Mengubah Yang Besar dari Usaha Kecil

Alam dan kerusakan

Alam tempat kita tinggal memberikan banyak kebaikan sebanyak yang ia dapat berikan. Dari alam, kita dapat menghirup udara segar hasil fotosintesis pepohonan di hutan hujan atau di hutan kota. Alam menyediakan air yang melimpah untuk kita manfaatkan sehari-hari untuk kepentingan kesehatan diri kita dan kebersihan kita.

Namun, saat ini alam mengalami penurunan dan perusakan dalam kualitas serta kuantitasnya. Kita telah mengabaikan alam setelah sekian lama, sampai-sapai alam perlu “menampar” kita dengan kenyataan yang terjadi di lapangan. Masalah yang merusak alam ini bisa datang dari sekitar kita.

Sampah yang dibuang dimana saja, pemborosan dalam pemakaian sumber daya, dan berbagai masalah lainnya yang sering tidak kita sadari atau bahkan memang karena kita tidak peduli sejak awal. Kerusakan memang telah terjadi, dimana-mana, dan malah sedang berlangsung ketika anda membaca tulisan ini.

Tapi, tidak berarti kita harus menyerah pada kenyataan yang ada. Tidak mudah dan butuh proses perubahan yang lama untuk memperbaiki alam yang sudah terluka, akan tetapi kita dapat melakukan upaya yang sederhana mulai dari lingkungan kita sendiri.

Mulai dari sendiri, Mulai dari sekarang!

Anda bisa memulai berbuat untuk alam dan lingkungan dengan mulai menggunakan produk hasil daur ulang. Memang, banyak yang menganjurkan agar kita mendaur ulang segala sesuatu yang masih utuh walaupun sudah bekas. Pertanyaannya, apakah semua orang dapat melakukannya?

Semua orang dapat melakukan daur ulang sederhana seperti menyimpan plastik bekas belanjaan untuk dipakai kembali untuk kesempatan berbelanja berikutnya. Anda hanya butuh membuang gengsi untuk melakukan kegiatan ini. Atau, memakai kertas print-out sebelah halaman untuk diprint kembali, tentu saja untuk digunakan diluar urusan formal.

Namun, tidak semua orang dapat membuat tas dari plastik bekas deterjen, goodie bag dari plastik kemasan kopi dan bahan bekas lainnya. Gampang saja, anda dapat membeli dari orang yang membuatnya. Selain hal ini mendukung gerakan recycle anda secara langsung telah mendukung usaha sesama yang membutuhkan.

Selain membeli anda juga dapat memberi. Baju yang tidak terpakai atau kebutuhan sandang lainnya yang sudah tidak bisa dipakai karena sudah tidak muat lagi sebaiknya jangan langsung anda jadikan kain lap atau dibuang ke tempat sampah. Karena, anda dapat memberi barang bekas yang layak kepada lembaga yang menerima donasi demikian. Panti asuhan, lembaga sosial, atau posko bencana alam adalah tempat yang dapat menerima sumbangan seperti ini. Namun, penting memperhatikan kualitas barangnya. Berilah yang masih pantas dipakai, jangan beri jika telah terjadi kerusakan disana-sini.

Yang terakhir ini adalah hal yang sangat simpel, namun secara bersamaan hal yang sangat sulit diubah dari masyarakat. Mulai sekarang, cobalah untuk membuang sampah pada tempatnya. Anda mungkin ada yang telah mengetahui hal kecil dan sering disepelekan ini dapat membawa bencana untuk kita sendiri. Bencana utamanya tentu banjir, membuang sampah dimana saja dapat merusak kualitas air jika dibuang di sungai, dan mengganggu kesuburan tanah apabila dipendam.

Rasanya semua saran yang telah disebutkan dapat dilakukan oleh semua orang. Tidak mungkin semua hal tersebut tidak dapat dilakukan hanya karena alasan sepele seperti malas atau yang mengada-ada seperti sibuk. Untuk mengubah lingkungan, alam kita sendiri, pertama-tama harus dibangkitkan dari dalam sendiri, niat. Beserta usaha yang dapat kita lakukan secara optimal.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s