Balas Budi Terhadap Alam dengan Berhemat Air

Siapa yang tidak butuh air?

Air sangatlah penting dalam kehidupan kita. Mencuci, memasak, minum, hanyalah sebagian kecil fungsi air yang memiliki fungsi luar biasa penting dalam sistem kehidupan kita. Bumi kita ini pun terdiri dari 2/3 air dan sisanya yang berupa daratan. Begitu pula dengan tubuh kita pun tidak berbeda yakni 2/3 nya pun terdiri dari cairan. Manusia mungkin bisa hidup tanpa makan beberapa hari, namun jika tidak minum maka bisa dipastikan manusia akan mati dalam waktu yang tidak lama.

Alam yang kita tinggali telah memberikan pelayanan yang tak ternilai harganya kepada kita makhluk hidup terutama manusia. Alam secara otomatis akan memproses dan bersistem agar berjalan sesuai dengan aturan yang seharusnya. Oksigen yang tak pernah habis dan air yang selalu kita dapatkan selama ini merupakan bukti kecil dari sistem alam yang tak pernah tidur.

Pentingnya Menghemat Air

Menghemat air kini merupakan tindakan wajib yang harus dilakukan setiap manusia. Air bersih, terutama, sangatlah dibutuhkan untuk dikonsumsi setiap hari. Bayangkan jika stok air bersih sulit didapatkan, kita akan mengalami kesulitan saat ingin memasak, mandi dan mencuci seperti yang terjadi pada warga yang baru saja terserang banjir.

Pastilah akan sulit sekali menjalani kehidupan tanpa tersedianya air bersih. Walaupun air di negara kita telah diatur pemerintah pengelolaannya, namun bukan hal yang mustahil jika seluruh masyarakat di Indonesia boros air bersih maka tidak mustahil ketersediaan air bersih akan semakin menipis dan tidak semua masyarakat kita kebagian air bersih. Mengerikan, bukan?

Mungkin bagi sebagian orang yang tak memiliki pilihan lain, seperti mereka yang tinggal di bantaran kali Ciliwung merasa tidak keberatan dan biasa saja saat harus mengkonsumsi air sungai Ciliwung yang keruh dan tak bersih untuk mencuci, memasak, mandi, MCK dan sebagainya. Namun hal ini tentunya akan berdampak buruk bagi tubuh karena air yang dikonsumsi jika kotor dan mengandung banyak kuman akan menumbuhkan bibit penyakit minimal penyakit kulit seperti gatal-gatal dan jamur.

Tips Menghemat Air dalam Kehidupan Sehari-hari

Menghemat air sebenarnya bukanlah perkara yang tidak mudah karena hal ini sangat mungkin dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Yang dibutuhkan hanyalah kesadaran dan kemauan untuk menghemat air demi kelestarian alam. Berikut ini beberapa tips mudah yang bisa kita lakukan untuk menghemat air:

  1. Matikan keran saat tidak dipakai. Walaupun anda sedang menggosok gigi, lebih baik matikan keran dan putar kran kembali hanya saat dibutuhkan.
  2. Daripada harus membeli minuman kemasan saat bepergian, lebih baik anda membawa minuman sendiri dari rumah sesuai kebutuhan. Selain boros pengeluaran, membeli air kemasan juga rawan pemborosan air karena konsumennya sering tidak menghabiskannya dan langsung membuangnya di jalan.
  3. Saat menjamu tamu yang banyak di rumah sebaiknya jangan menyediakan air gelas kemasan. Hal ini tergolong boros karena tidak semua tamu akan menghabiskan minumannya. Lebih baik jika anda menyediakan air galon dan beberapa gelas plastik sebagai wadahnya. Para tamu pun dapat mengambil air minum sesuai kebutuhannya.
  4. Saat mencuci baju, manfaatkanlah pelembut dan pewangi pakaian sekali bilas. Produk ini akan cepat menghilangkan busa yang tak dibutuhkan sehingga anda pun dapat menghemat air untuk membilasnya.
  5. Saat berwudhu, sediakanlah ember di bawah keran agar air tidak terbuang. Air ini dapat anda fungsikan untuk menyiram tanaman dan menguras kloset.

Selamat berhemat air!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s