Kualitas Hidup Lebih Baik dengan Menjaga Kebersihan Lingkungan

Membicarakan masalah cinta lingkungan dan juga bagaimana caranya menjaga lingkungan kita agar tetap sehat dan tidak membahayakan bagi keluarga kita. Terdengar klise memang atau bahkan naïf karena ini merupakan masalah yang tidak akan pernah selesai untuk dibicarakan. Ya, pencemaran lingkungan memang terlalu rumit untuk dijelaskan dan inilah mengapa kita harus berpikir tentang bagaimana seharusnya bertindak, bukan hanya menyimpan dalam angan-angan saja.

Memang akan ada banyak rintangan yang anda hadapi, namun terlepas dari semua itu, ini akan menjadikan kita seorang individu yang lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan dan tentunya lebih bisa menjaga apa yang ada disekitar kita. Hal ini mengacu pada pencemaran lingkungan yang semakin lama semakin menjadi-jadi. Tidak hanya udara saja, pencemaran air dan tanah pun semakin memprihatinkan sekali.

Jika tidak ada langkah konkrit, maka generasi yang akan datang pasti tidak akan mendapat apapun yang berkualitas padahal ironinya air, udara, dan tanah itu hal terpenting. Tapi mengingat kemajuan teknologi serta bertambahnya penduduk serta kegiatan industri yang semakin tinggi, tentu ini merupakan tantangan yang sangat besar sekali.

Mulailah dari Diri Sendiri

Sekali lagi, apakah kita benar bisa menghadapi kenyataan bahwa memang sebenarnya tidak mungkin mewujudkan impian kita untuk memiliki lingkungan yang sehat? Jangan pernah mengharapkan orang lain untuk melakukan pencegahan pencemaran lingkungan. Anda harus memulai dari diri anda sendiri karena ini akan lebih berguna bagi anda. Dengan memulai dari diri sendiri kita akan mampu setidaknya menjaga lingkungan sekitar kita dan keluarga.

Bayangkan saja jika semua orang berpikiran seperti anda, pastinya pencemaran lingkungan akan bisa diatasi dengan baik. Berawal dan berangkat dari anda maka pastinya anda bisa memulai hidup anda dengan lebih baik. Mulailah dari hal-hal kecil seperti dengan membuang sampah secara terpisah. Nah untuk memudahkan anda membuangnya, anda bisa menyediakan sampah basah dan sampah kering yang biasanya digolongkan dengan organik dan non organik. Lalu, apalagi yang harus dilakukan?

Nah, yang selanjutnya adalah dengan menghemat air. Karena air adalah yang paling utama dalam hidup kita. Jangan gunakan AC untuk membuat ruangan anda sejuk. Tanami pohon dihalaman anda karena dengan pohon anda akan mendapatkan udara segar setiap harinya. Udara yang baik dan berkualitas tentunya. Untuk itu, jika anda memang ingin udara segar, pastikan bukaan rumah anda selalu anda buka setiap pagi agar udara masuk dan keluar dengan baik. Hal ini akan sangat baik bagi kebutuhan anda.

Belajar, Terapkan, dan Sebarkan

Setelah anda berangkat dari diri anda sendiri, anda bisa belajar lebih lagi tentang bagaimana anda bisa memulai belajar tentang banyak pencemaran lingkungan serta bagaimana anda bisa mendapatkan pembelajaran tersebut dengan baik. Jika perlu, anda bisa memulai dengan mendaur ulang sampah seperti sampah plastik dan sebagainya. Ini mungkin terkesan simpel namun dampak terhadap lingkungan anda sendiri sangatlah signifikan. Anda pasti bisa memulai dari diri anda sendiri dan ini merupakan sebuah hal yang sangat amat positif sekali bagi anda.

Jangan pernah menganggap hal ini sia-sia karena nantinya anda akan mendapatkan sebuah hal yang paling penting bagi anda dan orang-orang disekitar anda, yakni lingkungan yang bersih dan nyaman tentunya. Wah, hebat bukan apa yang akan anda hasilkan nantinya. Jika anda sudah bisa tertib dengan melindungi lingkungan anda, maka anda bisa mengajak orang lain untuk melakukan hal yang sama dengan anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s