Hemat Energi untuk Menyelamatkan Bumi

Lingkungan merupakan suatu wadah kehidupan yang senantiasa perlu dijaga dan dikelola secara bijak. Hal ini sangat diperlukan supaya kelangsungan hidup manusia dapat terus berjalan dengan baik. Namun keadaan yang begitu kontras membuat segalanya dapat terjadi.

Munculnya permasalahan-permasalahan lingkungan sangat perlu diberikan perhatian khusus agar keseimbangan tetap terjaga. Pencemaran lingkungan, penebangan liar, tata letak kota, pemborosan sumber daya atau energi adalah hal-hal yang selama ini seperti menjadi makanan sehari-hari.

Sebagaimana yang kita dengar dan kita alami selama ini, kelangkaan bahan-bakar terjadi di mana-mana. Hal ini merupakan dampak dari kurang bijaknya pengelolaan energi yang merupakan bagian dari lingkungan. Perlu kita sadari bahwa semakin waktu maka pertumbuhan penduduk pun akan semakin meningkat. Akibatnya kebutuhan energi untuk kelangsungan hidup pun akan kian bertambah sedangkan sumber yang ada jumlahnya tidak bertambah bahkan kian berkurang.

Munculnya permasalahan ini perlu dipikirkan secara dewasa dan dengan penuh kesadaran. Karena bagaimanapun energi adalah suatu hal yang vital untuk mempertahankan kelangsungan kehidupan. Jika tidak dikelola dengan baik maka habis sudah kisah kehidupan manusia di bumi ini. Lalu apa penyelesaian riil yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan energi ini?

Yang jelas perlu adanya adalah kerjasama antara orang-orang cerdas, orang-orang yang peduli lingkungan, dan juga orang-orang yang berkuasa yakni pemerintah.

Penipisan Jumlah Energi dan Dampaknya

Energi itu sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam. Di antaranya adalah energi cahaya, energi listrik, dan energi-energi lainnya. Jika kita telaah lebih dalam, energi-energi tersebut asalnya adalah dari alam atau lingkungan. Sebagai contoh yang paling sederhana adalah energi yang ada dalam tubuh kita. Dari manakah energi tersebut berasal? Dari alam.

Contoh lainnya, energi listrik dari mana asalnya? Dari alam yang diambil dengan cara penambangan. Begitupun energi-energi lainnya. Energi yang berada di alam tentunya memiliki jumlah yang terbatas. Hal ini memanglah tidak sesuai dengan pertambahan penduduk yang terjadi. Untuk itu perlu adanya penyimpanan atau pengelolaan energi dengan seefektif mungkin agar energi yang ada tetap dapat dimanfaatkan hingga beberapa masa ke depan.

Namun hal ini rasanya memanglah begitu sulit untuk dilakukan mengingat jumlah energi yang saat ini sudah kian menipis dan menipis. Perlu ada cara lain sebagaimana yang telah ditemukan oleh ilmuwan-ilmuwan yakni dengan cara memanfaatkan energi yang sifatnya dapat diperbarui.

Yang dimaksud dengan energi yang dapat diperbarui adalah energi yang berasal dari sumber-sumber yang dapat diperbarui misalnya dari tumbuh-tumbuhan dan sebagainya. Hal ini tentu cukup membantu pasokan energi yang sudah kian habis ini. Selain itu, sistem penyelamatan energi yang saat ini sedang digencarkan adalah dengan memformasikan peralatan-peralatan yang irit dalam penggunaan energi.

Seperti menciptakan lampu dengan daya yang kecil namun cahaya yang dihasilkan tetap dalam jumlah yang sama. Contoh lainnya adalah dengan menyusun mesin-mesin yang dapat memanfaatkan bahan bakar secara lebih irit. Dengan penyelesaian dalam bentuk ini pastinya juga memiliki pengaruh bagi penghematan energi yang ada.

Perlunya Sinkronisasi dan Kerjasama

Penyelesaian-penyelesaian seperti yang dijelaskan sebelumnya merupakan penyelesaian yang berasal dari para ilmuwan dan juga para pecinta lingkungan. Ada satu hal lagi yang tak kalah pentingnya dalam menentukan semua itu, yakni pemerintah. Pemerintah adalah pihak yang paling berkuasa untuk mendukung penyelesaian yang ditawarkan tersebut.

Tanpa persetujuan dan dukungan dari pemerintah tentu hal ini tidak akan terwujud dan permasalahan energi pun akan tetap memburuk. Untuk itu jika pemerintah berkenan memberikan dukungan dalam hal ini tentu semua alternatif tersebut dapat terwujud dan bersifat merata ke seluruh kehidupan manusia. Saat semua pihak telah bekerja dengan sinkron, maka program penghematan energi guna menyelamatkan bumi ini pun akan terwujud.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s