Bagaimana Nasib Anak Cucu Kita 50 Tahun ke Depan?

Lingkungan adalah sebuah ruangan kehidupan di mana kita melangsungkan dan menggantungkan hidup. Di dalam lingkungan terdapat berbagai komponen yang turut berperan dalam kehidupan kita. Komponen air, udara, tumbuhan, hewan dan binatang, tanah, serta manusia merupakan unsur-unsur yang selama ini kita singgahi dalam kehidupan. Lalu bagaimana jika kesemua komponen tersebut makin hari kian menurun kualitasnya?

Air, udara, tanah yang kian tercemar tentu akan menimbulkan permasalahan besar bagi kehidupan. Sampah yang kian menumpuk di mana-mana, bagaimana hal ini tidak memancing datangnya penyakit?

Berdasarkan apa yang kita amati selama ini, kita sendiri menyaksikan sendiri bahwa memang kualitas lingkungan kita semakin menurun. Lalu bagaimana dengan nasib anak cucu kita kelak? Apakah kita rela melihatnya hidup menderita akibat lingkungan hidupnya yang tak bersahabat?

Hal ini sangatlah mengerikan untuk dibayangkan. Padahal sejatinya ini merupakan kenyataan yang harus kita hadapi. Bagaimanapun manusia sendirilah yang memiliki peran besar terhadap penataan dan pengelolaan lingkungan. Manusia yang tidak bertanggung jawab hanya akan memperburuk keadaan.

Yang perlu kita lakukan adalah menciptakan kepribadian manusia yang penuh tanggung jawab terhadap kehidupan dan juga lingkungannya. Mungkin ini lah cara yang terbaik dalam menghilangkan kecemasan yang kita alami selama ini.

Dari Manusia dan Berdampak pada Manusia

Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya, bahwa permasalahan lingkungan yang dihadapi saat ini bukanlah permasalahan biasa yang bisa diselesaikan dalam sekejap mata. Perlu adanya kesadaran diri dan kerja sama yang baik antar individu agar tercipta lingkungan yang sebaik-baiknya.

Mungkin sebagian orang ada yang sudah menyadari bagaimana dampak pencemaran lingkungan yang selama ini terjadi. Mungkin juga ada yang merasakan tetapi belum menyadari. Nah! Di sinilah titik awal yang semestinya dipertimbangkan dan diproses demi kebaikan lingkungan. Mengingat dampak pencemaran dan kerusakan lingkungan begitu memperburuk kehidupan yang dijalani.

Banyak orang melakukan penebangan liar. Apakah alam bisa seimbang jika pohon-pohon yang merupakan paru-paru dunia ini terus dihabiskan? Tentu tidak. Hal ini berdampak besar terhadap peningkatan suhu bumi yang biasa disebut dengan fenomena global warming.

Banyak orang membuang sampah sembarangan. Sampah-sampah plastik dan sampah-sampah anorganik adalah benda-benda yang membutuhkan waktu sangat lama untuk dapat terdegradasi. Hal ini akan menyebabkan pencemaran tanah yang berujung pada rendahnya nilai kesuburan tanah sebagai lahan hidup tumbuh-tumbuhan.

Terlebih lagi banyak sekali orang yang membuang sampah di sungai. Jika hal ini dilakukan terus menerus, maka akan terjadi pendangkalan sungai yang berujung pada banjir yang tentu sangat merugikan masyarakat itu sendiri. Lalu dapatkah Anda memikirkan bagaimana masa depan anak cucu kita dengan adanya permasalah lingkungan tersebut?

Lestarikan Lingkungan Sejak Dini

Anak cucu kita bisa saja akan sangat tersiksa dengan adanya permasalahan dan kerusakan lingkungan seperti yang ada pada saat ini. Yang saat ini dialami saja sudah begitu terasa efeknya, apalagi 20 atau 50 tahun ke depan? Rasanya sudah begitu jelas akan bagaimana dampaknya. Untuk itu perlu adanya penyelesaian yang cerdas dan dimulai sejak dini ataupun sekarang.

Dengan meningkatkan kesadaran manusia terhadap pentingnya lingkungan, semestinya akan terjadi perubahan yang luar biasa untuk saat ini atau pun untuk kedepannya. Membudayakan mencintai tanaman, membuang sampah pada tempatnya, pengolahan sumber daya yang baik, penggunaan sistem yang ramah lingkungan, dan sebagainya rasanya akan berdampak besar bagi kebaikan lingkungan di mana kita berada saat ini. Oleh karena itu mari kita jaga lingkungan demi masa depan anak cucu kita yang lebih baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s