Gerakan Nyata Peduli Lingkungan

Isu lingkungan kian hangat selain isu lain yang dihadapi manusia dalam kehidupannya. Secara sadar ataupun tidak, manusia terkena pengaruhnya secara langsung walau dampaknya itu semakin parah di kemudian hari dan bukannya sekarang juga.

Misalnya saja setiap saat menghirup racun karbonmonoksida alias asap hasil pembakaran mesin kendaraan bermotor, manusia langsung terkena efeknya—akibat paru-parunya bekerja terlalu berat akibat asap yang dihirup—namun ia tidak menyadarinya karena belum terlalu parah sampai menjadi gangguan ISPA (infeksi saluran pernapasan akut) atau gangguan lain pada organ pernapasan.

Tentu saja pencemaran udara hanya salah satu dari isu lingkungan yang kian memprihatinkan. Bila masih ada yang mengira bahwa isu lingkungan tidak mempengaruhi hidupnya, maka perlu membuka pikiran, dan memeriksakan kesehatan fisiknya secara menyeluruh karena siapa tahu polusi lingkungan telah memberikan dampak pada kesehatan jasmaninya tanpa disadari.

Kampanye Cinta Lingkungan

Pada hakikatnya, dengan semakin bertumbuhnya perkembangan teknologi, banyak yang menyadari untuk melakukan gerakan dalam kaitannya dengan isu lingkungan. Diiringi pula tumbuhnya tingkat kesadaran tentang Bumi yang menjadi tempat berpijak dan berlindung harus dijaga dan dirawat. Semakin gencar pula kampanye cinta lingkungan alam sebagai bagian dari pendidikan untuk anak-anak baik di sekolah formal maupun nonformal, juga di keluarga dan masyarakat sekitar.

Menanamkan pemikiran serta sikap peduli lingkungan kepada generasi baru semenjak kecil menjadi bagian dari kampanye tersebut. Selain itu, memupuk rasa tanggung jawab untuk memelihara lingkungan dengan menyadari bahwa lingkungan begitu banyak berjasa bagi kehidupan manusia sehingga dilarang menyia-siakannya.

Penyebarluasan informasi dan fakta akurat yang didukung dengan bukti kuat mengenai pemanasan global telah dilakukan sejak sekian tahun ke belakang, namun belum menyeluruh—bahkan mencakup lingkup yang begitu kecil seperti di lembaga pendidikan (sekolah) saja, dan tidak disampaikan secara luas ke masyarakat umum—sehingga seolah hanya sekadar mitos dan rumor belaka.

Tindakan Cinta Lingkungan

Program kampanye paling simpel adalah membuang sampah pada tempatnya, tidak di sungai dan area bantarannya; memisahkan sampah organik dengan yang nonorganik; sampah atau limbah yang sulit hancur seperti plastik sebaiknya dibakar, lebih baik lagi bila berusaha untuk mengurangi penggunaan materi dari busa styrofoam (gabus sintetis) dan plastik seperti kantong plastik (tas kresek) misalnya dengan cara membawa tas kain atau tas dari bahan lain yang kiranya awet saat berbelanja ke pasar tradisional ataupun pusat perbelanjaan modern.

Selain itu, di tingkat yang lebih tinggi, tidak mendirikan bangunan permanen seperti misalnya, rumah atau perkantoran di bantaran sungai. Selain mengurangi daerah resapan air, pendirian bangunan di bantaran kali menaikkan risiko pembuangan sampah di sungai dari orang-orang yang memanfaatkan atau menghuni bangunan tersebut.

Membuat desain arsitektur gedung dan rumah sesuai iklim, jangan paksakan untuk membangun sebuah rumah yang cocok untuk iklim tropis di wilayah beriklim empat musim. Ini tentu sebagai salah satu tindakan nyata untuk berpartisipasi dalam program penghematan, khususnya dalam kaitannya dengan penghematan pendingin ruangan dan pemanas ruangan.

Tidak merusak lingkungan, contohnya saja tidak mengganggu habitat tanaman atau hewan apa pun apalagi yang termasuk sudah nyaris punah, selain parasit yang sudah keseimbangan ekosistem itu sendiri.

Eceng gondok yang sudah terlalu banyak jumlahnya di satu rawa, tapi bahkan eceng gondok pun dapat dibasmi dengan cara memanfaatkannya setelah diproses terlebih dahulu menjadi berbagai macam kerajinan, misalnya dijadikan tas, dompet, atau suvenir lain. Sebagai tambahan, digiatkannya ilmuwan dan investor untuk menciptakan penemuan teknologi ramah lingkungan seperti alat untuk mengurangi polusi dan sebagainya.

One thought on “Gerakan Nyata Peduli Lingkungan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s