Hal-hal Kecil Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Melindungi Lingkungan Hidup

Manusia adalah makhluk yang paling tinggi derajatnya dibandingkan makhluk hidup lain yang ada di bumi. Sebagai makhluk yang lebih mulia, manusia memiliki kemampuan untuk memanfaatkan makhluk hidup lain, hewan maupun tumbuhan, untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Manusia bisa memanfaatkan hewan dan tumbuhan sebagai sumber makanan, bahan pakaian atau bahkan untuk membangun rumah. Manusia juga bisa mengolah tanah yang ada di bumi menjadi lahan pertanian atau kawasan perumahan. Manusia bahkan bisa memanfaatkan hasil laut untuk kesejahteraan hidupnya.

Tidak ada bagian dari bumi beserta isinya yang tidak bisa dimanfaatkan oleh manusia. Namun di lain pihak, manusia juga memiliki potensi yang sama untuk merusak bumi beserta isinya. Terkadang kita lupa dan sering melakukan hal-hal kecil yang bisa berdampak sangat besar bagi lingkungan hidup maupun makhluk hidup lain.

Membuang sampah sembarangan atau mengkonsumsi listrik secara boros hanyalah sebagian dari contoh hal-hal kecil yang bisa membahayakan ekosistem dan lingkungan hidup di masa yang akan datang. Jika hal-hal kecil ini bisa merusak ekosistem atau membahayakan kelangsungan lingkungan hidup, maka kita sebagai manusia harusnya juga bisa memulai hal-hal kecil untuk melindungi ekosistem serta lingkungan di mana kita hidup.

Semuanya Dimulai Dari Rumah

Jika ingin memulai hal-hal kecil yang mungkin bisa membantu untuk melindungi dan menyelamatkan lingkungan hidup, maka tak ada tempat lain yang lebih tepat untuk memulai selain rumah anda sendiri.

Ada banyak hal kecil yang bisa anda mulai sendiri maupun melibatkan anggota keluarga yang lain yang dapat memberikan dampak positif bagi kelangsungan ekosistem dan membantu menyelamatkan kelestarian lingkungan. Membuang sampah pada tempatnya mungkin hal yang paling mudah untuk dimulai. Lebih lanjut lagi anda bisa belajar untuk mengkategorikan sampah atau bahkan mendaur ulang sampah rumah anda secara swadaya.

Hal kecil lain yang bisa dimulai di rumah yang erat kaitannya dengan menyelamatkan lingkungan adalah menggunakan air secara lebih hemat. Biasakan untuk menggunakan air secukupnya dan tidak membiarkan air terbuang percuma. Memanfaatkan air hujan untuk kebutuhan sekunder seperti mencuci pakaian mungkin merupakan solusi yang baik ke depannya.

Selain itu, menggunakan energi listrik secara hemat juga dapat membawa efek dan membantu melindungi bumi dari kerusakan ekosistem. Pada dasarnya, menggunakan semua sumber daya yang didapat dari alam secara hemat akan dapat berdampak baik pada lingkungan, terutama apabila sumber daya tersebut adalah sumber daya yang tidak dapat diperbarui seperti minyak, gas, atau bensin.

Lebih Lanjut Tentang Menyelamatkan Ekosistem Dan Lingkungan Hidup

Menghemat penggunakan energi listrik tidak hanya dapat berdampak positif pada lingkungan akan tetapi juga akan berdampak positif pada keuangan anda. Di negara-negara maju, sudah tersedia pilihan energi ramah lingkungan yang dikenal dengan nama “green energy”.

Energi jenis ini tidak memanfaatkan sumber energi yang tidak dapat diperbarui seperti minyak bumi atau gas melainkan menggunakan sumber energi alternatif yang dapat diperbarui seperti sinar matahari dan pergerakan angin. Selain itu, penggunaan plastik pun semakin dibatasi.

Alasan dibatasinya penggunaan plastik kemasan di negara-negara maju dan kaitannya dengan penyelamatan ekosistem lingkungan hidup adalah karena plastik tidak dapat terurai secara alami dan dapat meninggalkan residu berbahaya apabila dibakar. Oleh karena itu, saat ini diciptakan plastik daur ulang yang dapat terurai secara alami sehingga relatif lebih aman bagi kelangsungan hidup ekosistem.

Dengan munculnya teknologi-teknologi baru yang lebih bersifat ramah lingkungan, maka diharapkan manusia dapat hidup berdampingan dengan lingkungan di masa yang akan datang dan pengerusakan lingkungan oleh tangan manusia dapat diminimalisir dengan lebih baik lagi. Lingkungan hidup dengan kualitas yang baik pada akhirnya akan ikut meningkatkan kualitas hidup manusia itu sendiri dan tidak ada yang lebih berkewajiban menjaga kelangsungan ekosistem di bumi selain manusia itu sendiri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s