Yang Harus Anda Ketahui Mengenai Pemanasan Global

Bumi adalah planet yang unik. Komposisi udara di bumi yang terdiri dari nitrogen, oksigen dan karbon memungkinkan terjadinya kehidupan di bumi. Komposisi yang sama memungkinkan bumi memiliki berbagai iklim yang dapat menunjang terjadinya kehidupan tersebut, hal yang mana amat sangat mustahil ditemukan di planet-planet lain dalam tata surya kita.

Selain iklim dan kondisi udaranya yang unik, bumi juga memiliki komposisi permukaan yang sangat mendukung bagi terjadinya kehidupan. Hampir dua pertiga permukaan bumi ditutupi oleh lautan sementara sisanya ditutupi oleh daratan yang terbagi menjadi dataran rendah dan dataran tinggi serta pegunungan.

Bumi juga memiliki cadangan air yang cukup bagi seluruh makhluk hidup yang tinggal di permukaannya, baik tumbuhan, hewan, maupun manusia. Kondisi bumi yang seperti ini memungkinkan tumbuhan untuk tumbuh dengan subur dan memberikan manfaat bagi hewan dan manusia.

Hewan dapat memanfaatkan tumbuhan sebagai sumber makanan sementara manusia dapat memperoleh manfaat yang lebih banyak lagi baik dari hewan maupun tumbuhan.

Meskipun demikian, bumi tidaklah terlepas dari berbagai ancaman yang dapat merusak kestabilan ekosistem. Pencemaran sumber air dan penebangan hutan secara liar hanyalah sebagian kecil dari permasalahan yang dapat merusak ekosistem yang ada di bumi. Kedua hal ini dapat berujung pada sesuatu yang lebih besar, sesuatu yang kita kenal dengan nama pemanasan global.

Apakah Yang Dimaksud Dengan Pemanasan Global?

Pemanasan global pada dasarnya adalah sebuah fenomena dimana suhu udara di permukaan bumi naik dengan drastis dan terjadi secara global atau di seluruh bagian permukaan bumi. Kenaikan suhu secara drastis ini disebabkan oleh beberapa faktor. Hingga saat ini, faktor utama yang disebut sebagai penyebab pemanasan global adalah efek rumah kaca.

Efek rumah kaca disebabkan oleh beberapa hal seperti polusi udara yang dihasilkan oleh industri dan asap kendaraan bermotor. Polusi ini menciptakan lapisan di atmosfir sehingga panas matahari yang dipancarkan ke bumi tidak dapat memantul kembali ke luar angkasa akibat terperangkap oleh lapisan yang diciptakan oleh polusi tersebut. Hal ini kemudian berakibat naiknya suhu udara secara drastis karena panas yang harusnya bisa dipantulkan kembali ke luar angkasa justru terperangkap oleh lapisan polusi yang tercipta di atmosfir bumi.

Pembakaran hutan secara besar-besaran ikut memicu terjadinya efek rumah kaca. Selain itu, perusakan lapisan ozon juga ikut memperparah efek rumah kaca yang terjadi di permukaan bumi. Seperti kita ketahui bersama, lapisan ozon berfungsi melindungi bumi dari radiasi sinar ultraviolet yang berlebihan. Ketika lapisan ozon rusak dan berlubang, maka akan semakin banyak sinar ultraviolet yang berhasil menembus atmosfir yang kemudian ikut terperangkap di permukaan bumi akibat efek rumah kaca yang disebabkan oleh lapisan polusi di atmosfir.

Efek Yang Ditimbulkan Pemanasan Global

Seperti yang disebutkan diatas, efek secara langsung yang ditimbulkan oleh pemanasan global adalah kenaikan suhu di permukaan bumi secara drastis. Lebih lanjut lagi, kenaikan suhu secara drastis di permukaan bumi ini dapat memicu terjadinya hal-hal lain yang dapat mengancam ekosistem yang ada di bumi seperti melelehnya es di daerah kutub yang berarti akan memicu naiknya tinggi permukaan laut serta pola cuaca yang semakin tidak menentu.

Temperatur perairan yang meningkat secara drastis juga akan dapat memicu timbulnya bencana alam seperti angin topan atau badai yang dapat mengancam kehidupan manusia. Kenaikan suhu secara drastis ini juga akan berdampak buruk bagi tumbuhan.

Hal ini dapat terasa efeknya secara langsung bagi manusia di sektor pertanian dan perkebunan dimana akan terjadi gagal panen besar-besaran dikarenakan tanaman yang rusak akibat kenaikan temperatur yang drastis ini.

Lebih lanjut lagi, kenaikan temperatur secara drastis ini juga dapat memicu meningkatnya penyebaran bakteri penyebab infeksi yang mampu bertahan hidup di lingkungan dengan suhu tinggi yang berarti akan semakin banyak manusia atau hewan yang akan menderita infeksi yang diakibatkan bakteri tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s