Cara Menghindari Polusi Udara

Bahaya Polusi Udara

Hidup dijaman modern selain dapat memberi kita kemudahan dalam melakukan segala aktifitas juga dapat memberikan resiko yang besar mengalami bermacam gangguan kesehatan karena rusaknya kualitas udara yang disebabkan oleh aktifitas industri maupun teknologi masyarakat modern.

Sekarang ini yang menjadi masalah paling mendasar bagi semua orang adalah tentang polusi udara yang semakin menyusahkan baik bagi lingkungan maupun kesehatan. Polusi udara terjadi karena banyak faktor tentunya. Namun Banyak sekali efek negatif dari polusi udara khususnya pada kesehatan.

Beberapa gangguan kesehatan yang dapat diderita karena efek polusi udara adalah gangguan pernafasan, nyeri didada, iritasi mata, batuk atau tenggorokan gatal, flu, iritasi kulit, dan juga gatal-gatal. Bila berkaitan dengan lingkungan, polusi udara tentunya akan memiliki efek buruk seperti penipisaan ozon.

Cara Mengatasi Polusi Udara

Sebagai masyarakat yang peduli lingkungan, anda perlu memahami benar bagaimana cara mengatasi polusi udara. Banyak hal yang dapat anda lakukan sebenarnya. Perlu anda tahu bahwa penyumbang terbesar terjadinya polusi udara adalah asap kendaraan bermotor.

Emisi kendaraan bermotor anda tentu akan berdampak pada kualitas dari udara disekitar anda tentunya. Guna mengurangi emisi tersebut, ada dua cara yang dapat anda terapkan.

Cara yang pertama adalah dengan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor. Bersepeda atau mungkin jalan kaki tentu dapat menjadi ide yang lebih bagus dibanding berkendara. Cara kedua adalah dengan memperhatikan kondisi kendaraan anda. Selain anda harus melakukan servis berkala, anda juga mungkin perlu mengganti tipe bahan bakar yang digunakan menjadi yang lebih ramah lingkungan.

Selain dari asap kendaraan bermotor, polusi udara juga terjadi umumnya karena proses industri bahkan dari pembangkit tenaga listrik diluar sana. Bila anda ingin ikut andil dalam mengurangi proses industri tersebut guna mengurangi polusi yang dapat ditimbulkan, anda hanya cukup memperhatikan kebiasaan anda dalam menggunakan lampu pijar dirumah anda dan juga elektronik. Selalu matikan lampu dan juga elektronik yang tidak diperlukan.

Cara berikutnya adalah dengan mengganti kebiasaan anda dalam membakar sampah dipekarangan dengan proses yang lebih sehat bagi lingkungan. Asap pembakaran tersebut tentu dapat memberikan efek buruk pada lingkungan tentunya. Alternatif yang dapat anda gunakan untuk menyingkirkan sampah tanpa membakarnya adalah dengan membuangnya ketempat penampungan sampah akhir yang ada dikota anda.

Cara berikutnya guna meminimalisir terjadinya polusi udara adalah dengan mengurungkan untuk tidak membuka pabrik atau industri yang mana proses dari industri tersebut dapat memberikan efek buruk pada kualitas udara.

Tidak hanya pada pihak swasta, pemerintah harus sebisa mungkin membatasi jumlah pabrik atau industri yang diperbolehkan beroperasi dalam satu wilayah tertentu. Dengan dibatasi jumlah pabrik yang ada dalam satu kota tentu akan menjaga kualitas udara untuk tetap lebih sehat.

Berikutnya adalah bagi anda yang mempunyai produk elektronik yang tidak terpakai, anda harus membawanya ketempat daur ulang guna menghindari tereksposnya bahan berbahaya produk tersebut yang mana dapat meracuni udara.

Bila membicarakan mengenai cara mengurangi polusi udara, anda harus lebih memperhatikan pada aspek lingkungan tentunya. Yang harus anda pahami adalah tentang bagaimana cara mengurangi zat berbahaya yang terkandung pada udara. Cara paling ampuh adalah dengan menanam banyak tanaman dan juga mungkin pohon.

Tidak hanya harus dilakukan oleh masyarakat, pemerintah juga harus ikut serta dalam usaha tersebut. Sekarang ini banyak kota yang sudah menyelenggarakan program penanaman sejuta pohon guna mengurangi polusi udara. Penggundulan hutan untuk proses industri kayu juga harus dihindari bila ingin mencegah terjadinya polusi udara yang lebih parah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s