Lingkungan Kotor = Menyedihkan

Lingkungan yang sehat adalah dambaan bagi semua umat manusia di dunia ini dan juga bagi makhluk hidup lainnya. Dengan lingkungan yang bersih dan sehat, banyak hal-hal yang menyenangkan yang dapat kita rasakan saat berada di lingkungan tersebut.

Bayangkan jika kita tinggal di suatu tempat yang memiliki suasana sejuk dan indah, seperti di dataran tinggi puncak misalnya, tentunya kita pun akan merasa lebih tentram saat berada di sana. Karena itu, banyak masyarakat kota yang memanfaatkan waktu libur mereka untuk beranjak dari kota dan pergi berlibur di puncak atau desa-desa supaya mereka dapat sejenak merasakan udara segar yang tidak dapat mereka dapatkan di kota

Mengapa hal itu terjadi? Sudah sadarkah kita akan lingkungan hidup yang telah rusak di sekitar kita? Mari berpikir sejenak dan lihat contoh-contoh pengrusakan lingkungan yang terjadi di sekitar kita.

Perilaku sehari-hari kita yang dapat menyebabkan kerusakan lingkungan

  • Ketidak-pedulian untuk membuang sampah pada tempatnya
  • Penggunaan barang-barang yang berasal dari tumbuhan secara berlebihan, misalnya tissue, kertas, botol-botol plastik, dan lainnya.
  • Menggunakan kendaraan bermotor setiap harinya
  • Menggunakan air secara berlebihan atau tidak efektif dalam penggunaan air bersih
  • Menyalakan pendingin ruangan atau alat elektronik lainnya secara terus-menerus atau berkelanjutan
  • Pembangunan liar di daerah aliran sungai
  • Pembabatan hutan-hutan secara liar
  • Penimbunan rawa-rawa atau sawah-sawah untuk pembangunan bangunan atau gedung-gedung yang berlebihan
  • Peningkatan produksi kendaraan bemotor
  • Membuang limbah pabrik di sungai
  • Penambangan liar

Di atas adalah beberapa contoh yang mungkin tanpa kita sadari atau bahkan kita sadar dapat merusak lingkungan hidup. Hal tersebut dapat memberikan dampak nyata bagi kelangsungan hidup kita.

Apa yang kita rasakan saat dampak dari perbuatan-perbuatan tersebut menimpa kita? Pastinya kita akan merasa sedih dan khawatir. Di bawah ini ada beberapa dampak yang kita rasakan dari aksi-aksi manusia yang dapat merusak lingkungan.

Beberapa dampak dari Pengrusakan Lingkungan

Bencana

Berbagai bencana dapat terjadi menimpa kita akibat ulah perbuatan manusia yang tidak bertanggung jawab atas apa yang mereka lakukan terhadap alam, seperti bencana banjir, longsor, dan kebakaran hutan. Dampak tersebut adalah akibat ulah manusia yang melakukan penebangan hutan secara liar maupun pembuangan sampah tidak pada tempatnya, seperti di sungai.

Gangguan berbagai macam penyakit

Tentunya ulah yang kita timbulkan terhadap kerusakan lingkungan berdampak pula pada kesehatan kita. Lingkungan yang kotor atau tercemar karena aktivitas pembuangan sampah sembarangan, dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti penyakit kulit, sakit perut, dan lainnya. Udara yang kotor akibat polusi pun dapat menyebabkan kerusakan pada paru-paru.

Terjadinya pencemaran udara, air, tanah, dan suara

Meningkatnya kawasan pabrik atau industri dapat menyebabkan pencemaran-pencemaran tersebut, dan kita pun pasti tidak akan merasa senang dan terganggu dengan kondisi pencemaran tersebut.

Meningkatnya suhu udara

Siapa yang senang dengan suhu yang panas menyengat tubuh kita. Kita pasti akan lebih cenderung memilih suhu udara yang sejuk yang membuat kita nyaman. Dengan penebangan pohon secara liar, maka semakin berkurang pula kesejukan dan kesegaran udara yang kita dapatkan dari pohon-pohon tersebut.

Setelah mengetahui beberapa perilaku kita yang menyebabkan dampak buruk bagi lingkungan, marilah kita lebih menjaga lingkungan yang sekarang kita miliki. Buatlah bumi kita tersenyum dengan menyayangi apa yang telah bumi berikan kepada kita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s