Tips Menghadapi Banjir

Bagi anda yang mempunyai tempat tinggal di lingkungan rawan banjir tentu merasa kerepotan saat banjir datang. Agar anda tidak kebingungan saat banjir datang, maka ada baiknya mempersiapkan segala sesuatunya sebelum banjir menghantam tempat tinggal anda. Selamatkan barang-barang yang menurut anda penting dan siapkan juga beberapa hal untuk memudahkan gerak-gerik anda ketika banjir datang.

Persiapan menghadapi banjir

Di lingkungan yang rawan banjir anda harus selalu waspada ketika musim hujan tiba. Ikuti tips di bawah ini untuk mempersiapkan segala sesuatu yang perlu dilakukan agar mempermudah anda dalam menghadapi banjir.

Pisahkan barang-barang penting

Barang-barang penting seperti ijazah, sertifikat dan surat-surat berharga lainnya sebaiknya disimpan di satu tempat yang tinggi. Contohnya di lantai dua, atau di atas lemari. Selain itu, bungkus barang-barang tersebut dengan pembungkus anti air, misalnya kresek atau plastik bekas.

Packing barang-barang

Jika situasi banjir tidak memungkinkan anda untuk menetap di rumah dan membuat anda sekeluarga harus mengungsi, maka ada baiknya menyiapkan barang-barang penting yang bisa dibawa. Jangan membawa barang-barang yang tidak diperlukan sehingga akan menghambat anda nantinya. Contoh barang penting yang bisa dibawa adalah baju, obat-obat dan bahan makanan.

Persiapkan alat evakuasi

Anda bisa menyiapkan alat evakuasi sederhana sehingga dapat mempermudah anda dan keluarga anda ketika terjadi banjir. Contoh barang yang bisa anda persiapkan adalah jaket pelampung, ban pelampung ataupun perahu karet yang sederhana untuk mengangkut keluarga anda.

Tidurlah di tempat aman

Untuk menghindari banjir dadakan saat anda tertidur, maka usahakan untuk tidur di tempat yang anda anggap aman. Contohnya anda bisa tidur di lantai dua rumah anda saat musim hujan dengan curah hujan yang tinggi.

Tentukan tempat mengungsi

Jika keadan lebih buruk dari apa yang anda perkirakan sehingga anda harus mengungsi dari rumah anda maka sebaiknya tentukan pilihan tempat yang akan anda kunjungi. Anda bisa memilih tempat seperti rumah saudara yang tidak terkena banjir atau mengungsi ke tempat yang sudah disediakan oleh pemerintah.

Pastikan alat komunikasi tetap aktif

Jangan lupa untuk mengecas hp sehingga anda tetap bisa waspada dan mengikuti perkembangan keadaan serta instruksi dari aparat sekitar.

Bersihkan rumah setelah banjir

Setelah banjir surut maka sebaiknya anda cepat-cepat membersihkan rumah serta lingkungan anda agar terhindar dari jamur dan berbagai penyakit yang dapat berdampak buruk pada kesehatan anda. Tetapi ingatlah bahwa anda tetap harus waspada saat membersihkan rumah anda karena tempat yang sudah terkena banjir biasanya tidak baik bagi kesehatan anda.

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika membersihkan rumah setelah banjir, ikuti tips di bawah ini agar anda terhidar dari penyakit yang diakibatkan jamur dan bakteri.

  1. Keluarkan segala macam perabot dari rumah anda dan segera bersihkan serta keringkan rumah anda.
  2. Usahakan untuk segera ke dokter jika anda atau keluarga merasa ada yang sakit. Jamur di tempat yang sudah terendam banjir dapat memicu datangnya penyakit. Orang-orang penderita alergi, gangguan pernafasan serta asma sangat mudah terkena penyakit saat mereka mengunjungi tempat yang sudah terendam banjir.
  3. Gunakan pelindung mata yang mempunyai ventilasi untuk menghindari jamur masuk melalui mata anda.
  4. Gunakan sarung tangan, sepatu bot, celana serta baju yang mempunyai lengan panjang sehingga anda tidak menyentuh jamur dan bakteri secara langsung.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s