Tips Bijak Ikut Melestarikan Lingkungan

Saat ini pemerintah sedang giat-giatnya melestarikan lingkungan. Banyak program berdana besar yang digelontorkan untuk LSM yang mau ikut membantu terlaksananya program pelestarian lingkungan tersebut. Tak terkecuali artis-artis dan juga pejabat yang dikerahkan untuk mengkampanyekan pentingnya kelestarian lingkungan untuk masa depan bangsa dan negara.

Saat ini tingkat kerusakan lingkungan sudah sangat parah dan mencemaskan hal itu bisa dilihat dari banyaknya berita banjir yang melanda ibukota serta kota-kota besar lainnya, berubahnya cuaca yang tidak menentu, kekeringan, kebakaran hutan, dan pencemaran udara, sungai dan tanah oleh zat yang beracun.

Jika tidak kita hentikan pengrusakan alam semacam itu maka anak cucu kita tidak akan bisa menikmati lagi kekayaan alam yang sangat berlimpah ini bahkan mereka akan merasakan akibat buruk dari segala bentuk kerusakan lingkungan tersebut seperti timbulnya penyakit baru dan juga tidak nyamannya kehidupan karena lingkungan yang sudah rusak.

Oleh sebab itu sebelum alam menjadi tidak bersahabat dengan kita maka sebaiknya kita berusaha keras memperbaiki dan melestarikan alam ini. Ada banyak terobosan atau tindakan yang bisa dilakukan untuk membantu menjaga kelestarian lingkungan sekitar kita. Ada banyak tips yang bisa anda lakukan nuntuk turut serta menjaga bumi kita dari kerusakan yang semakin parah.

Tips Menjaga Kelestarian Alam

Ada banyak hal yang bisa anda lakukan demi terjaganya kelestarian lingkungan dan beberapa tips berikut ini bisa menjadi ide bagi anda untuk ikut melestarikan lingkungan disekitar anda. Tips ini sangat berguna untuk mengurangi kerusakan lingkungan yang terjadi karena eksplorasi dan pemanfaatan yang tidak terkontrol.

Tips pertama adalah dengan membeli produk yang tidak diproduksi dengan banyak energi dan sumber daya alam. Produk-produk yang dimaksud adalah produk ramah lingkungan yang tidak mempergunakan kemasan yang menyerap sumber daya alam serta bisa didaur ulang agar tidak mencemari lingkungan.

Contoh sederhana adalah membeli minuman dengan botol kaca, atau membeli minuman dalam gelas dan diminum ditempat sehingga bisa mengurangi sampah plastik. Selain itu, jika berbelanja bawalah tempat belanjaan sendiri seperti tas atau kardus sehingga tidak mempergunakan plastik dan bisa dipakai berulang-ulang.

Tips kedua adalah mengurangi penggunaan mobil dan motor. Jika memungkinkan, pergunakan sepeda atau jalan kaki, jika agak jauh bisa dengan naik bis atau dengan mobil tapi bersama-sama dengan banyak teman sehingga irit BBM.

Hemat listrik adalah tips berikutnya. Ada banyak cara hemat listrik diantaranya adalah dengan mematikan lampu saat tidak digunakan dan pergunakan lampu hemat energi. Jika anda mempergunakan pompa air dengan watt besar, sebaiknya pergunakan tangki air yang cukup besar untuk menampung air sehingga tidak terlalu sering pompa air menyala.

Saat dirumah, usahakan membuat jendela dari kaca bening sehingga cahaya bisa masuk dan lampu bisa dimatikan semua saat siang. Matikan AC saat udara masih sejuk dan set AC pada suhu sedang saja.

Tips Praktis Lainnya Untuk Melestarikan Lingkungan

Ada juga tips praktis lainya untuk ikut mendukung pelestarian lingkungan seperti mempergunakan tas kain bukan tas plastik untuk berbelanja karena tas plastik terbuat dari bahan minyak bumi dan juga sangat sulit dihancurkan oleh alam sehingga menjadi limbah yang berbahaya.

Pergunakan barang bekas seperti kaleng bekas dan kotak plastik untuk menyimpan item-item kecil dengan begitu anda mengurangi jumlah sampah yang anda buang. Perhatikan pula untuk memisahkan antara sampah organik dan organik atau sampah basah dan sampah kering sehingga saat membuang bisa langsung dimasukkan kedalam fasilitas sampah yang sesuai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s