan hanya suplai energi saja yang kita butuhkan tetapi juga apa yang ada dirumah itu sendiri. Desain rumah haruslah banyak bukaan seperti jendela-jendela yang bisa dibuka agar udara segar bisa masuk serta cahaya matahari bisa masuk juga sehingga anda tidak butuh lampu ataupun AC. Ventilasi yang baik akan memberikan kualitas udara yang baik pula didalam rumah anda, setiap ruangan.

AC merupakan ide buruk sebenarnya untuk membuat rumah lebih sejuk karena anda tidak akan mendapatkan udara segar. Terlebih, AC sangat merugikan sekali dan sebenarnya anda tidak terlalu butuh. Ada baiknya anda memiliki pekarangan luas dengan bangunan rumah yang relative kecil.

Pada lahan yang anda jadikan halaman, baik itu depan ataupun belakang, anda sebaiknya menanam pohon yang bisa memberikan nuansa asri dan mampu memberikan udara yang segar dirumah anda. Nah, sangat menarik bukan? Anda benar-benar bisa memiliki rumah ramah lingkungan impian anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s