Lingkungan

Arti dari kata lingkungan adalah gabungan antara sumber daya alam seperi tanah, air, cahaya, SDA, hewan dan tumbuhan yang berada dan hidup di atas daratan dan perairan dengan manusia yang akan menggunakan komponen-komponen tersebut demi terjaganya kelangsungan hidupnya.

Lingkungan ini lazimnya terdiri dari komponen abiotik dan biotik. Komponen abiotik adalah komponen-komponen lingkungan yang tidak bernyawa seperti tanah, udara, air, bebatuan, iklim, kelembaban, suara, cahaya dll. Sedangkan komponen biotik adalah komponen-komponen dari lingkungan yang bernyawa seperi tumbuhan, hewan, mikro-organisme dan manusia.

Fungsi lingkungan dalam kehidupan sehari-hari :

  1. Bumi sebagai tempat berpijak dan melakukan aktivitas sehari-hari
  2. Tanah sebagai areal pertanian, perkebunan dan akitivitas ekonomi
  3. Udara, oksigen yang kita hirup adalah bagian dari udara, tanpa udara kita tidak akan bisa bernafas
  4. Hewan, daging hewan bisa kita gunakan senagai bahan pangan, kulit hewan bisa digunakan sebagai bahan sandang. Hewan juga bisa dipelihara dan menjadi sarana bisnis dengan cara diternakan
  5. Tumbuhan dapat kita manfaatkan dengan cara berkebun, dengan hasil kebun itu dapat menambah hasil ekonomis bagi kehidupan manusia.
  6. Sumber daya alam yang ada dibumi seperi batu-batuan, batu mulia, pasir. Semua sumber daya alam tersebut dapat kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari.
  7. Mikroorganisme bermanfaat sebagai pengurai sisa-sisa jasad yang telah mati atau komponen lingkungan lain yang telah mati sehingga tidak terjadi penumpukan bangkai karena telah dihancurkan dan menjadi tanah kembali.
  8. Air merupakan kebtuhan pokok kehidupan manusia. Sama seperti udara, tanpa air manusia juga tidak akan bisa bertahan hidup lama

Tidak bisa dipungkiri kehidupan manusia sangat tergantung dengan lingkungan sekitar. Semakin sehat lingkungan sekitar semakin sehat pula kehidupan manusia tersebut, dan sebaliknya semakin buruk lingkungan sekitar semakin buruk kehidupan manusia yang berada di lingkungan tersebut.

Jika manusia masih menginginkan kelangsungan hidup, hendaknya manusia dari sekarang harus sudah sadar betul betapa pentingnya lingkungan sekitar untuk kelangsungan hidup manusia. Kita beruntung masih hidup dijaman ini, jaman yang masih banyak ditemukan lingkungan hidup yang sehat meski sudah banyak juga lingkungan-lingkungan yang sudah rusak dan tidak terurus bahkan dirusak dan dihancurkan oleh manusia.

Semakin bertambah tahun semakin banyak lingkungan yang telah dirusak dan dihancurkan oleh manusia. Berbagai alasan manusia-manusia tidak bertanggung jawab mennghancurkan lingkungan sekitar. Mereka tidak pernah memikirkan bagaimana kehidupan anak dan cucu mereka nanti jika suatu hari nanti lingkungan yang sehat sudah punah.

Contoh gampang jika tanah menjadi tidak sehat, maka tanah tersebut tidak akan bisa di tanami apapun. Jika tidak ada tumbuhan, hewan-hewan pun tidak ada sumber pangan dan akhirnya mati satu persatu. Jika tidak ada tumbuhan dan hewan sebagai sumber pangan, manusia pun berkurang dan alhasil manusia susah mencari sumber pangan dan dalam jangka waktu yang singkat bisa jadi akan terjadi kepunahan manusia.

Mulai dari sekarang banyak yang bisa kita lakukan demi terjaganya ekosistem lingkungan yang sehat.

  1. Buang sampah pada tempatnya.Cara ini adalah cara yang paling mudah dilakukan semua orang. Dengan kita membuang sampah pada tempatnya kita bisa menjaga kebersihan lingkungan dan menjadikan lingkungan sekitar kita bersih dan nyaman.
  2. 3 R. 3 R adalah reduce (mengurangi), reuse (menggunakan kembali) dan recycle (daur ulang). Kita menerapkan 3R pada barang-barang yang bisa merusak lingkungan.
  3. Menanam pohon lebih. Pohon dapat membantu membersihkan udara sekitar kita.
  4. Back to nature. Kembali ke alam. Dengan menggunakan hasil-hasil alam kita juga menjaga kelestarian alam tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s