Alasan Perlunya Daur UIang Elektronik

Bahaya Limbah Elektronik

Walau masyarakat modern sekarang ini sudah sedikit paham mengenai pentingnya menjaga kualitas lingkungan mereka tinggal, namun masih banyak yang belum paham mengenai pentingnya melakukan daur ulang elektronik.

Fakta yang perlu anda tahu adalah dijaman modern sekarang ini pasti semua orang amat bergantung pada elektronik guna membantu aktifitas mereka sehari-hari khususnya komputer. Yang menjadi masalah adalah banyak orang yang teledor membuang komputer dan juga elektronik bekas mereka tanpa mengetahui dampak yang akan ditimbulkan pada lingkungan.

Yang perlu anda paham adalah komputer atau beberapa elektronik memiliki kandungan berbahaya seperti merkuri, sulfur, cadmium, dan juga yang lainnya yang pasti dapat merusak lingkungan dan juga kesehatan.

Alasan Lain Pentingnya Daur Ulang Elektronik

Memang benar bahwa dengan membawa limbah elektronik anda ke tempat daur ulang elektronik akan memberikan efek positif pada lingkungan karena takkan ada gangguan kesehatan yang akan diderita masyarakat karena efek dari limbah elektronik yang terbengkalai tersebut. Namun ada pula manfaat lain yang dapat anda peroleh dengan melakukan daur ulang tersebut.

Yang signifikan adalah mengenai bagaimana anda dapat memperoleh penghasilan tambahan dari ide tersebut. Hal ini karena sudah banyak sekali tempat daur ulang elektronik yang dapat anda kunjungi guna menjual limbah elektronik anda untuk didaur ulang. Hal ini tentu akan lebih menguntungkan bila dibandingkan dengan membuang limbah elektronik anda ketempat sampah atau manapun itu.

Daur ulang sampah elektronik tentu memiliki banyak keuntungan lain yang dapat diperoleh selain dari segi lingkungan dan juga finansial. Ambil saja contoh mengenai ide untuk mendonasikan limbah elektronik anda kepada orang lain yang membutuhkan.

Tempat dimana anda biasa mendaur ulang elektronik tentu saja tidak hanya akan mengolah ulang limbah elektronik tersebut akan tetapi juga akan menyalurkan elektronik mana yang masih berfungsi kepada mereka yang lebih membutuhkan. Hal ini tentu akan membuat anda merasa mampu melakukan sesuatu untuk orang lain dan juga menyelamatkan lingkungan bukan?

Biasanya tempat daur ulang elektronik akan menyalurkan limbah elektronik yang masih layak pakai pada tempat-tempat umum seperti perpustakaan, sekolah, atau institusi lainnya.

Kalau orang biasanya akan membawa limbah elektronik mereka ketempat daur ulang yang ada dikota atau tempat terdekat mereka, maka anda dapat juga melakukan proses daur ulang sendiri. Hal ini tentu bila elektronik yang hendak anda daur ulang cukup mudah dan tidak berbahaya untuk diolah.

Yang perlu diperhatikan adalah anda harus memisahkan bagian mana yang aman untuk anda kelola dan bagian mana dari elektronik anda yang memang harus anda bawa ketempat daur ulang diluar sana. Bila mengenai ide daur ulang yang dapat anda kelola sendiri, anda dapat mengandalkan kreatifitas anda tentunya. Banyak yang sudah mempraktekan untuk membuat beraneka ragam lampu hias rumah dengan beberapa limbah elektronik. Yang terpenting adalah faktor keamanan tentunya.

Alasan lain guna melakukan daur ulang elektronik yang sudah tidak terpakai selain dari segi lingkungan yang mana memang harus dipertimbangkan semua orang adalah tentu karena alasan ingin memberikan kesan lebih luas pada rumah mereka.

Kita dapat ambil contoh mengenai perlunya mendaur ulang monitor tipe lama seperti CRT dan menggantikannya dengan monitor LED. Selain berukuran lebih ringkas, monitor LED pasti jauh lebih ramah lingkungan bila dibandingkan dengan monitor CRT. Apapun alasan anda melakukan daur ulang limbah elektronik, anda sudah ikut andil dalam menjaga kualitas kesehatan lingkungan disekitar anda tentunya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s