Lingkungan Adalah Warisan Bagi Anak Cucu Kita

Dunia ini sangat luas dan juga sangat kaya. Banyak sekali sumber daya yang ada didalam perut dan permukaan bumi ini yang sangat dibutuhkan oleh penduduk dunia. Namun, dunia kita semakin tua dan semakin renta. Setiap hari ribuan ton sumber daya alam disedot untuk kebutuhan hidup manusia. Bahkan banyak negara yang mengeksploitasi sumber daya secara gila-gilaan dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan secara maksimal dengan tanpa menghiraukan kelestarian lingkungan disekitarnya.

Contoh Eksplorasi Lingkungan Yang Membahayakan Lingkungan

Contoh yang paling mudah adalah penebangan pohon dihutan yang tidak menghiraukan kelestarian lingkungan dengan tidak memilih pohon yang sudah tua saja yang ditebang namun semua pohon dibabat baik kecil dan besar. Selain itu tidak menanami kembali area yang telah ditebang juga bisa merusak lingkungan.

Ada banyak jenis kerusakan lingkungan yang bisa terjadi dengan penebangan pohon dalam skala besar. Pertama, hutan menjadi gundul dan akibatnya dalah daerah resapan air berkurang dan tanah menjadi lemah terhadap erosi yang bisa menyebabkan tanah longsor yang sangat berbahaya bagi pemukiman disekitar hutan.

Kedua, hutan yang gundul membuat air tidak bisa meresap kedalam tanah, akibatnya selain banjir adalah terjadinya kekeringan saat masa kemarau. Mata air akan mengering karena tidak ada tampungan air yang tersedia. Selain itu, dengan hutan yang gundul, habital hewan juga tergusur. Akibatnya hewan-hewan yang kelaparan akan menyerang pemukiman dan memakan segala sesuatu yang ditanam di lahan pertanian masyarakat.

Itu hanyalah secuil akibat dari kerusakan hutan padahal ada banyak sekali jenis kerusakan lingkungan yang dilakukan oleh tindakan eksplorasi yang berlebihan. Oleh sebab itu sebaiknya kita sadar diri dan menjaga lingkungan kita karena lingkungan dan bumi ini adalah warisan buat anak cucu kita.

Bumi Adalah Warisan Untuk Anak Cucu Kita

Bumi ini bukan saja tempat tinggal kita yang bisa kita eksplorasi sekehendak hati kita. Bumi ini adalah warisan untuk anak cucu kita. Jika kita habiskan segala sumber daya alam yang ada, bagaimanakah kelak kehidupan anak cucu kita?

Oleh sebab itu kita harus memulai melestarikan alam ini dari diri kita sendiri. Bisa kita mulai dengan hal-hal kecil yang biasa dan bisa kita lakukan setiap hari seperti mengurangi sampah, mempergunakan barang yang bisa didaur ulang serta bisa dipergunakan berulang kali, tidak menebangi pohon sembarangan namun memenuhi pekarangan kita dan lahan-lahan kosong dengan tanaman yang bermanfaat.

Hal lain yang bisa kita perbuat untuk melestarikan lingkungan adalah dengan mengurangi konsumsi bahan bakar minyak seperti mobil dan motor karena jumlah minyak didalam perut bumi diperkirakan akan habis beberapa dekade lagi. Dengan melakukan hal-hal kecil tersebut, kita sudah berperan banyak dalam pelestarian lingkungan, terlebih lagi jika perbuatan melestarikan lingkungan tersebut dilakukan oleh seluruh penduduk dunia.

Selain itu dalam jangka panjang, kita harus juga mengajarkan kepada anak cucu kita untuk menyayangi dan melestarikan lingkungan agar anak cucu mereka juga masih merasakan sumber daya alam yang sangat kaya ini.

Bila semua orang bisa mempergunakan sumber daya alam dengan bijaksana serta mampu menjaga kelestarian lingkungan, maka kehidupan penduduk bumi akan lebih terjamin dalam jangka waktu yang lebih lama. Marilah kita semua melestarikan lingkungan dan juga bumi kita agar anak cucu kita bisa menikmati keindahan lingkungan serta sumber daya alam yang maha kaya ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s