Rumah Bersih Bebas dari Tikus

Siapa yang tak kenal dengan tikus got alias tikus rumah?

Hewan pengerat satu ini memang sudah tak asing lagi dan menghuni di hampir setiap rumah. Entah dari mana asalnya, walaupun sang pemilik rumah merasa rumahnya sudah tertutup rapat namun tikus masih saja beraksi di malam hari dan mengobrak-abrik sampah maupun sisa makanan di dapur. Siapa yang tidak sebal dengan perilaku menyebalkan hewan pengerat satu ini?

Walaupun sudah diakali dengan berbagai jebakan maupun racun tikus semahal apapun, tikus sangat cerdik mengakalinya. Mungkin satu atau dua teman mereka terkena jebakan namun puluhan tikus lainnya mampu mengambil pelajaran tersebut dan berkelit dengan cerdiknya. Sepertinya insting mereka cukup kuat dan mereka tak ingin jatuh ke lubang yang sama.

Tingkah Tikus Rumah Menyebalkan Sekaligus Merugikan

Banyak sekali kerugian yang kita rasakan saat tikus rumah mulai beraksi. Tak hanya didapur, para tikus ini sering iseng dengan mencari tempat bermain maupun tempat tidur yang hangat dan nyaman, di dalam almari baju misalnya. Jorok sekali bukan?

Anda pun tak jarang mengomel dan mood anda langsung turun saat mendapati binatang ini tengah asyik melahap makanan yang kita simpan. Anda tentunya tak bisa tinggal diam brgitu saja dan pasrah dengan aksi brutal si tikus rumah ini. Banyak tips yang bisa anda lakukan untuk mengusir tikus dari rumah, namun sebelumnya simaklah terlebih dahulu berbagai kerugian yang dirasakan dengan adanya tikus di rumah anda.

  1. Tikus di rumah membuat lingkungan rumah menjadi tak sehat. Selain tikus mengeluarkan bau kotoran yang tidak sedap, tikus ini pun membawa berbagai macam kuman dan bibit penyakit ke dalam rumah. Bagai mana tidak, tikus wara-wiri di tempat yang kotor dan penuh sarang kuman seperti tempat sampah, got, pipa pembuangan dan atap rumah.
  2. Tikus rumah yang beraksi mengganggu kenyamanan penghuni rumah karena selain berisik sekali, anak-anak pun menjadi tidak lelap tidurnya karena suara tikus yang berlari-larian di atap rumah sering kali terdengar jelas.
  3. Tikus rumah membuat lingkungan rumah yang kotor akibat kotoran yang mereka keluarkan dan sisa sampah yang berceceran dimana-mana.
  4. Tikus di rumah membuat pikiran kita menjadi was-was dan tidak tenang terutama saat kita berada di luar rumah dan memiliki makanan yang ada di atas meja makan.

Tips Mengusir Tikus dari Rumah

Membunuh tikus tentunya terasa sangat mengasyikkan tatkala kita sedang jengkel dibuatnya. Namun hal ini sering tidak terjadi akibat kita sering merasa tidak tega terutama pada tikus yang masih kecil dan tak berdaya.

Selain itu, membunuh tikus dengan racun pun menimbulkan permasalahan lain yakni mencari dan membuang bangkai tikus yang sering tidak mudah ditemukan. Mengusir merupakan tindakan solutif dan preventif yang bisa anda lakukan. Berikut ini beberapa tips mengusir tikus dari rumah :

  1. Bersihkan dapur dari berbagai macam kardus dan benda tak terpakai agar tikus sulit bersembunyi di dalamnya.
  2. Tutup lubang di atap, tembok maupun saluran air sebagai tempat keluar masuk tikus.
  3. Sapu dan bersihkan kolong almari dan kulkas karena tikus senang dengan tempat kotor.
  4. Hancurkan kapur barus dan sebar di area tempat tikus sering beraksi dan sembunyi. Ingat, kapur barus akan habis setelah seminggu sehingga harus rutin disebar lagi.
  5. Selalu tutup makanan di meja dan di atas kompor dengan dibebani benda berat seperti mangkuk misalnya dan kunci pintu kamar saat anda pergi.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s