Pengaruh lingkungan terhadap perkembangan anak

Lingkungan sekitar adalah wadah pembentukan dan pertumbuhan kepribadian seorang anak. Faktor lingkungan seperti pedang bermata dua, dapat menjadi pengaruh yang positif tapi dapat juga menjadi pengaruh yang negatf bagi seorang anak yang sedang bertumbuh.

Seorang anak yang sedang tumbuh akan melihat, mempelajari dan meniru apa yang lingkungan sekitarnya lakukan. Karena saat pertumbuhan, seorang anak akan merasa ingin serba tahu dan mencoba segala sesuatu yang belum pernah dicobanya.

Ada beberapa lingkungan yang menjadi dampak positif dan negative bagi perkembangan seorang anak.

Lingkungan keluarga

Lingkungan keluarga adalah lingkungan yang pertama kali di kenal oleh seorang anak. Saat anak-anak sudah bisa menirukan apa yang dia lihat dan dia dengar, maka anak tersebut akan melakukan hal-hal yang dia lihat dan dengar tanpa tau yang dia lakukan itu baik atau buruk.

Pertama-tama dia akan mempelajari kebiasan orangtuanya, ayah dan ibunya. Apa yang sering orang tuanya lakukan dan ucapkan pasti akan ditirukan oleh si anak. Saat inilah para orang tua harusnya mengajarkan anak dengan sebaik mungkin dengan cara menjadi teladan yang baik bagi si anak.

Kedua dia akan menirukan apa yang anggota keluarga lain sering lakukan seperi kakaknya, paman, bibi, saudara-saudaranya, bahkan apa yang menjadi kebiasan kakek dan neneknya akan dia tirukan.

Lingkungan masyarakat

Lingkungan luar rumah atau lingkungan masyarakat harus dikenalkan oleh si anak, karena dilingkungan ini dia akan mengenal lebih banyak orang-orang dengan kebiasaan yang lain pula. Di tahap ini perlu perhatian lebih dari para orang tua.

Dilingkungan masyarakat ini si anak akan mendapat banyak teman yang sebaya dengan dia dan sedang bertumbuh juga. Maka dari itu orang tua harus selalu memantau agar anak tidak meniru kebiasaan buruk anak tetangga dan kalau bisa jangan sampai kebiasaan buruk anak kita menular ke anak tetangga. Jangan meniru dan jangan menjadi yang ditirukan.

Lingkungan sekolah

Saat anak sudah mencapai umur untuk mengenyam pendidikan dia harus segera disekolahkan. Sekolah adalah sesuatu yang wajib didapat anak untuk perkembangan kecerdasan anak pada khususnya.

Dilingkungan ini juga rentan pengaruh buruk, karena si anak akan semakin banyak bertemu dengan teman-teman sebayanya yang mempunyai kebiasaan yang lain juga. Saat dia masuk ke sekolah dasar adalah masa-masa emas bagi pertumbuhan si anak.

Masa-masa di sekolah dasar ini juga sangat rentan dengan pengaruh buruk karena dia akan mengenal teman yang umurnya jauh lebih diatasnya. Jika pertumbuhan sedikit terganggu saat masih kecil, dia bisa di bully oleh kakak-kakak kelasnya yang umurnya jauh diatasnya. Alhasil, pribadi anak akan menjadi minder dan menjadi hambatan bagi pertumbuhannya nanti.

Saat yang rentan adalah saat anak memasuki usia remaja dan mencari jati diri mereka. Biasanya saat-saat ini terjadi saat anak berada di bangku smp-sma. Si anak akan menirukan gaya hidup teman-temanya biar bisa disebut ‘gaul’ dengan cara yang salah. Mulai merokok, minum-minuman keras, geng-gengan, yang terburuk adalah freesex dan narkoba.

Maka dari itu, para orang tua baiknya selalu memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan anak. Dengan cara selalu terbuka dengan anak agar anak tidak takut menceritakan apa yang sudah dia lakukan sehingga orang tua bisa mengontrol pertumbuhan dan perkembangan anak.

Cara yang paling baik pertama adalah mengenalkan anak dengan hobi yang bisa dia senangi. Dengan dia serius di hobinya tersebut anak akan selalu fokus untuk mengembangkan kemampuan dihobinya tersebut.

Yang kedua adalah dengan mengajarkan ilmu agama yang benar. Dengan mengajarkan ilmu agama dengan baik dan rutin, si anak akan tumbuh dengan baik dan tumbuh dalam ajaran agama dan lingkungan agama yang baik dan benar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s