Sayangi Alam, Hemat Penggunaan Kertas

Bagi anda yang kini sibuk kuliah, bekerja di kantor dan sebagainya, tentunya anda akan banyak mengkonsumsi kertas setiap harinya bukan?

Sepertinya menggunakan kertas bagi sebagian besar orang adalah hal yang sederhana dan tidak berbuntut masalah apapun. Namun sebaliknya, semakin banyaknya orang yang tidak menyadari pentingnya menghemat kertas, maka masa depan alam kita dan serta anak cucu keturunan kita sedang terancam. Mengapa demikian?

Hal ini tentunya disebabkan karena bahan dasar pembuat kertas adalah berasal dari kayu dimana kayu ini berasal dari pohon. Padahal kita semua tahu bahwa fungsi pohon bagi alam dan manusia sangatlah besar.

Pertama, pohon berfungsi sebagai paru-paru dunia yang mengubah menyerap gas kerbondioksida menjadi gas oksigen yang tentunya sangat dibutuhkan oleh semua makhluk hidup. Untuk bernapas kita membutuhkan oksigen. Bayangkan bermilyar orang di dunia bernapas setiap hari maka banyak sekali pohon yang dibutuhkan untuk memproduksinya.

Kedua, pohon berfungsi sebagai pencengkeram tanah yang tentunya akan mencegah tanah longsor. Saat jumlah pohon semakin bertambah sedikit, pencengkeram tanah ini pun akan melemah dan banyak terjadi tanah longsor yang menimbun pemukiman warga.

Ketiga, semakin sedikit pohon berarti semakin sedikit pula peresap air. Hal ini berarti banjir pun akan semakin sering terjadi. Saat banjir terjadi siapa lagi yang rugi kalau bukan manusia.

Boros Kertas, Boros Semuanya

Saat kita tidak peduli dengan menghemat kertas, itu berarti sama saja kita cuek terhadap banyak hal. Berikut ini beberapa hal akibat kita tidak peduli dengan penghematan kertas :

  1. Boros kertas berarti akan semakin banyak pohon yang ditebang dengan konsekuensi yang baru saja dijabarkan di atas. Perlu anda ketahui bahwa untuk menghasilkan 15 rim kertas ukuran A4 membutuhkan satu pohon sebagai bahan bakunya.
  2. Boros kertas berarti boros energi karena untuk memproses kertas diperlukan banyak energi seperti bahan bakar mesin dan manusia.
  3. Boros kertas akan memboroskan pengeluaran kita.
  4. Boros kertas akan semakin memperbanyak sampah yang mengotori lingkungan kita.

Tips Menghemat Kertas

Kini sudah jamannya untuk back to nature dan mulai peduli serta menyayangi alam. Berikut ini merupakan tips yang bisa anda lakukan saat ini juga untuk menghemat penggunaan kertas sebagai bukti anda peduli terhadap alam yang telah berjasa pada kita:

  1. Saat menulis di atas kertas, gunakanlah kedua sisinya untuk menulis sehingga anda akan menghemat kertas tersebut. Pergunakanlah ukuran kertas sesuai dengan kebutuhan anda.
  2. Jikalau memungkinkan, manfaatkanlah teknologi untuk menghemat kertas seperti mencatat di Microsoft Word pada laptop, notebook, netbook, tablet maupun smart phones. Jikalau harus mencetak dokumen,cetaklah bagian dokumen yang memang sangat penting.
  3. Saat mencetak dokumen lewat printer, aturlah dengan sesama format dan margin tulisan agar menghemat kebutuhan kertas. Pilihlah ukuran font yang tidak terlalu besar namun tetap bisa dibaca, ukuran Arial 10 misalnya. Sedangkan untuk margin kertas usahakan seminim mungkin dari pinggir halaman agar dapat memuat banyak tulisan.
  4. Jangan gegabah untuk buru-buru menyebarkan brosur. Brosur yang disebarkan di pinggir jalan terutama, kebanyakan akan dibaca dan langsung dibuang orang. Hal ini tentunya tidak efektif dan malah memperbanyak sampah dan memboroskan penggunaan kertas. Cobalah cara yang lebih efektif dengan memasang baliho atau banner dan memuatnya di internet.

Tidak sulit bukan untuk menghemat kertas? Ayo kita berhemat kertas mulai dari sekarang juga.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s