Usaha Pelestarian Lingkungan Yang Sangat Bermanfaat

Setiap usaha pelestarian lingkungan akan berakibat positif terhadap semakin lestarinya lingkungan sekitar kita dan anak cucu kita akan masih dapat menikmati keindahan serta manfaat lingkungan hidup untuk berabad-abad mendatang. Oleh sebab itu usaha melestarikan lingkungan menjadi tanggung jawab kita semua dan bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja.

Kombinasi yang terbaik adalah adanya sinergi antara pemerintah dan masyarakat dalam melestarikan lingkungan bahkan ada beberapa payung hukum bagi pemerintah dan juga masyarakat dalam melestarikan lingkungan.

Kebijakan yang dikeluarkan pemerintah itu antara lain adalah UU nomer 4 tahun 1982 yang berisi ketentuan pokok pengelolaan lingkungan hidup, SK Menteri Industri tentang pengamanan bahan beracun dan berbahaya bagi industri, PP no 29 Tahun 1986 tentang AMDAL dan masih beberapa lagi aturan yang mengatur tentang pelestarian lingkungan.

Usaha-Usaha Pelestarian Lingkungan Yang Dapat Dilakukan

Ada banyak usaha pelestarian lingkungan yang bisa dilakukan secara individu maupun kelompok. Sedikit usaha pelestarian sudah berdampak sangat positif bagi kelangsungan kehidupan lingkungan hidup sekitar kita. Mari kita lihat satu-persatu apa yang bisa kita lakukan untuk melestarikan lingkungan.

Hal pertama yang bisa kita lakukan adalah melakukan pengolahan tanah dengan tepat dan guna. Artinya pengolahan tanah harus sesuai dengan kondisi tanah dan kemampuan lahan. Jika tanah memang diperuntukkan sebagai lahan sawah, maka sebaiknya tidak dipergunakan untuk lahan perumahan atau pertambangan.

Mengatur sistem irigasi dengan baik termasuk saluran drainase sehingga aliran air lancar dan tidak tergenang. Hal ini akan mengurangi penggunaan air yang berlebihan sehingga pada saat kemarau tidak terjadi kekeringan dan pembuatan sumur dalam untuk irigasi yang bisa membuat kerusakan bagi tampungan air dalam.

Hal kedua yang bisa dilakukan adalah dengan mengolah limbah secara baik dan benar. Sangat dilarang untuk membuang limbah langsung kesungai tanpa diolah terlebih dahulu. Membuang limbah langsung kesungai akan mencemari sungai dan bisa membunuh biota sungai serta terganggunya aktifitas warga yang akan mempergunakan sungai sebagai kebutuhan sehari-hari.

Hal ketiga untuk melestarikan lingkungan adalah dengan reboisasi tanah-tanah gundul dan kritis. Reboisasi atau penanaman kembali lahan adalah cara yang paling baik untuk melestarikan lingkungan. Selain itu dengan reboisasi maka kelestarian sumber daya air akan terjaga dengan baik dan juga fauna yang ada akan semakin berkembang.

Keuntungan lainnya dari reboisasi yaitu tanaman yang tumbuh akan bisa ditebang beberapa puluh tahun lagi sehingga akan menghasilkan. Ketika akan menebang, sebaiknya dilakukan tebang pilih yaitu memilih tanaman yang sudah tua dan siap ditebang. Selain itu menanami kawasan pantai dengan tanaman bakau juga sangat bermanfaat untuk menjada biota laut serta mencegah erosi pantai.

Usaha-Usaha Pelestarian Lingkungan Oleh Siswa

Sebagai seorang pelajar ataupun mahasiswa, kalian juga bisa ikut melestarikan lingkungan dengan cara yang sangat mudah bahkan anda tidak perlu keluar dari lingkungan sekolah dan pergi ikut reboisasi.

Hal-hal yang bisa anda lakukan antara lain dengan menghemat penggunaan kertas dan pensil karena kedua benda tersebut berbahan baku kayu yang diambil dari hutan. Selain itu sangat baik jika kalian membuang sampah pada tempatnya dan memanfaatkan barang-barang hasil daur ulang.

Jika anda naik motor atau mobil ke sekolah dan kampus, maka hematlah penggunaan bahan bakar dengan cara naik angkutan umum. Hemat air dan listrik juga bisa menjadi langka nyata pelestarian lingkungan. Terakhir, aktiflah dalam merawat lingkungan sekitar rumah kalian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s