Bumi Menua, Bumi Merana

Bumi merupakan tempat hidup manusia, hewan, alam beserta isinya. Namun, miris bumi yang dulunya terlihat hijau, kini sudah semakin menghilang. Manusia-lah yang menjadi pelaku utama dari kerusakan yang saat ini menimpa bumi tercinta.

Bencana alam terjadi di mana-mana, pencemaran, penebangan hutan, asap pabrik sudah biasa. Ekosistem tumbuhan sudah tak terjaga, hewan sudah mulai punah, serta manusia sendiri-pun menanggung akibatnya. Namun di balik kerusakan alam ini, ternyata masih ada yang peduli dengan melakukan berbagai cara, seperti reboisasi, sosialisasi, dll.

Penyebab dan Dampak Kerusakan Alam

Bumi sudah menjadi gudang polusi, dimana udara, air, dan tanah yang menjadi sumber penghidupan manusia sudah tercemar. Umur bumi yang semakin menua, serta kerusakan yang semakin parah dikhawatirkan akan mempengaruhi aktivitas bumi beserta isinya. Berikut beberapa penyebab kerusakan bumi;

  1. Penyebab utama polusi udara adalah asap kendaraan bermotor, asap pabrik, bahkan asap rokok juga punya andil di dalamnya. Situasi seperti ini mengakibatkan pada kadar panas bumi yang semakin memanas, sehingga berdampak adanya pemanasan global. Dampak nyatanya terlihat pada beberapa bencana alam yang terjadi, seperti iklim yang semakin tidak menentu, es kutub mencair, dll.
  2. Pencemaran air dan tanah yang diakibatkan oleh pembuangan limbah pabrik dan sampah rumah tangga ke sungai atau laut. Zat-zat beracun yang terkandung dalam limbah akan terserap tanah, serta akan mengendap di dalam tanah dan mencemari air tanah. Air yang sudah terkontaminasi dengan logam maupun zat beracun ini berbahaya untuk dikonsumsi, karena dapat menimbulkan penyakit.
  3. Penebangan hutan secara liar merupakan penyebab kerusakan alam selanjutnya. Pembabatan yang dilakukan mengakibatkan hutan menjadi gundul. Hal ini berdampak pada berkurangnya kuota air tanah, longsor, bahkan kepunahan flora dan fauna. Bencana tanah longsor ini juga menelan puluhan korban nyawa.

B. Kepedulian Membawa Angin Segar

Apakah kerusakan alam ini akan berlanjut, dan akan semakin berdampak buruk bagi generasi yang akan datang? Sekarang ini saja, bumi sudah mulai tak bersahabat. Mungkin alam marah dengan perilaku manusia yang sengaja merusak alam. Untung saja masih ada yang peduli dengan kelangsungan bumi kita, mereka melakukan beberapa tidakan yang diharapkan dapat memperkecil kerusakan, yaitu:

  1. Penanaman hutan kembali atau reboisasi. Tindakan ini dilakukan pada beberapa hutan gundul, yang bertujuan untuk menghijaukan kembali hutan dan mencegah tanah longsor.
  2. Pembersihan sampah massal di sungai dan laut. Dengan bersihnya sungai dan laut dapat mengurangi resiko banjir yang terjadi jika hujan datang.
  3. Daur ulang sampah. Mendaur ulang sampah menjadi salah satu solusi tepat. Untuk bahan-bahan dari plastik, mereka dapat mendaur ulang menjadi mainan, tas, atau kerajinan tangan lainnya. Untuk sampah organik, mereka memanfaatkannya untuk dibuat pupuk.
  4. Pembuatan mobil dan motor bebas asap beracun. Beberapa karya kendaraan tanpa asap beracun ini juga dapat mengurangi kadar polusi udara di bumi.
  5. Sosialiasi berkala. Kegiatan ini dilakukan untuk menyadarkan masyarakat bahwa bumi harus dijaga dengan tidak mencemari dan membuat kerusakan. Untuk para penebang pohon, sebaiknya tanam kembali bibit pohon, setelah penebangan.
  6. Peduli sosial dengan tema ‘tanam 1000 pohon’ bagi semua kalangan, baik dewasa, remaja, hingga anak-anak. Kegiatan ini akan membuka mata mereka bahwa alam harus terjaga kelestariannya untuk kelangsungan makhluk hidup serta manusia itu sendiri.

Lakukan hal kecil mulai dari sekitar, dengan membuang sampah pada tempatnya akan berdampak positif bagi alam. Hijaukan kembali bumi tercinta, lestarikan alam dan sekitar. Dan hiduplah sehat hari ini, esok, lusa, dan selamanya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s