Cintai alam, hentikan global warming

Mencintai alam pada dasarnya bukanlah suatu hal yang sulit untuk dilakukan. Bagimana pun sukarnya, kita tetap harus mampu memberikan yang terbaik untuk bumi sebagai tempat kita ini. Bagaimana mungkin kita bisa bertahan lebih lama jika pemanasan global terus saja terjadi?

Apa itu pemanasan global?

Pemanasan global adalah sebuah proses dimana suhu bumi meningkat tajam menjadi semakin panas. Sebenarnya ini adalah proses alami karena semakin hari semakin bertambah suhunya akan tetapi saat ini yang terjadi adalah proses yang sangat berbahaya yang bahkan akan mampu membuat manusia musnah dari muka bumi ini.

Dengan cepat jika keadaan ini dibiarkan terus menerus terjadi maka akan merugikan dan membunuh generasi kita seterusnya. Lingkungan pun akan menjadi sangat tidak kondusif untuk ditinggali. Pemanasan global menyebabkan oksigen yang ada terus berkurang dan bahkan menjadikan banyaknya racun yang ada yang justru membuat tubuh semakin buruk kondisinya.

Bagaimanapun Tuhan sudah menciptakan alam untuk seimbang dengan para isinya dan ketika manusia merusak semuanya tentu saja akan semakin sulit untuk mencapai kondisi alam seperti yang dahulu kala. Coba saja anda bandingkan kondisi alam kita saat kita masih kecil kira-kira 20 tahun lalu dengan sekaran ini.

Dahulu kala jam 11 siang itu masih terasa sejuk dan matahari masih sehat untuk kulit dan tulang kita saat berjemur tetapi saat ini, jam 8 pagi saja panasnya sudah terasa sangat menyengat di kulit tubuh. Bahkan tidak ada lagi bayi-bayi yang dijemur diatas jam 8 pagi karena khawatir terkena sinar ultraviolet yang berlebihan.

Hutan yang dulu rimbun dan segar saat ini sudah gundul panas dan selalu saja ditebangi pohonnya sampai habis. Lingkungan rumah yang dahulu asri karena masih banyak sawah dan pepohonan sekarang panas dan harus menggunakan AC agar terasa segar. Semua itu tentu saja membuat kehidupan kita terasa tidak nyaman.

Efek pemanasan global

Ada banyak sekali efek atau akibat dari adanya pemanasan global yang semakin meningkat, salah satunya adalah suhu udara yang semakin panas, pengap dan membuat kulit kering. Bagi anak-anak, mereka akan semakin mudah sakit karena panas yang luar biasa menerpa kulit. Banjir dimana-mana karena tidak adanya pohon yang menopang air di hutan.

Es di kutub utara sudah mencair. Bahkan es purba dari gunung purba pun mulai longsor. Air laut semakin tinggi karena mencai nya es di kutub dan bahkan bisa menyebabkan tenggelamnya wilayah tertentu karena hal tersebut. Semakin terasanya efek rumah kaca di Jakarta karena udara panas, tetapi menyebabkan kulit menjadi putih karena pengap.

Polusi di udara semakin menggila tanpa ada kesadaran dari berbagai pihak untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor. Tumbuhan akan semakin punah. Hewan-hewan purba sudah semakin langka karena alam tempat mereka tinggal sudah dirusak oleh manusia. Dan lama-kelamaan manusia akan punah karena adanya banjir dari naiknya air laut ke daratan akibat mencairnya es di kutub, apakah hal tersebut yang kita harapkan?

Seharusnya semua bisa dicegah dengan penanaman pohon. Menggunakan barang-barang yang bisa di daur ulang kembali. Menghemat penggunaan AC di ruangan dan lainnya. Tindakan nyata seperti itu justru akan membantu bumi kita untuk diselamatkan. Bukankah tidak ada satupun manusia yang ingin generasinya hidup menderita?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s