Aksi Peduli Lingkungan Dimulai dari Diri Sendiri

Sebagian masyarakat dunia saat ini pasti sudah mulai sadar dengan perubahan iklim yang terjadi belakangan ini. Perubahan iklim tersebut diantaranya menyebabkan perubahan cuaca secara ekstrim, suhu bumi yang semakin naik, mencairnya sebagian es di kutub, bencana alam dan masih banyak yang lainnya.

Untuk mengurangi dampak dari perubahan iklim yang ada, sebagian besar masyarakat internasional serta lembaga-lembaga peduli lingkungan mulai melancarkan aksi kampanye untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat agar mulai peduli terhadap kelestarian lingkungan. Ada banyak kegiatan, aksi serta gerakan yang dibuat agar masyarakat internasional mulai sadar bahwa lingkungan di sekitarnya perlu dijaga dan dilestarikan.

Perubahan Dimulai dari Diri Sendiri

Untuk mengurangi dampak pemanasan global, aksi peduli lingkungan harus dimulai dari sendiri. Aksi ini memang tidaklah mudah, apalagi jika kita terbiasa hidup dengan menggunakan teknologi-teknologi yang ternyata disadari atau tanpa disadari membawa pengaruh buruk terhadap lingkungan, seperti AC misalnya. Jika anda memang mau untuk mulai peduli terhadap lingkungan dan ingin mengurangi dampak pemanasan global, anda harus bisa merubah kebiasaan anda.

Pertama, biasakan untuk mematikan lampu maupun alat-alat elektronik lainnya ketika tidak sedang dipakai. Sebisa mungkin cabutlah kabel TV, charger handphone, kipas angin dan yang lainnya, karena meskipun tidak dinyalakan kabel yang menempel akan tetap berpengaruh pada penggunaan listrik. Anda juga bisa mengurangi penggunaan lampu di siang hari dengan memanfaatkan sinar matahari yang masuk melalui jendela atau ventilasi. Selain hemat energi, aksi ini juga akan mengurangi tagihan listrik yang perlu anda bayarkan.

Kedua, matikan keran air dengan sempurna. Ketika anda sedang mencuci tangan, matikan air ketika anda sedang menggunakan sabun dan nyalakan kembali ketika anda ingin membilas tangan anda. Dengan begini, anda sudah melakukan aksi peduli lingkungan dengan menghemat penggunaan air.

Ketiga, buanglah sampah pada tempatnya. Membuang sampah sembarangan merupakan awal mula dari bencana. Selain itu, membuang sampah sembarangan juga bisa berdampak buruk terhadap lingkungan serta menimbulkan berbagai macam penyakit. Biasakan diri anda mulai dari sekarang untuk membuang sampah di tempat yang telah disediakan dan biasakan juga untuk memilah sampah antara sampah plastik, kaleng dan kaca, serta sampah basah supaya sampah-sampah tersebut dapat diolah kembali.

Keempat, tidak mengambil ataupun merusak terumbu karang yang ada di laut. Ketika anda pergi menyelam ke suatu tempat, jangan pernah memindahkan, mengambil atau merusak biota laut yang ada di sekitar anda karena ini akan merusak keseimbangan ekosistem yang ada disitu.

Kontribusi Apa yang Bisa Anda Berikan?

Setelah anda bisa merubah kebiasaan lama anda dan mulai peduli terhadap lingkungan, anda bisa mulai memberikan kontribusi anda secara nyata. Caranya sangatlah mudah. Anda bisa mulai mengajak orang-orang terdekat anda untuk melakukan kebiasaan peduli lingkungan yang sama dengan yang anda lakukan.

Anda juga bisa bergabung dengan aksi dari berbagai lembaga yang peduli lingkungan seperti misalnya WWF, Greenpeace, WALHI dan masih banyak yang lainnya. Kontribusi anda melalui lembaga-lembaga ini tidak mengharuskan anda untuk bergabung menjadi staf pekerja mereka, tetapi anda bisa memberikan kontribusi terhadap aksi mereka melalui donasi berupa uang ataupun keterlibatan anda dalam event-event kampanye yang mereka adakan.

Jika anda tergabung dalam suatu komunitas atau organisasi di sekolah, kampus, kantor maupun tempat tinggal anda, anda bisa menginisiasi kegiatan yang berhubungan dengan lingkungan untuk membangkitkan kesadaran orang-orang di sekeliling anda tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s