Bumi yang Sehat

Kita sebagai manusia tercipta untuk hidup bersama di alam dengan makhluk hidup lainnya. Lingkungan adalah sebuah kata yang tepat untuk menggambarkan keadaan tersebut. Di suatu lingkungan, kita pastinya hidup bersama dengan makhluk hidup lainnya, seperti dengan orang lain, tumbuhan dan hewan.

Sebagai makhluk sosial, tentunya kita tidak dapat hidup secara individu atau hidup sendiri tanpa bantuan dari yang lainnya. Kita seharusnya hidup saling tolong-menolong untuk menciptakan suasana bersama yang aman dan nyaman.

Demikian hal tersebut tidak hanya harus dilakukan pada sesama manusia, tetapi juga pada hewan dan tumbuhan. Jika kita menolong untuk menjaga dan merawat lingkungan hidup sekitar kita, suasana yang harmoni akan tercipta untuk kita.

Namun, seiring dengan perkembangan era globalisasi ternyata juga ikut memberikan dampak yang signifikan bagi lingkungan hidup sekitar kita. Dengan pemanasan global atau global warming yang terjadi sekarang ini, banyak ajakan atau gerakan yang ditujukan bagi semua lapisan masyarakat supaya dapat menjaga bumi dengan cara lebih baik. Hal tersebut dapat kita lakukan dimulai dari lingkungan terkecil sekitar kita lalu merambat ke lingkungan yang lebih besar.

Banyak manfaat yang dapat kita peroleh jika kita benar-benar menjaga lingkungan dan bumi kita dengan baik, tentunya manfaat yang baik pula yang kita rasakan.

Beberapa Manfaat dari Lingkungan yang Bersih

Merasa nyaman

Lingkungan yang bersih, dapat membuat kita merasa nyaman untuk kita tinggal di dalamnya. Salah satu contohnya, jika kita menjaga kebersihan kamar kita, kita akan merasa lebih nyaman dan betah saat berada di kamar. Hal sebaliknya jika kamar kita kotor, kita akan merasa tidak betah untuk belama-lama di ruang tersebut.

Merasa segar

Saat kita menghirup udara yang bersih, kita merasakan udara yang segar dan sejuk masuk ke dalam tubuh kita. Udara yang sejuk kita peroleh melalui lingkungan yang bersih yang terbebas dari polusi kendaraan atau asap pabrik atau rokok.

Dapat lebih berkonsentrasi atau fokus

Lingkungan yang bersih dan sejuk akan membuat kita lebih mudah fokus dengan pekerjaan yang kita lakukan. Sebagai contoh, jika kita berada pada ruangan yang dekat dengan pembuangan sampah, kita tidak bisa sepenuhnya fokus karena harus menutupi hidung kita dari aroma bau yang tidak sedap.

Terhindar dari berbagai macam penyakit

Tentunya menjaga dan merawat lingkungan kita sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. Bisa anda bayangkan jika anda tinggal di dekat area sungai yang kotor, anda menggunakan air dari sungai tersebut untuk memenuhi kebutuhan anda sehari-hari, berbagai penyakit akan muncul dalam diri anda.

Pastinya kita tidak mau jika harus mengalami dampak yang negatif dari bumi yang kita tinggali karena kita tidak dapat merawat dan menjaga lingkungan sekitar kita. Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman.

Beberapa Cara Menjaga Lingkungan yang Bersih

Membuang sampah pada tempatnya

Tentunya cara ini bukan hal yang asing lagi bagi kita semua. Cara ini adalah cara yang biasa kita jumpai sehari-hari. Ini adalah hal termudah yang dapat kita lakukan, namun terkadang kita lupa atau bahkan tidak peduli untuk membuang sampah pada tempat yang telah disediakan, akan lebih baik lagi jika kita membuangnya sesuai materi dari sampah tersebut. Membuang sampah pada tempatnya akan membuat ligkungan tampak lebih bersih.

Menanam pohon

Tujuan dari menanam pohon ini adalah menciptakan suasana yang lebih sejuk dan segar. Tidak hanya itu, kelestarian lingkungan pun tercipta dengan beragam tanaman yang kita tanam.

Menggunakan kertas atau tissue sebaik-baiknya

Dengan penggunaan kertas atau tissue sehemat mungkin, berarti kita telah membantu mengurangi penebangan pohon atau pembabatan hutan. Seperti disebutkan di poin sebelumnya, pohon atau tanaman sangat penting bagi kelangsungan hidup kita dan juga makhluk hidup lainnya.

Dan masih banyak cara lainnya yang dapat kita lakukan. Kita dapat memulai dengan cara-cara yang paling mudah.

Maka, marilah sayangilah bumi dimana kita tinggal supaya tercipta lingkungan hidup yang baik bagi kita. Apa yang kita berikan pada bumi, bumi pun akan membalas memberi sesuai dengan apa yang kita berikan.jadi, berikanlah yang baik bagi bumi dan bumi pun akan memberikan hal-hal yang baik untuk dapat kita dapat hidup di dalamnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s