Penanganan Masalah Lingkungan

Apa saja masalah lingkungan disekitar kita?

Ada beberapa masalah lingkungan yang terjadi disekitar kita namun sebagian dari kita kurang sadar atau bahkan tidak memperdulikannya. Berikut masalah lingkungan hidup yang terjadi:

Masalah lingkungan yang erat kaitannya dengan udara

  • Global Warming atau pemanasan global. Pengertian dari efek rumah kaca adalah proses dimana paparan sinar matahari langsung mengenai sebuah planet dan berpencar kesegala arah yang disebabkan tidak adanya pelindung lapisan yang melindungi planet tersebut. Lapisan pelindung sinar matahari ini bernama ozon. Apa efek dari global warming? Pemanasan global akan mengakibatkan es di kutub cepat mencair sehingga menyebabkan permukaan laut meningkat. Ini akan berdampak buruk pada ekosistem laut yang akan terancam kepunahan.
  • Kualitas udara yang buruk. Tanpa kita sadari, penggunaan kendaraan bermotor dalam kehidupan sehari-hari menyebabkan kualitas udara kita menjadi buruk. Ini diakibatkan kendaraan bermotor yang kita gunakan akan mengeluarkan asap yang apabila dihirup akan bersifat toksik atau racun.

2. Masalah lingkungan yang erat kaitannya dengan air

  • Hujan asam. Hujan asam adalah fenomena yang terjadi dimana air hujan bersifat asam bercampur dengan gas karbondioksida, nitrogen dan sulfur dioksida. Gas ini terbukti berbahaya bagi kesehatan makhluk hidup. Apabila hujan asam terjadi maka akan dapat mengikis batu, logam hingga baja sekalipun. Jika terkena kulit maka akan menyebabkan kulit mudah mengelupas.
  • Air limbah dan krisis air. Air limbah berasal dari dampak perkembangan iptek dimana air ini berasal dari sisa produksi suatu perusahaan. Air limbah akan membahayakan ekosistem air terutama air tawar. Selain itu karena terlalu banyak air limbah maka tentunya krisis air bersih akan terjadi dimasyarakat.

3. Masalah lingkungan yang erat kaitannya dengan tanah

  • Desertifikasi. Upaya ini dilakukan untuk menggunduli hutan yang akan dialihfungsikan sebagai tempat tinggal manusia.
  • Pencemaran tanah yang disebabkan karena pembuangan limbah yang sembarangan. Tidak usah membahas yang jauh-jauh terlebih dahulu, banyak kalangan rumah tangga yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Jika hal ini dibiarkan maka tanah akan kehilangan daya suburnya sehingga tanaman akan sulit tumbuh ditanah tersebut.

Bagaimana cara mengatasinya?

Mengingat banyak sekali masalah lingkungan yang terjadi disekitar kita, maka sekarang sangat diperlukan upaya cepat dan tepat guna mengatasinya. Ada berbagai cara untuk mengatasinya yang dapat disesuaikan dengan masalah yang dihadapi. Misalnya apabila masalah lingkungan tersebut terjadi di tanah maka lakukan upaya untuk mencegahnya.

Contoh gampangnya. Misal adanya program reboisasi untuk mencegah desertifikasi besar-besaran. Program reboisasi adalah program penghijauan hutan kembali. Ibaratnya jika manusia telah menggunduli 1000 pohon maka mereka wajib menggantinya atau menambahnya menjadi 2000 pohon agar keseimbangan lingkungan tetap terjaga.

Masih banyak upaya lain untuk mengatasi masalah lingkungan yang telah disebutkan diatas. Sebisa mungkin anda mengajak orang untuk turut serta melestarikan lingkungan. Toh, hal ini tidak akan merugikan anda. Kalau bukan kita yang memulai lalu siapa lagi? Atau anda ingin menunggu alam rusak dulu lalu diperbaiki? Lakukan sekarang demi kebaikan anda dan orang yang anda cintai.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s