Ide-Ide Ramah Lingkungan

Pentingnya Menjaga Lingkungan

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa semua orang harus mampu menjaga kualitas lingkungan disekitar mereka. Tujuannya tentu saja untuk membuat lingkungan lebih sehat dan nyaman. Bila membicarakan mengenai bagaimana cara menjaga kualitas lingkungan disekitar kita, ada banyak sekali ide yang dapat anda terapkan.

Yang menjadi masalah adalah tidak semua orang memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga kualitas kesehatan dan kebersihan lingkungan tersebut. Mungkin mereka hanya paham mengenai membersihkan sampah atau kegiatan bersih-bersih lainnya saja tanpa tahu bahwa gaya hidup mereka juga mampu memberi efek signifikan pada kualitas lingkungan. Pada artikel ini akan dibahas ide-ide yang mungkin anda belum tahu mengenai bagaimana merawat kualitas lingkungan anda.

Gaya Hidup Ramah Lingkungan

Ide pertama yang dapat anda terapkan guna menjaga kualitas lingkungan anda adalah dengan mengurangi penggunaan kendaraan atau apapun itu yang menggunakan bahan bakar tertentu.

Bila anda biasanya pergi kesuatu tempat khususnya tempat kerja anda dengan menggunakan mobil atau kendaraan bermotor, anda dapat memilih untuk bersepeda guna mengurangi penggunaan bahan bakar yang mana dapat memberikan efek emisi pada lingkungan.

Selain ide untuk bersepeda menuju ketempat kerja dapat memberikan efek yang bagus pada lingkungan, anda dapat pula memperoleh efek positif lainnya yaitu kesehatan yang lebih baik dan juga dapat menghemat pengeluaran anda karena tak perlu membeli bahan bakar.

Ide ramah lingkungan kedua yang dapat anda terapkan pada kegiatan anda sehari-hari adalah dengan lebih memperhatikan penggunaan energi listrik dirumah anda. Sebisa mungkin, minimalisasilah penggunaan energi listrik dirumah anda. Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan guna mengurangi penggunaan energi listrik seperti mengatur level thermostat ruangan anda sedikit lebih rendah pada musim dingin dan sedikit lebih tinggi pada musim panas.

Cara berikutnya adalah dengan mengganti lampu rumah anda dengan yang berteknologi CFL yang mana lebih ramah lingkungan dan menghemat energi listrik. Anda dapat pula mengganti perkakas elektronik anda dengan yang lebih hemat listrik walau memiliki harga lebih mahal namun untuk jangka panjang pasti akan lebih menguntungkan.

Ide berikutnya yang anda dapat lakukan guna memberi efek positif terhadap lingkungan adalah berkaitan dengan bagaimana anda mengurangi membeli produk apapun itu yang berbahan plastik. Mari ambil contoh tentang seringnya orang membeli minuman botol plastik.

Bila anda juga termasuk orang yang sering membeli minuman botol plastik, anda tentu akan menambah jumlah limbah botol plastik yang mana dapat merusak lingkungan karena bahan tersebut susah diurai.

Sebisa mungkin hindari membeli minuman atau produk apapun yang menggunakan kemasan yang susah diurai. Walau mungkin minuman botol plastik dapat dikatakan efisien bagi masyarakat untuk digunakan, anda juga harus memperhitungkan efek buruknya pada lingkungan tentunya.

Satu lagi ide ramah lingkungan yang amat berguna bagi anda adalah tentang bagaimana anda melakukan sesuatu kepada produk elektronik bekas anda. Yang harus dihindari adalah dengan membuang produk elektronik bekas anda ke sampah. Hal ini tentu dapat memberikan efek buruk kelingkungan karena produk elektronik memiliki bahan berbahaya bila terekspos kelingkungan.

Bila membeli produk elektronik, belilah yang berkualitas dan tahan lama. Bila sudah tidak terpakai, sebaiknya donasikan produk anda ke yang membutuhkan atau cukup masukkan produk elektronik anda ke tempat daur ulang. Bila dikota anda belum anda pusat daur ulang elektronik, ajukan ide kepada pemerintah lokal untuk membuka tempat tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s